Johnny English Reborn (2011/UK)


The agent is back with more silly amunition

Sudah lama tidak melihat Rowan Atkinson beraksi di layar lebar selepas film yang memparodikan secara “halus” James Bond ini. Bukannya kebetulan, Johnny English pertama memang lumayan berkesan di hati para penggemar Rowan Atkinson yang melekat dengan karakter Mr.Bean, maka tinggal menunggu waktu saja hingga sequel dari film agen MI7 ini beraksi kembali, tepatnya tahun ini. Ya, Rowan Atkinson kembali lagi dengan skill intelegensinya yang terbilang ngasal tapi selalu kocak untuk ditonton dalam Johnny English Reborn.

Delapan tahun yang lalu Johnny English berhasil mengocok perut para penonton dengan lawakan elegan ala Rowan Atkinson. Kali ini Johnny kembali lagi dipanggil oleh MI7 untuk menyelesaikan kasus rencana pembunuhan perdana menteri Cina, Johnny kembali ke MI7 atas titah Pegasus/Pamela (Gillian Anderson) dan psikolognya yang pintar sekaligus cantik yaitu Kate (Rosamund Pike). Ditemani dengan “murid” baru yaitu Tucker (Daniel Kaluuya) seorang bocah berumur 20 tahun, Johnny kembali melacak kumpulan teroris yang ingin membunuh perdana menteri Cina dengan bekal ilmunya selama dia bertapa di pegunungan Tibet.

Dari menit awal, dijamin adegan Johnny sudah bisa membuat anda tertawa terbahak-bahak, apalagi dengan gaya lawakan Rowan Atkinson yang bermimik datar tapi khas! Berlatih bersama para shaolin dan tetap tidak meninggalkan karakter Johnny English yang serba (baca: sok) tahu tapi selalu beruntung. Seperti yang sudah-sudah, harus ada sidekick bagi Johnny, dan Tucker pun muncul menjadi sidekick yang pas disandingkan dengan Johnny, apalagi chemistry antara Johnny dan Tucker yang notabene sesama british terasa klop!

Bagaimana dengan villain di film Johnny English Reborn ini? Ada Dominic West yang pasti sejak awal anda menonton film ini, anda pasti akan curiga dengan karakter Dominic West yang tiba-tiba menjadi “good guy” di awal awal film ini. Lihat saja nanti ketika setengah film sudah berjalan, anda pasti bakal dengan mudah menebak siapa dalang dibalik konspirasi yang harus dipecahkan oleh Johnny, ups, apakah saya spoiler? He-he.

Lucunya, ada cameo dari putri Rowan Atkinson di film ini yaitu Lily Atkinson, anda akan melihat putri sang Mr.Bean ini ketika Johnny merebut helm dari seorang wanita (wanita inilah penampakan Lily) ketika sedang berusaha lepas dari kejaran para agen MI7 dengan kursi roda super canggihnya. Ya, like father like daughter, nampaknya Rowan Atkinson sedang mempersiapkan putrinya untuk terjun lebih serius ke dunia akting, kita lihat saja nanti.

Terakhir mungkin jangan lupakan Gillian Anderson, sang karakter legendaris Scully dari serial legendaris X-Files di tahun 90-an. Kehadirannya lumayan memberikan nuansa nostalgia dimana disini ia berperan sebagai agen juga, bedanya, agen disini tidak menyelidiki kasus UFO dan semacamnya, well, walau tidak vital perannya tapi cukup menarik untuk ditonton.

Sama halnya dengan Rosamund Pike yang menjadi love interest Johnny di film ini. Dirinya yang blonde dan cantik dan tinggi entah kenapa begitu enak dipandang mata walau tidak berkontribusi terlalu besar di film yang sebenarnya cukup menampilkan Rowan Atkinson seorang diripun saya jamin masih banyak yang mau menonton film ini. Seperti biasa, wanita cantik memang hal wajib dalam setiap film, even film gore ultra sadis pun butuh wanita cantik yang harus dibantai.

Akhir kata, Johnny English Reborn memang film komedi yang dibutuhkan dari para artis yang mayoritas adalah artis asal negeri Ratu Elizabeth ini. Leluconnya pas, tidak vulgar dan kasar layaknya film komedi Hollywood dan lumayan membuat mulut saya sakit karena tertawa terus. Well, pecinta Mr.Bean wajib nonton film kedua dari Johnny English yang disutradarai oleh Oliver Parker ini. Pesan terakhir saya, jangan beranjak ketika film ini sudah selesai, masih ada hidden scene setelah closing credit dimana Johnny akan memperagakan keahlian memasaknya yang super “gak penting” ha-ha, once again, enjoy this ridiculous adventure of Johnny English guys!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s