Larry Crowne (2011/US)


Just learn how to drive carefully miss

Tom Hanks, siapa tidak kenal aktor papan atas Hollywood ini, dari peran “idiot”-nya sebagai Forrest Gump sampai menjadi seorang kapten pemberani di Saving Private Ryan, saya rasa semua pasti tahu dengan yang namanya Tom Hanks. Tom kali ini kembali dengan filmnya sendiri, ya anda tidak salah dengar, filmnya sendiri, disutradarai dan ditulis sebagian oleh Tom Hanks. Padahal terakhir dia menjadi sutradara untuk sebuah film layar lebar (bukan mini series ataupun TV series) yaitu pada tahun 1996 dengan judul film That Thing You Do!

Larry Crowne adalah judul film baru Tom Hanks, dan tebak, film ini menceritakan seorang pria paruh baya yang baru saja dipecat dari pekerjaanya dan mulai melanjutkan hidupnya dengan cara kembali belajar di perguruan tinggi, oh ya, pria tersebut bernama Larry Crowne tentunya dan diperankan Tom Hanks pastinya.

Larry adalah seorang pria baik hati dan baru memulai kehidupan belajarnya di bangku perguruan tinggi. Dia mengambil kelas komunikasi yang diajar oleh seorang professor judes yang punya masalah keluarga bernama Mercedes Tainot (Julia Roberts). Larry tidak sendirian disana, berteman dengan Talia (Gugu Mbatha-Raw) yang mengajak Larry untuk masuk geng skuternya. Bagaikan masa-masa keemasan ketika masih menimba ilmu, Larry mulai menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya, belajar sekaligus menemukan cinta barunya yang tidak lain dan tidak bukan adalah Mercedes.

Drama tipikal Tom Hanks, tidak terlalu mellow dan tidak terlalu tear-jerker, tapi banyak memberikan pesan kehidupan yang kalau saya tangkap dari seorang Tom Hanks adalah ia berusaha menyampaikan banyak pelajaran hidup yang tidak pernah terlambat untuk dicerna dan dipraktekan dalam kehidupan nyata. Belajar pandai berbicara di depan umum, belajar bergaul dan berbaur dengan teman-teman yang jauh berbeda umurnya dan belajar mencintai lagi walaupun sudah pernah merasakan pahitnya cinta. Yes, it’s never late to learn again, even it’s learn to loving again.

Sederhana, bermakna dan lumayan lucu. Tidak banyak sebenarnya yang bisa dibicarakan dari film terbaru Tom Hanks ini, karena memang film ini sepertinya sengaja dibuat sesederhana mungkin dengan menggunakan formula “main aman”. Ya, Tom Hanks tidak membuat suatu cerita romantis yang berbelit-belit ataupun cerita konspirasi tingkat tinggi seperti film-film yang pernah menjadikan dirinya peran utama.

Lebih ke versi “figur” dimana kita tahu sendiri kalau Forrest Gump merupakan film yang menceritakan figur seorang pria yang sebenarnya tidak begitu istimewa tapi menjadi istimewa setelah melewati berbagai rangkaian peristiwa. Ya, Larry Crowne sepertinya sedikit mengambil formula dari film yang memenangkan enam piala Oscar di tahun 1995 itu. Larry adalah seorang pria paruh baya yang mulai menemukan kembali “ritme” hidupnya setelah bertemu dengan orang-orang “hebat” di sekelilingnya, dan lebih hebatnya lagi, Larry kembali menemukan cinta barunya.

Tidak pernah bosan melihat Tom Hanks dengan Julia Roberts, akting keduanya sudah tidak usah dipertanyakan lagi, chemistry mereka “berbicara” banyak dari awal pertemuan Larry dengan Mercedes. Adu akting yang sangat pas, didukung dengan para pemain pendukung yang tidak kalah menarik perhatian. Let’s say, Tom Hanks beruntung sekali menyatukan para talenta-talenta tersebut di filmnya. Tidak bisa berbicara banyak, film Larry Crowne ini tidak begitu istimewa sebenarnya, tapi menyuguhkan drama kehidupan yang lumayan enak untuk ditonton ketika waktu luang. Ya, persembahan yang lumayan dari Tom Hanks, well, kalau anda penggemar Tom Hanks, tidak ada salahnya untuk mencicipi film ini kok, he-he. Enjoy this “decent” sweet drama about Larry Crowne.

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s