Protest The Hero (1999-Present)


Belakangan ini saya lagi terhipnotis dengan lagu-lagu dari band yang berasal dari daerah Ontario Amerika sana. Band tersebut bernama Protest The Hero (PTH). Band yang beranggotakan lima orang ini berhasil menyuguhkan musik metal yang lain daripada yang lain. Beberapa orang menyebut aliran yang mereka bawakan adalah aliran metalcore, mathcore, post-hardcore, experimental hingga progressive metal. Tapi dari semua itu nampaknya aliran progressive metal lebih enak saya ucapkan ketika mendengarkan lagu-lagu mereka.

Terdiri dari Rody Walker sang vokalis, Tim Millar sang rythm guitar, Luke Hoskin sang lead guitar, Arif Mirabdolbaghi sang bassis dan Moe Carlson sang drummer, PTH menyajikan musik metal yang kencang tapi tidak sekedar kencang saja. Ya, mereka menyajikan musik metal yang penuh dengan harmonisasi nada yang lahir dari duo gitaris mereka. Tidak lupa riff-riff bass solo dari Arif yang kadang-kadang membuat lagu-lagu mereka bertambah catchy untuk didengar.

Suara vokal Rody pun tidak kalah asik untuk didengar. Tidak hanya sekedar teriak-teriak semata-mata, tapi penuh dengan alunan nada-nada tinggi yang melengking Rody bisa membuat lagu metal menjadi makin asik untuk didengar. Bagi saya PTH itu seperti Dream Theater versi brutal tapi tetap enak didengar. Lucunya, setelah saya baca beberapa biography singkat mereka, ternyata PTH sudah bermain musik seperti ini sejak umur mereka semua 14 tahun! sulit dibayangkan bukan?! dan ketika mereka merilis album teranyarnya tahun ini tahun 2011 umur mereka semua kompak menjadi 25 tahun!

Mereka besar dan tumbuh dan merasakan pengalaman bermusik bersama-sama dari kecil hingga sekarang, sulit dibayangkan bukan?! tapi hal itu juga yang membuat musik-musik yang mereka ciptakan menjadi berkualitas bukan main. Tidak salah jika AOL Noisecreep menyebut mereka sebagai band metal satu-satunya di bumi ini yang visionaris. Munculnya album Scurrilous bulan maret kemarin membuktikan bahwa PTH bukan sekedar band metal sembarangan.

NB: Kekuatan lirik dari setiap lagu yang dibawakan PTH adalah hasil dari dua personil mereka yang tidak lain adalah Rody dan Arif. Tapi percaya atau tidak, lirik-lirik lagu ciptaan Arif lebih banyak disukai oleh para fans mereka karena puitis dan bermakna sangat dalam. Silakan lihat saja di single terbaru mereka dari album Scurrilous yang berjudul C’est La Vie (Prancis) yang mempunyai arti “That’s Life” dalam bahasa inggris. Enjoy the song!

Discography:

  1. Kezia (04-04-2006)
  2. Fortress (29-01-2008)
  3. Gallop Meets The Earth (15-09-2009)
  4. Scurrilous (22-03-2011)

4 thoughts on “Protest The Hero (1999-Present)

  1. hey salam kenal ,,
    keren banget bang emang , gw jg termasuk penggemarnya . yang paling bagus menurutku sequoia throne ama palms read coba deh…

    Like

    • toss, salam kenal juga, hampir keren emang semua albumnya😀
      yang jelas, they are some bad-ass canadians rock band that i’ve ever know😀
      thanks udah mampir bos😀

      Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s