The Smurfs (2011/US)


Why there’s no smurf called “blondie” instead smurfette?

Tidak pernah tahu betul apa itu yang namanya Smurf, hanya tahu dari gambar-gambar mereka yang bertebaran di tas ransel anak SD dan berbagai jenis mainan anak kecil lainnya serta beberapa komik yang menceritakan petualangan para makhluk kecil berwarna biru ini. Mungkin jika tidak ada Neil Patrick Harris (NPH) di film The Smurfs, saya tidak akan menonton film yang memang ditujukan sebagai film hiburan ringan untuk keluarga khususnya para bocah ingusan (dalam artian sesungguhnya), karena saya penasaran dengan akting NPH diluar peran pria playboy cabul Barney Stinson yang sudah melekat erat di dirinya.

Ternyata filmnya sangat-sangat ringan, bahkan jika anda mau skip beberapa bagian film ini, ceritanya masih dapat anda pahami betul. Keluarga Smurf yang terdiri dari banyak sekali Smurf yang dinamakan sesuai dengan kepribadian mereka ini tinggal dengan damai dan sejahtera di desa mereka yang didominasi dengan rumah jamurnya. Sampai suatu saat Clumsy (Anton Yelchin), Smurf yang paling ceroboh membawa masuk sang penyihir jahat Gargamel (Hank Azaria) kedalam desa Smurf, kontan semua berpencar menyelamatkan diri.

Bisa ditebak, sesuai namanya, Clumsy lagi-lagi membuat kecerobohan karena masuk ke hutan terlarang yang menyebabkan dirinya beserta lima smurf lainnya, Papa (Jonathan Winters), Gutsy (Alan Cumming), Smurfette (Katy Perry), Brainy (Fred Armisen) dan Grouchy (George Lopez) terlempar ke dalam suatu portal yang mengantarkan mereka ke New York tepatnya ke Central Park. Disanalah para Smurf bertemu dengan Patrick (NPH) yang sedang berjuang naik jabatan dalam mempromosikan produk terbaru dari perusahaan yang dipimpin bosnya yang super judes yaitu Odile (Sofía Vergara). Ya, kini beban Patrick bertambah karena harus membantu para Smurf kembali ke desa mereka sekaligus menghindari kejaran Gargamel dan kucingnya yang sewot Azrael (Mr. Krinkle).

Ringan, menyenangkan dan tentu saja “unyu-unyu” bagi para wanita (bahkan pria) yang menyukai karakter Smurf yang sudah ada sejak jaman saya masih balita ini. Penampakan Smurf di dunia nyata terbantu dengan teknologi CGI yang paling mutakhir sehingga kelucuan mereka tidak berkurang walau dipadupadankan dengan setting dunia nyata.

Ternyata cukup sebal juga melihat akting NPH yang menjadi seorang nice guy walau sedikit aksi teatrikal kocaknya masih ada, tapi toh itu harus dimaklumi, tidak selamanya ia bisa menjadi seorang Barney Stinson. Sama halnya dengan Sofía Vergara yang sudah terbiasa memerankan seorang ibu cerewet berlogat Amerika Latin dalam serial Modern Family, tidak ada perubahan yang begitu berarti dari dirinya di film ini.

Sisanya mungkin berperan normal-normal saja dibalik karakter berwarna birunya, seperti Anton Yelchin dan juga Katy Perry (yang saya baru sadar ketika melihat credit title). Ya, tidak ada plot yang sulit untuk dicerna, all is well, petualangan klise, standar, heroik dan happy ending di akhir nampaknya bukan tugas berat Raja Gosnell selaku sutradara film ini. Karena menurut saya pribadi, film ini hanya ingin memperkenalkan karakter The Smurfs ke dunia nyata dengan tampilan baru yang lebih menawan (alias CGI yang canggih) selebihnya tidak ada yang istimewa.

Well, bagi anda yang punya anak kecil yang butuh hiburan, saya jamin 100% The Smurfs dapat membuat anak anda tertawa riang. Ya, tontonan ringan dan pas untuk keluarga besar, selain NPH, untungnya film ini ditutup dengan lagu Ready To Go dari Panic! At The Disco, ya, saya pun mulai bernyanyi dan mulai melupakan film yang sudah berjalan selama kurang lebih dua jam sebelumnya. Enjoy The Smurfs Guys!

Rating: 2.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s