Thor (2011/US)


Thor, you’re super fun mate!

Tidak bisa dibayangkan, film Thor baru minggu ini rilis di Indonesia, sementara bajakannya sudah sangat bagus dan sempurna! Mau bicara apa lagi, tahu sendiri kan birokrasi perfilman kita tahun ini sedang hancur-hancurnya, tapi toh sudah lupakan segala kekonyolan yang membuat kita susah nonton film bagus tepat waktu. Sekarang waktunya membicarakan salah satu film superhero Marvel yang akan kembali lagi tahun depan di layar lebar dalam The Avengers, yaitu Thor.

Thor (Chris Hemsworth) adalah seorang anak dewa Odin (Anthony Hopkins), dewa dari segala dewa di jagat raya ini (entah kenapa Odin tidak pernah bertemu Green Lantern, ups, itu dunia DC Comic). Thor merupakan figur seorang dewa penerus ayahnya Odin di Asgard (ini dunia tempat para dewa berkumpul), tapi sayang Thor mempunyai sifat egois dan tidak sabaran, hal itu menjadi nilai minus bagi Odin untuk memilih Thor menjadi penerusnya. Sementara, Thor mempunyai seorang saudara yaitu Loki (Tom Hiddleston) yang pasti semua tahu bahwa sebenarnya Loki bukanlah seorang saudara yang baik hati melainkan sebaliknya.

Dari dunia Asgard kita pindah ke dunia lain yaitu bumi, ya planet kita, bumi! Alkisah seorang peneliti bernama Jane (Natalie Portman) dan rekannya Darcy (Kat Dennings) sedang meneliti bintang-bintang di angkasa dan tanpa disengaja mereka menemukan bintang jatuh yang tidak lain adalah Thor! Kenapa Thor bisa ada di bumi? Gampang saja, karena keegoisan dan kesombongannya, Thor dan rekan-rekannya menginvasi dunia Frost Giant yang merupakan musuh lama ayahnya Odin, padahal Frost Giant dan Odin sedang dalam gencatan senjata, sisanya anda bisa tebak sendiri, Thor dihukum dengan cara diasingkan ke bumi karena ulah nekatnya oleh Odin.

Klise tapi lebih menarik daripada film superhero The Avenger lainnya yaitu Captain America. Ya, cerita Thor ternyata lebih seru walaupun sebenarnya formula plotnya terbilang sangat pasaran untuk sebuah film superhero. Entah karena Kenneth Branagh dan Joss Whedon yang berada di balik layar atau karena Chris Hemsworth yang bisa memerankan karakter Thor dengan sangat apik, kocak ketika dibutuhkan dan serius ketika waktunya. Yang jelas, menonton Thor sensasinya lebih fun dan tidak bertele-tele daripada Captain America. Selain itu, spesial efeknya lebih memanjakan mata daripada film superhero yang lain, well, tidak ada salahnya juga sih film ini rilis minggu ini di bioskop tercinta anda, karena anda bisa sekali lagi membuktikan serunya film ini dengan menonton versi 3D-nya.

Natalie Portman dan Chris Hemsworth lumayan memberikan sedikit nuansa chemistry yang aneh tapi tetap nyaman untuk dipandang. Toh sebenarnya saya lebih suka penampilan Chris yang jujur baru saya lihat di film Thor ini ketimbang peran Natalie yang sudah bisa dibilang veteran di dunia film. Tingkah lakunya yang kikuk saat berada di bumi benar-benar bisa membuat saya tersenyum lebar, what a fool god! Tapi justru penampilan yang lebih menyita perhatian di film ini adalah sang villain Loki yang diperankan dengan sangat sempurna oleh Tom Hiddleston, tidak aneh jika Loki menjadi villain utama di film The Avengers tahun depan.

Ya, Tom memerankan Loki dengan sangat apik, karakter Loki yang pada awalnya sangat simpatik bisa berubah drastis menjadi seorang dewa yang kejam dan tidak berperasaan. Semua itu terlihat natural berkat akting Tom yang saya akui harus diacungi jempol. Oh, jangan lupakan Kat Dennings! Walau ia hanya muncul sebagai “pajangan” tapi harus diakui, sosok Kat lebih “fresh” daripada Natalie, kenapa bukan Kat saja sih yang memerankan Jane? He-he.

Overall, tidak bisa berkata banyak lagi soal film ini. Singkat, padat dan seru! Ya, Thor merupakan film superhero Marvel yang menurut saya film paling fun untuk ditonton walau memakai formula klise film superhero kebanyakan. Tidak ada salahnya anda menonton ulang film ini di bioskop, dan sangat direkomendasikan untuk menonton versi 3D-nya. Ya, enjoy the movie and like always, don’t leave your seat before closing credit is done rolling in the screen!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “Thor (2011/US)

  1. Pingback: Captain America: The Winter Soldier (2014/US) | zerosumo

  2. Pingback: 2 BROKE GIRLS: Because Misery Loves Company (?) (2011-Present/TV Series/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s