Killer Elite (2011/US)


You’re the man!

Tidak bisa dipungkiri, kalau anda mencari actor laga Hollywood masa kini, saya hanya bisa menjawab, Jason Statham! Ya, ia adalah sosok actor laga yang menurut saya belum tergantikan di era millenium ini. Berangkat dari film-film indie yang notabene jarang sekali melibatkan adegan laga, justru Jason Statham menjelma menjadi figure paling berotot, paling kuat dan paling jago bertarung saat ini. Tidak ada salahnya juga saya menonton film terbarunya yang berjudul Killer Elite. Kerennya, film ini bukan hanya diisi oleh Jason Statham seorang, melainkan Clive Owen dan Robert De Niro, wow!

Tiga actor utama yang menurut saya sudah lebih dari cukup bagi Gary McKendry sebagai sutradara untuk menyajikan film action kelas menengah keatas yang menghibur dan mengasyikan. Ditambah dengan embel-embel “based on true story” didalamnya, membuat saya menjadi makin bernafsu untuk melihat pertarungan kedua figure action di Hollywood masa kini, Jason dan Owen, lalu dimana posisi De Niro?

Cerita diawali di tahun 80-an dengan keluarnya Danny (Jason Statham) dari grup pembunuh bayaran elit yang didalamnya berisi ketiga temannya sendiri yaitu Hunter (Robert De Niro), Davies (Dominic Purcell) dan Meier (Aden Young). Setahun berlalu, Danny dihadapkan dengan posisi yang pelik, dimana sahabat lamanya Hunter disandra oleh seorang sheikh di Oman yang menginginkan Danny untuk membunuh para pembunuh anak dari Sheikh tersebut. Pembunuh para anak Sheikh tersebut bukan pembunuh biasa, melainkan para special forces Inggris yaitu SAS yang terkenal sebagai pasukan paling brutal di muka bumi saat itu. Ditengah perburuan Danny menghabisi para mantan pasukan SAS, ternyata Danny diburu balik oleh Spike (Clive Owen), seorang mantan SAS yang ingin melindungi rekan-rekan SAS-nya, maka pertempuran dua kubu pun tidak dapat terelakan lagi.

Brutal, indah dan sangat Inggris sekali. Ya, tiga kata itu cukup untuk menggambarkan keseluruhan film action-mayhem yang memasang Jason Statham, Clive Owen dan Robert De Niro sebagai pemain utamanya. Sayang sekali kehadiran Robert De Niro tidak sebanyak porsi kemunculan Jason Statham dan Clive Owen, tapi hal tersebut dimaklum karena peran Hunter yang ia perankan memang merupakan figure mercenary paling “wise”, tapi untungnya, dengan peran yang minim, penampilan Robert De Niro bisa dibilang paling mematikan di film berdurasi kurang lebih dua jam ini.

Tentu saja karakter Clive Owen yang diplot sebagai “bad guy” di film ini benar-benar menarik untuk disimak, apalagi rivalnya adalah Jason Statham yang notabene keduanya berdarah British, aura di film ini pun jadi sangat berbeda dengan film action asal negeri paman sam kebanyakan. Murni pertarungan jarak dekat, kejar-kejaran ala Jason Bourne dan mendekati kebrutalan film action-konyol Crank. Para pemeran pembantunya pun tidak kalah menarik perhatian, dari Dominic Purcell hingga Aden Young memerankan bagiannya dengan sangat meyakinkan.

Bagi saya, Killer Elite merupakan film action yang paling menarik tahun ini, selain adegan aksinya yang tidak usah ditanya lagi kehebatannya, cerita fiksi campur fakta didalamnya menjadi daya tarik sendiri. Menarik kalau dilihat bahwa ternyata pasukan SAS punya kepentingan tersendiri terhadap minyak di timur tengah, dan menarik untuk disimak bahwa kelompok The Feather Man ternyata bukan kelompok fiksi melainkan benar-benar ada dan pernah eksis di tahun 80-an. Ya, film ini mengisahkan sudut pandang kelam peperangan dengan lebih seru dan lebih asyik. Jajaran cast-nya yang bisa dibilang hampir sempurna menjadikan Killer Elite film wajib tonton jika anda memang penggemar film action sejati, enjoy the killing!

Rating: 4/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s