Crazy, Stupid, Love. (2011/US)


God bless technology!

Cinta memang gila, kadang bodoh, kadang tolol, kadang lebay, tapi dari semua itu, semua pasti ingin merasakan yang namanya cinta, se-anti-sosial-nya diri anda, apa anda yakin tidak penasaran dengan yang namanya cinta? Crazy, Stupid, Love. Cukup tiga kata itu yang berbicara mengenai film terbaru Steve Carrell yang digarap oleh dua orang sutradara yang pernah menulis kisah cinta “gila” lainnya, I Love You Phillip Morris, yaitu Glenn Ficarra dan John Requa.

Cal (Steve Carell) dan Emily (Julianne Moore) adalah sepasang suami istri yang sudah jenuh selama 25 tahun masa pernikahan mereka. Seketika itu juga Emily meminta cerai kepada Cal, dan Cal tidak bisa berkata apa-apa tentang hal tersebut, bahkan kepada kedua anaknya yang masih bocah, salah satunya adalah Robbie (Jonah Bobo) yang selalu menjadikan ayahnya panutan dalam masalah percintaan.

Berada di ambang kehancuran, Cal bertemu dengan Jacob (Ryan Gosling), sang playboy super, bagaikan karakter Barney Stinson tapi dengan versi lebih menawan dan elegan. Datang bak malaikat penyelamat, menyelamatkan kehidupan Cal yang tanpa disadari sudah 20 tahun hidup penuh ke-monoton-an. Bagaikan seorang mentor handal, Jacob membuat Cal “bangkit dari kubur”, mulai disukai lagi oleh banyak wanita, dan Cal senang akan hal tersebut demi membuktikan pada Emily bahwa hari-harinya belum berakhir.

Tapi Jacob bukanlah hanya sebagai pemanis saja di cerita Cal, kisah playboy-nya harus berakhir di tangan seorang wanita yang membuat dirinya berubah luar dalam, yaitu Hanna (Emma Stone). Ya, banyak kisah cinta yang terjadi di film ini, diluar kisah cinta tulus Cal kepada Emily, kisah cinta gila hingga cinta yang terbilang polos entah bodoh pun dialami oleh Robbie sang bocah ingusan didikan Cal.

Lebih ke drama tapi tetap tidak meninggalkan ciri khas Carrell dalam mengocok perut penggemarnya. Interaksi Cal dan Jacob sangat apik, mengingatkan karakter Barney Stinson dan Ted Mosby dalam serial How I Met Your Mother, dua orang ini mencari jati diri, menemukan apa itu arti untuk dicintai, dan menghadapi ujian sesungguhnya ketika mereka harus berubah demi orang yang dicintainya, atau seperti Cal bilang, demi soulmate-nya.

Bagi saya, dua jam sudah lebih dari cukup untuk menggambarkan drama kehidupan Cal yang diisi berbagai konflik dalam satu plot cerita. Penuh dengan cerita cinta konyol diluar cerita cinta Cal, tapi semua diakhiri dengan manis, sesuai dengan judulnya, Crazy, Stupid, Love. Segila apapun cintamu pada seseorang, selalu ada jalan keluar untuk meraihnya. Pesan sederhana dan klise ini berhasil tersampaikan dengan baik lewat karakter Cal dan Jacob yang diperankan dengan sempurna oleh Steve Carrell dan Ryan Gosling.

Leluconnya pun tidak berlebihan, tapi sangat pas timingnya. Ya, menuju ending film ini anda akan menyaksikan twist yang konyol dan lumayan kocak sebagai pemecah keheningan ketika selama satu jam lebih kita menyaksikan cerita kehidupan cal yang depresif dan kacau balau karena perceraian dengan Emily.

Crazy, Stupid, Love. Lucu, bermakna, menarik dan tidak berlebihan. Ya, film ini pas menjadi menu anda yang gemar menonton film ber-genre drama komedi romantis, ensemble cast yang top (bahkan ada Kevin Bacon!), cerita cinta yang beragam, dan penyelesaian yang sempurna serta tidak berlebihan. You must love this movie, I guarantee!

RATE: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s