Conan the Barbarian (2011/Remake/US)


No rest for the wicked!

It’s hammer time! Sudah lama saya tidak melihat film yang hanya mengandalkan otot saja, akhirnya pilihan jatuh kepada film remake tahun 80-an yang pernah dibintangi oleh aktor Hollywood yang kini menjabat sebagai seorang gubernur, Arnold Schwarzenegger, yang berjudul Conan the Barbarian. Conan the Barbarian yang rilis tahun 2011 ini masih menggunakan formula sama dengan film pendahulunya, tapi tentu saja dengan wajah baru pastinya.

Conan (Jason Momoa) adalah seorang anak yang lahir di medan perang, cara lahirnya pun terbilang ekstrim, dimana sang ibu yang sedang mengandung dirinya tertusuk di bagian perut oleh pedang tidak jauh dari jabang bayi yang kelak menjadi ksatria yang tidak pernah capek dalam membantai musuhnya. Lahir di medan perang membuat Conan tumbuh menjadi seorang pria yang tidak kenal ampun apalagi setelah menyaksikan ayahnya Corin (Ron Perlman) dibunuh oleh seorang bandit bernama Khalar Zym (Stephen Lang) yang mengandalkan kebrutalan pasukannya dan ilmu hitam anaknya sendiri Marique (Rose McGowan).

Tumbuh penuh dendam, Conan dewasa terus memburu sang pembunuh ayahnya hingga takdir mempertemukan dirinya dengan Tamara (Rachel Nichols) yang sama-sama sedang diburu oleh Khalar Zym yang percaya bahwa darah Tamara bisa membangkitkan almarhumah istrinya yang tewas dibakar massa. Dari plot ceritanya saja anda sudah tahu bahwa embel-embel “barbarian” di judul filmnya memang benar adanya bukan?

Film ini memang murni film action yang menyuguhkan peperangan brutal yang menjanjikan pemandangan serba merah di layar kaca anda. Conan dari awal hingga akhir film ini tak henti-hentinya membantai musuhnya satu persatu tanpa melupakan kecantikan Tamara yang akhirnya berakhir di ranjang jerami di tengah hutan. Cerita klise dan cheesy? Sudah pasti, tapi toh seperti yang saya katakan di awal, sudah lama saya tidak melihat film action yang mengandalkan otot, well, Conan the Barbarian ini lumayan sedikit menghilangkan rasa haus saya akan film otot tanpa otak.

Tapi kalau boleh jujur, menurut saya sang gubernur masih menjadi Conan favorit saya, Jason Momoa yang menjadi seorang Conan terasa kurang sreg di mata saya. Mantan aktor dari serial legendaris jaman dahulu yaitu Baywatch kurang bisa memberikan kesan gahar seperti yang diberikan Arnold. Jason sangat murah senyum dan mukanya masih terlihat seperti bukan seorang pembantai, beda dengan Arnold yang berekspresi dingin dan datar ketika menjadi seorang Conan. Tapi hal tersebut tidak begitu berpengaruh toh karena yang namanya imej sang aktor tidak akan pernah habis dibahas di suatu film remake apalagi film aslinya sukses dan memorable di hati para penonton.

Skip saja problema kurang penting tersebut dan nikmati peperangan barbar ala Conan dan kekasihnya yang cantik (entah kekasih entah teman one-night-stand). Yang jelas, penampilan Rose McGowan yang bertampang sangar dan Rachel Nichols yang bertampang innocent serta bitchy cukup memberikan penyegaran dibalik peperangan tanpa henti di film yang digarap oleh Marcus Nispel, sutradara yang pernah membuat film The Texas Chainsaw Massacre menjadi film slasher favorit pada jamannya.

Unrated, penuh cipratan darah, potongan badan, wanita topless dan masih banyak lagi, jelas film ini bukan film untuk anak anda dan untuk anda yang benci dengan film tak berotak. Tapi bagi anda yang butuh hiburan action semata, Conan the Barbarian cocok untuk ditonton di waktu senggang, karena dimana lagi anda bisa melihat kelakuan barbar di jaman modern ini kalau bukan di film Conan the Barbarian yang diadaptasi dari karya Robert E. Howard ini. Well enjoy the show guys!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s