TrollHunter (2010/Norway)


The Troll team! It’s hammer time!

Troll, mendengar kata itu, mungkin familiar bagi anda yang sering bermain game RPG yang bersetting dunia magic dan antah berantah, atau bagi yang mengikuti film epik beberapa tahun kebelakang, The Lord of the Rings Trilogy, pasti akan familiar dengan Troll. Beda dengan yang dibantai Aragorn dan kawan-kawan, bagi orang Norwegia, Troll adalah sebuah makhluk dongeng yang hidup di dunia khayalan para bocah yang mendengar dongeng tentang Troll dari orang tuanya, tapi tidak untuk Troll yang satu ini.

TrollHunter adalah film bergaya fake documentary alias mockumentary yang menceritakan tiga orang mahasiswa yaitu Thomas (Glenn Erland Tosterud), Johanna (Johanna Mørck) dan Kalle (Tomas Alf Larsen ) yang sedang membuat rekaman video mengenai peristiwa pembunuhan beruang yang terjadi di daratan Norwegia yang indah. Tapi semua petunjuk yang mereka cari tentang pembunuhan beruang mengarah kepada seorang pemburu bernama Hans (Otto Jespersen). Sayangnya bukan beruang yang diburu oleh Hans, melainkan spesies lain yang lebih berbahaya dari beruang, dan mau tidak mau, Thomas dan rekannya mengikuti Hans memburu makhluk yang ternyata bukan dongeng belaka, yaitu Troll.

Cara terbaik dalam membuat sebuah film monster atau suatu fenomena yang mengejutkan tentu saja dengan menggunakan gaya mockumentary. Terbukti Paranormal Activity sukses berat dan jangan lupakan District 9 yang mendapat banyak pujian. Maka kali ini André Øvredal sebagai filmmaker dari Norwegia tidak mau kalah dengan membuat sebuah cerita epik yang bergaya mockumentary, dan saya jamin, mockumentary ini tidak kalah keren dengan mockumentary produk Hollywood sekalipun.

Empat peran utama yang terus menjadi pusat perhatian perburuan Troll beraneka ragam ini. Tapi tentu saja perhatian lebih banyak dipusatkan pada Hans yang diperankan dengan sangat “dingin” oleh Otto Jespersen. Ya, Hans menjadi seorang pemburu Troll berdarah dingin yang berhasil membuat saya tidak mengalihkan perhatian dari layar kaca sama ketika menonton film ini sama halnya seperti Thomas dan rekannya yang terus mengikuti perburuan epik tersebut.

Bahkan Hans dengan baik hati menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan Troll, bagaimana cara melawan mereka? Ada berapa jenis Troll yang hidup? Hingga seberapa pintarkah para Troll dibandingkan manusia. Ya, aksi heroik Hans membuat film mockumentary ini sangat hidup. Kelakuan Thomas, Johanna dan Kalle yang kadang bertentangan pun membuat film ini terasa menghadirkan petualangan “asli” yang terekam oleh kamera.

Spesial efek yang diusung Trolljegeren alias TrollHunter ini sangat apik. Tidak kalah dengan produk Hollywood sekali lagi saya ingatkan, dari Troll yang berukuran besar, berkepala tiga, hingga mini Troll semua digambarkan dengan sangat halus dan mendekati nyata! Belum lagi ditambah dengan setting landskap jajaran pegunungan dan perbukitan indah yang tersebar di Norwegia, alhasil membuat film ini makin perfect saja, great monster plus great cinematography equals masterpiece!

Bagi anda penggemar film mockumentary ala REC atau Paranormal Activity, jelas TrollHunter wajib anda tonton, tidak boleh dilewatkan sama sekali. Great mockumentary movie with a lot of great monsters sightings, well done André Øvredal! Enjoy the hunt with Hans the Trolljegeren guys!

Rating: 4/5

2 thoughts on “TrollHunter (2010/Norway)

    • mungkin bagi orang norway itu cocok di telinga mereka, hehe, but anyway tetep aja saya lihatnya ini film mockumentary tentang monster yang bener bener bagus, despite jokes ataupun perannya kurang sreg, setuju pastinya kan?😛

      btw, thanks dah mampir bos😀

      Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s