Season of the Witch (2011/US)


Please do some good movie again

Terakhir kali Nicolas Cage menjadi penyihir adalah di film The Sorcerer‘s Apprentice, kali ini doi berperan menjadi pemburu penyihir, jadi intinya Nicolas Cage tahu rasanya diburu dan memburu, ha-ha. Tapi sudahlah, memang nampaknya aktor yang sudah malang melintang di dunia perfilman hollywood ini sedang kejar setoran, sudah cukup banyak film yang di-booking-nya, terakhir mungkin kita tahu Drive Angry yang kebetulan belum saya tonton, dan setelah itu masih banyak lagi judul-judul film yang dibintangi aktor yang namanya kerap disingkat Nic Cage ini.

Sayang sekali belakangan ini film-film Nic Cage memang sedang turun kualitasnya, lantaran itu dia, kejar setoran. Apapun dilakukan doi untuk bisa mengatasi biaya pajak yang rumornya sudah menggunung, tapi sudahlah, saya disini tidak akan membicarakan masalah pribadi dari keponakan sutradara legendaris Francis Ford Coppola. Film terakhir Nic Cage yang saya tonton berjudul Season of the Witch, dimana Nic Cage berperan menjadi seorang ksatria perang salib di abad 14 yang berambut gondrong! Betul, potongan rambut Nic Cage kembali tidak mengenakan untuk dilihat, padahal saya kangen gaya rambut doi ketika bermain di film-film terdahulu, rapih dan elegan.

Terkesan seperti film kelas B, tapi jujur tetap enjoy untuk ditonton. Season of the Witch menceritakan seorang ksatria perang salib bernama Behmen (Cage) dan partnernya Felson (Perlman) yang memutuskan meninggalkan kesatuan tentaranya di medan perang karena merasa berdosa akan korban-korban tak berdosa yang telah dibunuhnya. Pulang ke kampung halaman, Behmen malah menemukan bahwa sekarang kampung halamannya sudah diliputi oleh wabah misterius dimana semua orang sakit-sakitan, hal tersebut disebabkan oleh seorang penyihir yang disekap di kota tersebut.

Dengan titah sang raja, Behmen dan Felson serta empat orang sukarelawan lainnya yaitu seorang pendeta, Debelzaq (Moore) seorang penunjuk arah, Hagamar (Graham) seorang ksatria tua, Eckhart (Thomsen) dan ksatria muda, Kay (Sheehan) bertugas mengantarkan sang penyihir wanita tidak bernama (Foy) ke suatu kota dimana nasibnya akan ditentukan kemudian oleh para pendeta agung disana. Tapi justru cobaan baru datang di tengah jalan, Behmen sadar bahwa sang wanita bukan penyihir biasa, melainkan sesuatu yang lebih mengerikan daripada penyihir. Apakah akan berhasil petualangan Behmen, Felson dan keempat rekannya dalam melenyapkan penyihir dan wabahnya dari muka bumi? Happy ending guys! predictable storyline, he-he.

Simpel dan instan, itulah gambaran dari jalan cerita film ini. Walau menduetkan sang Ghost Rider dan Hellboy dalam satu layar tidak menambah banyak perbedaan yang berarti, film ini enak ditonton tanpa banyak berpikir dan gampang juga dilupakan. Sayang sekali penampilan prima Nic Cage terasa sia-sia jika dituangkan di film-film semodel Season of the Witch ini, tapi ya itulah yang namanya hidup, apapun bisa terjadi! ha-ha. Yang justru memikat dari film ini adalah visual dan spesial efek yang lumayan tidak norak untuk film berbau adventure, action sekaligus mistis ini. Pemandangan wabah misterius yang mengerikan lumayan membuat perut saya mual. Selain itu, semuanya standar saja, adegan pertarungan, sihir-sihir mengerikan dan para karakter di film ini yang satu-persatu menemui ajalnya, semua sudah bisa ditebak.

Film karya Dominic Sena ini memang mengasyikan, brainless adventure in medieval age movie mungkin istilahnya yang tepat. Apalagi ditambah kehadiran Nic Cage di dalamnya yang mungkin masih bisa berpengaruh pada antusiasme penonton untuk menonton film-film doi. Tapi selepas itu, Season of the Witch tidak menawarkan sesuatu yang baru, semua disajikan apa adanya, tidak ada kejutan dan tidak ada ketegangan yang luar biasa, Well, sedikit monolog pun tidak cukup banyak membantu, he-he. Apapun itu, sebagai pengisi waktu luang, film ini lumayan bisa menemani waktu santai anda sambil makan camilan, tapi hati-hati, jangan sampai anda tertidur, he-he. Enjoy the movie guys!

RATING: 3/5

One thought on “Season of the Witch (2011/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s