Rise of the Planet of the Apes (2011/US)


My precious! My precious!

Zerosumo.net – Monyet, makhluk ciptaan Tuhan yang satu ini memang istimewa, bisa menyerupai manusia dan kadang bisa lebih pintar dari manusia, dan kadang bisa menguasai tempat tinggal manusia yang diceritakan dalam film Planet of the Apes. Kali ini para monyet kembali untuk memberitahu kepada para penonton bagaimana cara mereka bisa merajai planet Bumi seperti yang diceritakan dalam dua filmnya terdahulu, Planet of the Apes yang rilis tahun 1968 dan tahun 2001.

Rise of the Planet of the Apes (ada dua “of the”) ternyata bukan film yang mengecewakan sama sekali. Film ini mengisahkan seorang dokter bernama Will (James Franco) yang sedang meneliti seekot monyet. Tujuan Will sebenarnya adalah untuk menemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit alzheimer seperti yang sedang diderita ayahnya, tapi ternyata Will malah menemukan obat yang membuat tingkat intelegensia monyet yang ditelitinya jadi bertambah!

Ya, monyet yang pandai tersebut meninggalkan seorang anak monyet bernama Caesar (Andy Serkis) yang akhirnya dipelihara dan tumbuh bersama Will. Makin lama Caesar makin pintar berkat obat yang diberikan Will beberapa tahun yang lalu, dan makin lama juga Caesar makin sadar bahwa tingkah laku manusia terhadap dirinya dan teman sejenisnya makin buruk. Maka tidak tunggu waktu lama hingga Caesar yang merupakan monyet terpintar pertama di muka Bumi menggalakan revolusi para kaum monyet kepada para manusia.

Tipikal film blockbuster, tapi ternyata Rise of the Planet of the Apes memberikan suguhan film sci-fi dan action yang intens. Perjalanan hidup Caesar dari awal hingga menjadi monyet dewasa benar-benar ditampilkan dengan sangat apik oleh akting Andy Serkis di belakang layar, terima kasih pada teknologi CGI yang makin mulus saja tiap tahunnya, saya seperti melihat monyet sungguhan yang super pintar dan lumayan mengerikan.

Penampilan James Franco sebagai karakter netral di film ini sebenarnya tidak begitu banyak membantu, walaupun begitu ia tetap menyuguhkan performa terbaiknya. Justru saya lebih suka melihat dinamika cerita Caesar yang asalnya lucu, baik dan pengertian sampai menjadi seorang Caesar yang mulai berpikir dengan logika dan melihat kenyataan pahit dibalik penangkapan spesiesnya sendiri.

Cerita Caesar selama di tempat penampungan (baca: penjara) monyet benar-benar intens. Lebih seru melihat interaksi Caesar dengan para monyet lainnya daripada interaksi karakter manusianya sendiri. Tapi memang justru itulah yang ingin disampaikan Rupert Wyatt selaku sutradara film ini. Kisah hidup dari sisi manusia hanya ditonjolkan seperlunya, hubungan percintaan Will pun tidak terlalu diekspos, lebih menitikberatkan pada perubahan sifat dan awareness seekor Caesar pada lingkungan sekitarnya.

Bahkan Tom Felton yang memerankan seorang penjaga penampungan monyet yang kejam pun tidak terlalu terasa di sepanjang film ini, tapi at least imej jahat memang tidak pernah lepas dari aktor yang namanya sudah tidak bisa dipisahkan dari karakter Draco Malfoy di film saga Harry Potter. Ada monyet, kera, orang utan, king kong dan segala jenis monyet di film ini, dan kita akan disuguhkan bagaimana rasanya kalau planet kita sendiri mulai diinvasi para monyet pintar (dan saya pikir hal tersebut bisa saja terjadi pada dunia nyata).

Akhir kata, Rise of the Planet of the Apes menyuguhkan film blockbuster kualitas mumpuni. Jajaran cast yang mantap, suguhan spesial efek yang sempurna dan cerita yang terjaga alurnya dari awal hingga akhir film. Yes, this is not some evolution, it’s a whole revolution! Must see movie guys!

Rating: 4/5

3 thoughts on “Rise of the Planet of the Apes (2011/US)

  1. Pingback: Apakah Poster Terbaru Dawn of the Planet of the Apes Ini Cukup Epic? | zerosumo

  2. Pingback: Apakah Poster Terbaru Dawn of the Planet of the Apes Ini Cukup Epik? | zerosumo

  3. Pingback: Dawn of the Planet of the Apes (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s