Cowboys & Aliens (2011/US)


Oh no, Clint Eastwood! you gotta see this one!

Sebelum menyaksikan Daniel Craig beraksi di film remake terbaru David Fincher, The Girl with the Dragon Tattoo, tidak ada salahnya saya mencoba menonton film “ringan” Daniel Craig yang berduet dengan Harrison Ford dalam film terbaru Jon Favreau yang berjudul Cowboys & Aliens. Dari judulnya saja anda pasti tahu bahwa film ini akan menceritakan perseteruan para koboi dan alien, memang terdengar konyol dan menggelikan, tapi ternyata film ini memang tipikal film sci-fi yang menghibur, renyah dan mudah dicerna.

Ada Jake Lonergan (Daniel Craig), seorang bandit amnesia yang sulit untuk mengingat kenapa dirinya bisa terdampar di tengah gurun beserta sebuah gelang besi yang mencengkram tangannya, gelang besi yang aneh dan tampak futuristik. Kemudian Jake tiba di sebuah kota pertambangan kecil, bertemu dengan Percy (Paul Dano) seorang anak sombong yang berperilaku bak jagoan mengatasnamakan ayahnya, Dolarhyde (Harrison Ford), seorang mantan kolonel jaman perang indian yang (terlihat) kejam. Berkumpul di satu kota pertambangan kecil, tanpa diduga Jake dan seisi penduduk kota tersebut diserang benda terbang yang misterius, tapi pasti anda tahu, karena yang menyerang Jake dan penduduk kota tersebut adalah pesawat alien alias UFO.

Lucu juga memang melihat film yang menceritakan para koboi polos yang hidup biasa-biasa saja tiba-tiba harus menghadapi serangan alien yang entah datang darimana. Apalagi melihat sosok Harrison Ford yang terbiasa dengan imej Indiana Jones yang baik hati dan gemar berpetualang, di film ini ia mulai meninggalkan imej tersebut dengan menjadi seorang anti-hero (tapi tetap, seperti melihat Indiana Jones di waktu tua), bertolak belakang dengan Daniel Craig yang memang diplot sebagai tokoh utama di film ini.

Film yang ternyata diproduseri oleh Steven Spielberg ini memang tidak jauh-jauh dari tema kegemarannya. Dan Jon Favreau sebagai sutradara yang memang gemar dengan film yang mengandalkan spesial efek canggih tidak sungkan untuk menyutradarai film yang mengambil setting jaman koboi tahun 1873 ini. Tidak usah khawatir bagi anda yang mungkin sekarang bertanya-tanya, “terus siapa artis cantik di film ini?” Olivia Wilde menjawab rasa penasaran anda, ia berperan sebagai love interest dari karakter yang diperankan oleh Daniel Craig.

Ya, tidak banyak yang bisa saya katakan tentang film ini, sangat ringan, cheesy, penuh petualangan, spesial efek yang bagus, penampakan alien yang lumayan otentik (dengan film-film alien seperti biasanya) dan aksi yang tidak berlebihan dan juga tidak biasa-biasa saja. Dengan kata lain, Cowboys & Aliens adalah sebuah film yang lumayan menghibur diluar judulnya yang sangat standar tersebut.

Masih ada Sam Rockwell yang sedikit memberi “bumbu” humor menemani Paul Dano yang saya bilang aktingnya makin matang kian harinya, tapi sayang, perannya di film ini mendapat porsi yang sangat sedikit. Padahal karakter yang diperankan Harrison Ford sebenarnya walau tidak ada pun tidak akan berpengaruh besar pada film yang (sekali lagi) menunjukan keperkasaan Daniel Craig dalam menghancurkan musuh-musuhnya.

Pretty decent movie kalau kata orang, well, film ini memang cocok menjadi film teman makan siang atau makan malam anda, not bad but not very good too. Well, hope you can enjoy this alien’s flick movie guys!

Rating: 3/5

3 thoughts on “Cowboys & Aliens (2011/US)

  1. Film ini begitu kusam, dan aliennya pun semakin menambah kekusamannya, tapi seperti biasa, film-film yang diproduseri dan disutradarai oleh steven spielberg selalu menang di sound.

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s