Our Idiot Brother (2011/US)


Yes indeed, everyone need to be like Ned sometimes

Paul Rudd, nama ini selalu menjadi perhatian besar saya kalau saya ingin menonton sebuah film drama komedi yang cocok untuk mengisi waktu luang. Tanpa disengaja, Paul Rudd menjadi aktor favorit saya di film-film drama komedi yang terbilang tidak “wah” tapi mempunyai impact yang lumayan. Mungkin anda mulai pusing dengan ocehan saya, singkatnya, dimana ada Paul Rudd, pasti saya akan selalu menonton filmnya terlebih dahulu dari film-film blockbuster manapun, sama ketika saya bingung memilih, ingin menonton film The Debt yang dibintangi Sam Worthington terlebih dahulu atau Our Idiot Brother yang dibintangi Paul Rudd? Jawabannya anda pasti tahu kalau sudah mencerna kalimat pembuka saya sebelumnya.

Our Idiot Brother memang memasang nama Paul Rudd sebagai peran utama, dan tentu saja Our Idiot Brother itu merefer pada karakter yang diperankan Paul Rudd bernama Ned. Ned (Paul Rudd) adalah seorang pria dewasa yang masih terlalu polos, terlalu jujur dan terlalu santai dalam menjalani hidupnya. Setelah bebas dari penjara akibat perbuatan “baik hati-nya” menjual mariyuana ke seorang polisi, Ned memilih tinggal di tempat para saudara-saudara perempuannya sementara mencari tempat tinggal dan pekerjaan baru.

Kedatangan Ned tentu disambut baik oleh para saudaranya yang tidak usah diragukan lagi kecantikannya, Miranda (Elizabeth Banks) seorang wanita yang berpengaruh, Natalie (Zooey Deschanel) seorang lesbian entah biseksual dan Liz (Emily Mortimer) seorang ibu rumah tangga yang sudah tidak menarik lagi di hadapan suaminya Dylan (Steve Coogan). Tidak tunggu waktu lama, kedatangan Ned membuat perubahan yang sangat signifikan (baca: kekacauan) kepada kehidupan ketiga saudara perempuannya. Padahal semua perubahan tersebut terjadi karena kejujuran (berbeda tipis dengan ketololan) Ned yang terlalu frontal sehingga para saudaranya tidak mau melihat fakta bahwa semua kekacauan tersebut bukan disebabkan oleh Ned, melainkan oleh mereka sendiri.

Drama komedi yang seimbang, film ini disatu sisi membuat saya tersenyum hingga tertawa terbahak-bahak, tapi di satu sisi juga memberi pesan moral yang bisa dibilang lumayan “menyentil”. Ya, pesan itu tersampaikan dengan sangat baik oleh film yang disutradarai oleh Jesse Peretz yang terbilang masih “baru” di dunia film komedi drama selevel ini. Tidak bisa dipungkiri, kehadiran talenta lain seperti Zooey Deschanel dan Elizabeth Banks pun tidak terlalu menarik perhatian karena kehadiran karakter “super aneh” Ned yang diperankan seperti biasa dengan sempurna oleh Paul Rudd.

Film ini makin mengukuhkan bahwa konflik dalam satu keluarga bisa timbul dari mana saja, dan inilah yang membuat industri film Hollywood tidak ada matinya, selalu bisa mencari sesuatu yang original untuk diangkat ke sebuah film layar lebar, bukan cinta melulu, bukan pertikaian melulu, tapi sesuatu yang sebenarnya sederhana, seperti komunikasi kakak-adik dalam satu keluarga. Our Idiot Brother membuktikan hal tersebut, walau diluar sana banyak film yang berkonsep “one person is changing everyone lifes”, tapi percayalah saya tidak pernah bosan dengan konsep tersebut, karena unsur-unsur didalamnya selalu diulik, dikembangkan dan dibuat lebih berwarna.

Kalau kata orang yang sudah menonton film ini, semua orang harus bisa menjadi seperti Ned, saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut, kadang kala hidup hidup bakal terasa lebih nikmat jika kita biarkan mengalir begitu saja, entah itu dari perbuatan maupun dari ucapan. Well, untuk membuktikannya, anda harus menonton film yang satu ini, great ensemble cast, good story and really good show, don’t miss it guys!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s