The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1 (2011/US)


Which installment this scene taken? All of it!

Oh my oh my, Bella (Kristen Stewart) dan Edward (Robert Pattinson) akhirnya kembali ke layar lebar dimana kali ini mereka benar-benar menikah! Sudah ada indikasi ke arah sana memang semenjak film Twilight booming beberapa tahun yang lalu, dan mau tak mau, suka tak suka, franchise cinta segitiga beda spesies ini makin laris dan makin diminati kaum hawa (kaum adam juga) saja. Lalu, tidak ada salahnya saya menonton film ini dong? Kenapa? Ah hanya saya dan tuhan saja yang tahu kenapa saya ingin menonton film ini.

Ternyata film Breaking Dawn bagian pertama ini disutradarai oleh Bill Condon, tidak seperti film-film sebelumnya yang gonta-ganti sutradara, maka nuansa lebaynya pun agak dikurangi di film yang bisa dibilang 80% isinya mengumbar kemesraan Bella dan Edward yang berujung pada perut bunting alias kehamilan Bella yang tidak usah menunggu waktu sembilan bulan. Kenapa? Karena anda harus tahu bahwa Bella mengandung bayi setengah vampir setengah manusia yang berpotensi bisa menjadi vampir hybrid yang kuat layaknya Blade yang kerap dipanggil daywalker.

Tapi saya yakin hal tersebut tidak akan terjadi, karena apa? Karena bayi tersebut berjenis kelamin perempuan, masa? Entahlah, setidaknya itu yang saya tangkap ketika Jacob (Taylor Lautner) merasakan ikatan batin yang entah datang dari mana ketika ia sedang menatap bayi Bella yang baru keluar dari rahim ibunya dengan cara operasi caesar konvensional ala Conan the Barbarian.

Maka karena ikatan tersebutlah, sistem “poliandri” secara halus bisa kita lihat di film ini. Jacob dan Edward sama-sama melindungi Bella dari serangan kerabat berbulu Jacob yang sebenarnya ingin memusnahkan bayi yang lebih haram dari anak babi tersebut. Overall, itulah cerita singkat bagaimana saga terakhir yang dibagi dua bagian ini berjalan, serasa dejavu memang, karena belum lama ini saya juga baru menonton film penyihir remaja yang filmnya harus rela dibagi dua bagian.

Mau tiga atau empat bagian lagi juga saya tidak peduli dengan film yang mengandalkan cerita romantis yang masih selevel dengan sinetron Cinta Fitri yang bermodalkan make-up tebal serta ketampanan dan kecantikan para artisnya. Toh, menonton Twilight seperti menonton sebuah cerita roman picisan yang mempunyai bonus, yaitu adegan romansa yang merangsang, apalagi di Breaking Dawn bagian kesatu ini. Lupakan perseteruan Jacob dan Edward, bayangkan saja mereka sedang melakukan three-some dengan Bella, dijamin anda akan betah duduk di bioskop menonton film ini walau anda sedang sms-an atau menelepon orang lain selama film ini diputar.

Nilai plusnya dari film yang diadaptasi dari novelis Stephenie Meyer ini adalah agak berkurangnya pamer otot Jacob dan kerabat serigalanya, dan adegan romantis yang lumayan merangsang dan seru untuk ditonton, sementara nilai minusnya seperti biasa, masih soal Bella yang entah Stephenie Meyer mendapat ilham dari mana sampai harus menciptakan karakter wanita yang sudah terlalu “annoying” di mata saya sebagai penonton yang sangat awam dengan novelnya.

Ya, mau suka atau tidak suka, anda masih harus menunggu satu tahun lagi untuk film ini benar-benar hilang peredarannya di layar lebar, karena di penghujung film ini nampak mengindikasikan bahwa bakal terjadi perseteruan seru antara keluarga Cullen dan keluarga vampir ningrat yang saya lupa namanya (pokoknya diperankan oleh Michael Sheen). Tapi, saya sarankan janganlah berharap terlalu banyak tentang perseteruan yang super ricuh nanti, karena bagaimanapun, tetap kisah romansa yang dikedepankan di film yang mendapat rating tidak lebih dari lima di IMDB.com ini. Well, nonton film yang lain yuk?!

Rating: 2.5/5

2 thoughts on “The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1 (2011/US)

  1. Pingback: The Fifth Estate (2014/US) | zerosumo

  2. Pingback: The Fifth Estate (2013/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s