Loft (2010/Remake/Netherlands)


Which one is the usual suspect?

Ada lima orang pria mapan, Bart (Fedja van Huêt), Matthias (Barry Atsma), Tom (Chico Kenzari), Willem (Jeroen van Koningsbrugge) dan Robert (Gijs Naber) yang masing-masing sudah berkeluarga. Mereka berbagi satu atap di apartemen mewah yang didesain sebagai ruangan tempat mereka memuaskan nafsu semata alias selingkuh! Hingga suatu hari mereka berlima menemukan mayat seorang wanita di atap yang kuncinya hanya ada lima saja di dunia yang dimiliki mereka masing-masing. Maka saling tuduh pun mulai terjadi, siapa wanita tersebut dan siapa yang berani membunuh wanita tersebut di atap yang ternyata menyimpan banyak cerita yang tidak pernah diduga oleh saya sebagai penonton sekalipun.

Loft adalah judul yang sangat sederhana tapi bercerita dengan sangat kompleks dan rapih. Tidak aneh film berbahasa Belanda garapan Antoinette Beumer ini banyak dipuji oleh para penonton termasuk saya yang menonton film ini di acara INAFFF yang digelar di Blitz Megaplex Bandung kemarin. Well, tidak diragukan lagi, toh film ini memang tipikal film yang mengandalkan kekuatan cerita dan dialog didalamnya, termasuk twist yang berlapis-lapis, ya, sekilas konsep film ini seperti film perdana Bryan Singer The Usual Suspect yang rilis sebelas tahun yang lalu.

Tidak bisa bercerita banyak soal plot dari Loft ini, anda cukup mencerna saja sinopsis singkat yang saya berikan sebelumnya, dijamin film ini akan memutar otak anda setidaknya sampai pertengahan film ini berjalan, karena mau tidak mau, plot ceritanya diatur dengan sangat rapih. Formula flashback dan gaya penuturan tiap karakternya membuat saya tidak mudah menebak sebenarnya siapa dalang dibalik kematian wanita misterius ini.

Semua karakter mempunyai motif yang sama kuat, semua tuduhan malah merujuk kembali ke alibi masing-masing, semua bisa saja menjadi pelakunya, cukup satu kata untuk film yang katanya bakal diremake oleh Hollywood ini, pintar! Dialognya pun tidak terasa hambar, kadang ada beberapa lelucon yang disisipkan di beberapa scene, dan jangan lupa, film ini bukan untuk anda yang masih dibawah umur, adegan nudity dengan sangat gamblang ditampilkan di film yang berdurasi hampir dua jam ini.

Padahal film ini adalah film remake dari judul yang sama dan negara yang sama di tahun 2008, dan lucunya sutradara asli dari film Loft di tahun 2008, Erik van Looy, sempat menggantikan sutradara di remake yang satu ini dikarenakan Antoinette Beumer menderita cidera ketika syuting film ini berlangsung. Well, sekali masterpiece tetap masterpiece, entah apakah garapan dari Hollywood bisa membuat Loft ini tetap terlihat menarik walau diremake beberapa kali pun.

Konsep cerita yang bagus, gaya penuturan cerita yang mengalir dari awal hingga akhir, kekuatan akting para aktor-aktornya yang bisa dibilang sempurna memerankan tiap karakternya membuat film Loft ini adalah film yang wajib anda tonton jika anda suka dengan film-film bergenre misteri dan thriller serta sedikit nuansa “problem solving” layaknya film-film detektif dan jangan lupakan multi-twistnya yang bisa membuat anda terperangah.

Well, enjoy the movie, cuma satu pesan moral yang bisa ditangkap dari film ini, selingkuh itu memang indah tapi membawa petaka, he-he, enjoy the movie guys!

Rating: 4/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s