Margin Call (2011/US)


Your power is useless there Sylar

Saya tertarik menonton film ini sebenarnya karena ada Zachary Quinto di dalamnya, tapi ternyata film ini memang film yang istilahnya “ensemble cast”, banyak aktor tenar yang main di film berjudul Margin Call ini. Filmnya sendiri tidak bisa saya pahami sepenuhnya karena banyak istilah finansial yang super ribet di dalamnya, toh film ini memang menceritakan tentang masa depan suatu perusahaan yang berubah 180 derajat dalam semalam karena memang setting cerita film ini adalah tahun 2008, dimana ketika itu Amerika sedang dilanda krisis ekonomi yang parah.

Suatu perusahaan investasi yang tak disebutkan namanya yang kerjanya menjual saham agar orang bisa berinvestasi didalamnya dan meraup untung harus mengalami yang namanya PHK besar-besaran dikarenakan krisis ekonomi yang sedang terjadi. Peter (Zachary Quinto), Seth (Penn Badgley) dan Will (Paul Bettany) selamat dari tindak PHK mendadak tersebut, tapi tidak dengan atasan mereka Eric (Stanley Tucci).

Mau tak mau Eric harus keluar dari kantornya hari itu juga, tapi sebelum keluar, Eric menitipkan pekerjaan terakhirnya kepada Peter untuk diteliti. Tidak diduga-duga, ternyata Peter menemukan sesuatu dibalik pekerjaan terakhir Eric yang diberikan padanya, bahwa tidak lama lagi perusahaan tempat Peter bekerja akan mengalami kebangkrutan yang luar biasa. Tanpa tunggu lama, masih malam itu juga, Peter, Seth dan Will menghubungi bos mereka, Sam (Kevin Spacey), untuk menjelaskan berita paling buruk yang akan didengarnya.

Ya, saya tidak pernah mengerti apa yang sebenarnya dibicarakan mereka sepanjang film ini berjalan. Tapi saya berterima kasih pada sang sutradara J.C. Chandor yang berusaha mengemas film penuh istilah keuangan super ribet ini agar bisa masuk ke telinga orang awam. Intinya, perusahaan dimana Peter bekerja bakal mengalami kebangkrutan luar biasa dalam waktu semalam, dan pada malam itu juga semua petinggi-petinggi mengadakan rapat dan memutuskan apa yang akan mereka perbuat di hari esok.

Thrilling! Ya, film ini walau bergenre drama dan berkutat di masalah keuangan, tapi memberikan nuansa menegangkan yang terus bergejolak di tiap karakternya, apalagi karakter Peter, Seth dan Will yang sepanjang film ini berjalan hanya bisa pasrah dan mulai bercerita tentang penghasilan mereka, teman mereka dan atasan mereka, apakah yang mereka semua kerjakan hanya untuk uang semata?

Sama halnya dengan karakter Sam sebagai bos yang sedang dirundung masalah emosional di keluarganya sendiri. Seperti biasa, superb performance from Kevin Spacey. Do’i memang tidak pernah salah memerankan karakter-karakter watak seperti ini. Walau pada akhir film ini saya tidak bisa menangkap sepenuhnya apa korelasi Sam yang menggali kuburan untuk anjingnya yang baru saja mati dengan perusahaannya yang berhasil selamat karena menjual saham kosong? Mungkin anak jurusan ekonomi bisa menjelaskannya kepada saya.

Anyway, faktor chilling dari film ini tetap “ngena” ke penonton bahkan penonton awam seperti saya pun ikutan merinding jika menjadi seorang Peter yang baru saja memecahkan rumus kehancuran perusahaannya sendiri dan harus berbicara di depan para petinggi-petinggi perusahaan tersebut yang tidak pernah ia temui sama sekali. Tapi baca dari beberapa sumber, ternyata film ini memang sengaja menyentil kejadian nyata di tahun 2008 tersebut, dimana memang ada suatu perusahaan besar yang harus banting stir dalam waktu semalam dan tidak lama dari itu akhirnya bangkrut.

Well, tidak bisa berbicara banyak, tapi overall walau saya hanya paham sekitar 20% dari film ini (soal istilah-istilahnya) tapi ternyata saya bisa menghabiskan film ini tanpa rasa bosan sama sekali, entah karena faktor para aktornya yang bermain gemilang atau memang saya penasaran saja dengan ceritanya, apa betul suatu perusahaan bisa bangkrut dalam waktu semalam? He-he. Yes, suka tidak suka, mau tidak mau, silakan tonton film ini jika memang anda mau, apalagi buat para ekonom di luar sana, nampaknya film ini wajib anda tonton.

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s