Dawn of the Dead (2004/Remake/US)


Dawn of the Dead 2004

Image by ProfessorMortis via Flickr

Saya mau sedikit bercerita tentang film zombie yang baru saya tonton kemarin. Saya menulis cerita ini sambil ditemani alunan lagu dari Katy Perry yang rumornya akan datang ke Indonesia bulan mei nanti, sangat kontras bukan? Zombie dan Katy! benar-benar dua insan yang bertolak belakang tapi sama-sama bikin ketagihan, ha-ha. Dawn of the Dead ini sebenarnya adalah film remake dari judul yang sama yang rilis tahun 1978, film originalnya sendiri disutradarai oleh sang sutradara legendaris pencipta film zombie, siapa lagi kalau bukan George A. Romero! Bagaimana dengan remake-nya? Ya, film remake-nya disutradarai oleh Zack Snyder, siapa dia? mungkin ketika film ini pertama keluar tidak banyak yang tahu siapa Zack Snyder, karena ini memang film panjang debutannya. Tapi setelah film 300 dan Watchmen yang disutradarai Snyder menjadi buah bibir orang-orang, maka kapasitasnya sebagai sutradara mulai diperhitungkan, apalagi belakangan ini Snyder baru merilis film “original”-nya yang pertama yaitu Suckerpunch. Mengapa saya bilang film original pertama? dikarenakan karya-karya Zack Snyder sebelum Suckerpunch adalah hasil adaptasi hingga remake. Ya, Dawn of the Dead remake dari film lawas, 300 adaptasi dari novel grafik Frank Miller, Watchmen adaptasi dari komik Alan Moore, bahkan Legend of the Guardians pun adalah adaptasi dari novel berjudul sama. Tapi lupakan semua itu, saya sekarang akan bercerita sedikit tentang film debutnya yang diakui sebagai remake zombie terbaik.

Zombie memang sebuah tema yang klise tapi tidak pernah bosan untuk ditonton. Maka Snyder bisa dibilang tepat dalam memilih film zombie yang akan dijadikan film debutannya, apalagi film zombie tersebut adalah remake film zombie klasik dari George A. Romero, Dawn of the Dead. Ceritanya simpel saja, seorang suster, Ana(Polley) menyadari bahwa dunia sudah berubah dengan cepat hanya dalam waktu semalam, ketika suaminya digigit bocah perempuan yang ganas, Ana menyadari, bahwa suaminya tiba-tiba menjadi ganas juga, maka Ana pun lari mencari pertolongan. Disitulah Ana bertemu dengan para survivor lainnya yaitu Kenneth (Rhames), Michael (Weber), Andre (Phifer) dan istrinya Luda (Korobkina). Mereka pun berlindung di sebuah mall yang ternyata sudah diamankan oleh survivor lainnya, diantaranya adalah CJ (Kelly). Lalu cerita pun terus bergulir bagaimana sekarang Ana dkk bertahan dari serangan para manusia ganas yang doyan menggigit dan memakan daging manusia. Selama bertahan di mall, Ana dkk pun kedatangan para survivor lain diantaranya adalah Steve (Burrell), siapakah Steve? kalau anda penggemar serial komedi keluarga, Modern Family, pasti anda tahu dengan karakter Phil Dunphy yang konyol setengah mati, nah, ternyata doi bisa juga bermain jadi pria menyebalkan, dan anda bisa menonton aksi menyebalkan sang Phil Dunphy sebagai Steve di Dawn of the Dead ini, ha-ha.

Cerita terus berjalan bagaimana Ana dkk bertahan dari serangan zombie di dalam mall, sementara Kenneth bersahabat dengan seorang pria yang sama-sama bertahan di toko senjata seberang mall yaitu Andy (Bohne). Lalu ketika mereka sudah hampir putus asa, Ana dkk berencana pergi menuju suatu pulau dengan kapal boat milik Steve. Tapi mereka harus berusaha dulu untuk bisa keluar dari mall tersebut, maka disusunlah rencana, dengan perlengkapan seadanya mereka membuat dua mobil bus biasa menjadi bus yang dipersenjatakan seadanya untuk menghadang para zombie diluar sana, apakah mereka berhasil? Ah, anda pasti sudah tahu jawabannya, karena film-film zombie selalu berakhir dengan ending yang klasik juga, tinggal pilih, hidup atau mati? atau sudah mati hidup lagi? he-he.

Remake yang sempurna! Snyder berhasil menyuguhkan ketegangan dan kebrutalan para zombie dalam memangsa korban-korbannya, apalagi dengan penampakan zombie-zombie yang tidak lengkap anggota badannya, itu semua benar-benar diperankan oleh orang yang cacat! sebuah totalitas bukan?! ha-ha. Walau efek ledakannya terbilang palsu dan efek slow motion selongsong peluru yang terlalu banyak sehingga terasa berlebihan, tetap tidak mengurangi ketegangan menonton film zombie ala Snyder ini. Opening scene yang menarik hingga closing credit yang menjebak! Ya, jangan anda matikan dulu film ini ketika Ana dkk berhasil lepas dari kejaran para zombie, saksikan closing credit-nya yang benar-benar “mengasyikkan” ha-ha. Full action, full zombie, kurang apalagi! inilah film zombie klasik terhebat yang pernah di-remake oleh Zack Snyder. Yep, just enjoy the Dawn of the Dead guys!

RATING: 3.5/5

6 thoughts on “Dawn of the Dead (2004/Remake/US)

  1. film zombie terbaik, gak pernah bosan2nya nonton nih film. Adegan kocak waktu yang nembak2in “artis” dari atap :p

    Like

    • yoi, kocak abis tuh, apalagi ada yang cuman mirip artis doang, masih bisa ditembak juga, good job andy, hahaha… tengkyu bung hafi sudah mampir ke blog reborn gw, haha… masih dalam pengembangan nih…

      Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s