Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011/US)


This one was a badass detective that i’ve ever watch

Berkat Guy Ritchie, Sherlock Holmes, karakter detektif legendaris ciptaan Arthur Conan Doyle menjelma menjadi sosok detektif yang tidak terlalu misterius, penuh aksi, penuh canda dan sedikit perilaku yang dapat dikatakan “setengah gila” karena kejeniusannya. Dua tahun yang lalu film Sherlock Holmes meledak di pasaran karena tanpa diduga-duga, Guy Ritchie, sutradara yang terkenal dengan film-filmnya yang bergaya “nyeleneh” tapi tetap artistik “mengobrak-abrik” karakter Sherlock Holmes menjadi lebih asyik untuk ditonton, dan tanpa karisma seorang Robert Downey Jr. saya yakin Sherlock Holmes tidak akan seseru sekarang ini.

Kembali dengan sequelnya yang berjudul Sherlock Holmes: A Game of Shadows, tidak tunggu lama, penonton langsung dikenalkan pada musuh abadi Sherlock Holmes (Robert Downey Jr.) yang namanya sudah tidak asing lagi, yaitu Professor James Moriarty (Jared Harris). Bersama dengan Watson (Jude Law) sang partner sejatinya, Sherlock Holmes kini berusaha untuk membongkar konspirasi yang didalangi oleh Professor Moriarty yang ternyata bertujuan untuk menciptakan “chaos” di muka bumi ini.

Kali ini Sherly, panggilan akrab Sherlock Holmes,  akan membawa kita ke kota Paris di tahun 1891, tepat dimana setelah dirinya merusak rencana bulan madu Watson yang baru saja menikah. Di film ini juga penonton akan diperkenalkan dengan sosok Mycroft Holmes (Stephen Fry), saudara Sherly yang tidak kalah (gila) jeniusnya. Tapi tentunya yang paling menarik dari seluruh isi film ini adalah “duel intelegensia” antara Sherly dan Moriarty yang disajikan dengan sangat apik oleh Guy Ritchie.

Lebih banyak aksi disajikan di film kedua ini daripada film pertama ini, tanpa mengurangi cita rasa aksi detektif yang sudah kental dengan karakter Sherly. Lebih hebatnya lagi Guy Ritchie menunjukan kepiawaiannya dalam meracik sebuah film aksi yang khas. Ciri khas kamera slow motion ala Guy Ritchie yang sudah terkenal semenjak film Lock, Stock and Two Smoking Barrels dihadirkan kembali di film sequel Sherly yang kedua ini dengan lebih artistik dan timing yang super tepat.

Plot ceritanya juga mengalami perubahan yang signifikan, duel Sherly dan Moriarty terasa lebih seru padahal dua karakter ini hanya bertatap muka dua kali saja sepanjang film ini berjalan. Guy Ritchie menjawab kritikan para penggemar Sherlock Holmes yang menginginkan “sisi detektif sejati” dari Sherly dikeluarkan, dan hal tersebut dijawab dengan mantap oleh sutradara kelahiran Inggris ini, duel Sherly dan Moriarty lewat papan catur membuktikan semua itu, apalagi ketika Sherly dijebak mentah-mentah oleh Moriarty di Paris, wow, stunning!

Jared Harris berhasil menghidupkan karakter Moriarty sebagai “arch enemy” dari Sherly yang seperti biasa diperankan dengan sangat apik oleh Robert Downey Jr. malahan saya berpikir bahwa makin kesini, penampilan si Iron Man ini makin matang saja dan imej Sherly bagi saya sudah tidak bisa dipisahkan dari sosok Robert Downey Jr. sama halnya dengan karakter Jack Sparrow yang diperankan Johnny Depp.

Jangan lupakan penampilan Paul Anderson sebagai kaki tangan Moriarty yang paling garang yaitu Colonel Sebastian Moran. Berkat dirinya, aksi di film Sherly yang kedua ini menjadi makin hidup dan makin menegangkan, apalagi duelnya dengan Watson yang sama-sama veteran perang, makin membuat film ini komplit, semua sisi hiburan muncul di film yang notabene adalah film yang seharusnya “mikir”. Sekali lagi thanks to Guy Ritchie, the maestro behind this detective movie-flick!

Film ini saya anggap sebagai film akhir tahun yang paling lengkap, cocok menjadi hiburan akhir tahun anda, dan dapat dikatakan selevel lebih seru dari film Tom Cruise yang teranyar yang pasti anda tahu apa judulnya, he-he. So, bagi anda pecinta Sherlock Holmes, film sequel yang sepertinya bakal ada sequel keduanya ini wajib anda tonton, dijamin puas, well, just enjoy the dynamite duo guys!

Rating: 3.5/5

7 thoughts on “Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s