Horrible Bosses (2011/US)


This “kind” of boss, can you imagine?

Film komedi ini memang saya tunggu dari dulu setelah melihat trailer dan premis ceritanya yang sedikit konyol. Ya, setelah menontonnya, memang sesuai dengan bayangan saya, film komedi tolol yang menggabungkan banyak karakter tolol yang diperankan artis-artis kenamaan, sangat worth it setelah sekian lama menunggu.

Sesuai judulnya, Horrible Bosses menyuguhkan pengalaman tiga orang sahabat yaitu Nick (Jason Bateman), Dale (Charlie Day) dan Kurt (Jason Sudeikis) yang sudah kesal dengan bos mereka masing-masing di kantornya. Nick diperas bak sapi perah oleh bosnya Harken (Kevin Spacey), tidak ada kata promosi jabatan dalam kamus Harken, segila dan selama apapun Nick bekerja, dirinya akan terus menjadi kacung Harken.

Dale adalah seorang asisten dokter gigi yang jujur dan cinta mati pada tunangannya, tapi sayang bosnya Julia (Jennifer Aniston) agak “sakit jiwa” karena terobsesi untuk berhubungan intim dengan Dale. Sedangkan Kurt adalah pegawai yang dicintai bosnya Jack (Donald Sutherland), tapi ketika Jack meninggal dunia, hidup Kurt bagaikan di neraka karena pengganti Jack adalah anak dari Jack sendiri, Bobby (Colin Farrell), yang kurang waras dalam memimpin suatu perusahaan.

Bagaikan film klasik Alfred Hitchcock, Strangers on a Train, ketiga sahabat ini mulai merencanakan suatu cara agar ketiga bos mereka lenyap selama-lamanya dari muka bumi dengan cara saling membunuh bos yang bukan atasan langsung mereka. Oleh karena itu Nick, Dale dan Kurt mencari bantuan profesional untuk membunuh Harken, Julia dan Bobby. Berhasilkah mereka?

Film gubahan Seth Gordon ini begitu singkat, padat dan kocak. Ya, tanpa membuang-buang waktu, cukup 90 menit saja tepatnya, kita bakal disuguhi ketololan tiga sahabat yang berniat membunuh bos mereka dengan nasihat dari seorang mantan napi bernama Jones (Jamie Foxx) yang tidak jelas asal muasalnya. Akting gila dari ketiga bos kurang waras ini benar-benar menyita perhatian saya sepanjang film, bagaimana tidak, Kevin Spacey sang aktor watak benar-benar bertransformasi menjadi seorang bos narsis yang sok kuasa plus super menyebalkan.

Sementara Jennifer Aniston menjadi karakter tipikal wanita penggoda yang notabene tidak begitu istimewa tapi cukup membuat lawan mainnya, Charlie Day, yang memerankan Dale bertingkah super kocak. Kemudian jangan lupakan Colin Farrell yang hanya nongol sebentar tapi memberi penampilan yang berbekas hingga akhir film, makian kasarnya sebagai “bos yang baru” benar-benar membuat mulut saya tidak bisa diam.

Tapi justru chemistry antara ketiga karakter utama Nick, Dale dan Kurt malah makin menjadi ketika mereka harus mendiskusikan rencana pembunuhan kepada Jones. Pelan tapi pasti, dialog empat insan yang serba salah paham ini menjadi amunisi andalan Seth Gordon yang bisa membuat anda tertawa sampai muntah, saya jamin!

Jika selera komedi anda tidak jauh-jauh dari selera komedi kasar dan nyeletuk ala Hollywood, saya jamin Horrible Bosses ini bisa memuaskan dahaga anda yang sudah bosan dengan komedi-komedi “pintar”. Kadang kala, satu waktu kita butuh sesuatu yang tolol untuk menyegarkan pikiran, dan Horrible Bosses-lah jawabannya, jajaran aktor yang super ciamik dan cerita yang tidak bertele-tele, your turn to watch guys!

RATE: 3.5/5

2 thoughts on “Horrible Bosses (2011/US)

  1. Pingback: Bad Words (2014/US) | zerosumo

  2. Pingback: Horrible Bosses 2 (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s