Captain America: The First Avenger (2011/US)


Yes, i’m captain “muscle” america!

Sudah lumayan lama saya menanti film ini. Film yang menjadi cikal bakal para jagoan Marvel dalam The Avengers ditandai dengan munculnya The First Avenger yaitu Captain America. Superhero yang gemar memakai tameng berlambang bintang ala bendera Amerika daripada pistol ini ternyata muncul jauh sebelum eranya Tony Stark dan kawan-kawan, tepatnya ketika perang dunia.

Alkisah ketika perang dunia kedua, Steve Rogers (Chris Evans) seorang pria imut, lemah dan pesakitan dari Brooklyn New York mencoba untuk mendaftar menjadi tentara demi menciptakan perdamaian di benua Eropa. Tapi yang namanya tentara tentu harus tegap, besar dan juga kuat. Walau tidak seperti itu, hal tersebut bukan masalah bagi Rogers yang memang punya jiwa juang tinggi dan sangat heroik. Penantiannya terjawab, ketika pemerintah sedang melakukan percobaan untuk menciptakan tentara super, Rogers-lah kandidat yang paling cocok. Dipilih langsung oleh seorang jenius asal Jerman yaitu Dr.Erskine (Stanley Tucci).

Tanpa tunggu waktu, dengan formula milik Erskine dan peralatan milik Howard Stark (Dominic Cooper) (betul, ayah dari si Iron Man!) Rogers bertransformasi menjadi seorang tentara yang berperawakan kuat, tegap dan mempunyai kekuatan diatas rata-rata orang biasa. Kemunculan Rogers memang pas, ditandai dengan kehadiran musuh besar dari Jerman yang bukan Adolf Hitler, melainkan Johann Schmidt (Hugo Weaving) alias Red Skull, seorang antek Hitler yang gemar membaca cerita mistis dan kebetulan menemukan kekuatan mistis yang dipakainya untuk menguasai dunia.

Kesan pertama, film ini sangat Amerika sekali, tentu saja, dari judulnya saja sudah sangat jelas. Selain itu, pertarungan Rogers bersama rekan-rekannya sangat super heroik apalagi ditambah dengan lagu-lagu yang membangkitkan semangat. Beruntung sekali Chris Evans memainkan karakter Captain America ini, perawakannya adalah sesuatu yang memang dibutuhkan untuk memerankan superhero paling bijak, berwibawa dan mempunyai sifat pemimpin paling baik dari semua superhero lain di dunia Marvel.

Tapi setengah dari film ini cukup membosankan, apalagi durasinya dua jam. Beruntung masih ada lelucon-lelucon renyah ala dunia Marvel, beruntung ada Howard Stark yang lumayan petakilan, mengingatkan pada karakter Tony Stark di jaman sekarang. Jangan lupakan Tommy Lee Jones dan Hayley Atwell sebagai love-interest Steve Rogers, kehadiran mereka sebenarnya kurang penting, apalagi Atwell yang di salah satu scene ikut berperang dengan para tentara lain, konyol.

Untung saja X-Men: First Class dan film-film The Avengers lainnya diproduksi dua studio berbeda, apa jadinya kalau X-Men: First Class disutradarai Joe Johnston, mungkin Michael Fassbender akan berbicara bahasa Inggris ketika berusaha kabur dari sekapan pasukan Nazi “asli Jerman” yang benar-benar bengis di Polandia. Tapi ya sudahlah, namanya juga The First Avenger, dan memang tontonan untuk semua kalangan sehingga dibuat sesederhana dan semenyenangkan mungkin.

Kalau boleh membandingkan dengan film The Avengers yang lain, saya lebih memilih Thor, walau sama-sama cheesy dan simple, tapi plot dalam film Thor tidak terlalu panjang dan bertele-tele, to the point, singkat, padat dan langsung action! Intinya tidak terlalu lebay. Tapi karena ini memang Captain America, lebay memang sudah seharusnya, he-he.

Walaupun begitu, Captain America: The First Avenger ini memang tontonan yang lumayan menghibur, plot ringan, cerita klise, spesial efek yang ajaib (bayangkan Chris Evans dalam postur kecil dan kurus kerempeng!) dan ending ala film The Avengers lainnya, malahan justru saya lebih suka nonton ending dan hidden scene setelah closing credit di film ini, ada cuplikan film The Avengers yang akan rilis tahun depan. Semoga itu bisa mengobati ketidakpuasan saya akan beberapa film The Avengers lainnya. Well, diluar itu semua, film ini tontonan yang cocok bagi anda untuk mengisi waktu luang, just try for yourself guys!

RATE: 3/5

One thought on “Captain America: The First Avenger (2011/US)

  1. Pingback: Captain America: The Winter Soldier (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s