The Big Year (2011/US)


So much for the birds

Saya tidak tahu ternyata ada yang namanya profesi pengamat burung di luar sana, dan lebih kagetnya lagi ternyata ada perlombaanya yang bernama The Big Year, lomba setahun penuh bagi para pengamat burung yang bisa dipanggil “birders” untuk mengamati (birding) burung terbanyak selama setahun penuh di Amerika Utara. Ah, orang Amerika memang aneh, tapi unik, dan brilian! Terbukti dari film yang judulnya diangkat dari nama perlombaan tersebut, The Big Year, yang baru saya tonton akhir-akhir ini.

Film ini menceritakan tiga orang yang bersaing untuk mendapatkan predikat The Big Year sebagai pengamat burung terbanyak di Amerika Utara. Mereka adalah Harris (Jack Black), newbie birder, kemudian ada Stu (Steve Martin), pengamat burung kawakan, dan Bostick (Owen Wilson), sang juara bertahan yang tahun sebelumnya berhasil mengamati 732 burung di Amerika!

Harris adalah newbie yang berambisi untuk memenangkan The Big Year dengan modal nekat, hidupnya yang masih pas-pasan apalagi dirinya masih tinggal dengan kedua orang tuanya harus mengambil resiko tinggi menjadi seorang pengamat setahun penuh sambil bekerja penuh dan meminjam biaya dari kedua orang tuanya. Stu sendiri adalah seorang CEO dari perusahaan besar miliknya, demi The Big Year dia rela meninggalkan kursi jabatannya, pensiun dini dan segera bersaing untuk mengamati burung. Sementara Bostick adalah seorang “dewa”, bagi dirinya, burung adalah segalanya, meskipun istrinya menginginkan dirinya untuk tidak mengikuti lomba itu lagi, tapi Bostick tetap “gila” dengan yang namanya burung.

Dilihat dari posternya, apalagi dengan hadirnya Jack Black, Owen Wilson dan Steve Martin dalam satu frame, saya pikir film ini akan menawarkan film murni komedi yang bisa membuat para penontonnya tertawa puas, tapi ternyata tidak, malah lebih baik dari itu. Film ini adalah film drama komedi ringan yang benar-benar luput dari pandangan tahun kemarin. The Big Year menyuguhkan cerita yang menyentuh dan menarik untuk diikuti dari awal hingga akhir.

Underrated mungkin istilah yang tepat untuk film ini, padahal isi dari film ini bagus, apalagi ketika pertengahan menuju akhir film, saya jadi paham apa maksud dari tagline “everyone is searching for something”. Mengamati burung selama setahun penuh bukan perkara mudah, banyak yang harus dikorbankan, pekerjaan, keluarga dan tanggung jawab. Maka film yang disutradarai oleh David Frankel ini menggambarkan dampak yang berbeda-beda dari The Big Year bagi tiga individu unik yang saling bersaing ini.

Semenjak penampilan ciamiknya di Midnight in Paris, Owen Wilson harus diakui sebagai seorang aktor yang memang menguasai yang namanya genre drama maupun komedi, penampilannya di The Big Year yang notabene menjadi “antagonis” ini justru memberikan tontonan yang menarik dan pelajaran yang berharga bagi saya pribadi, family comes first!

Sedangkan Jack Black yang biasanya berperan super konyol dan “over” gila, menjadi sosok paling humble di film ini dan menurut saya selaras dengan tema film ini. Berduet dengan Steve Martin sebagai tim birders yang ingin menyingkirkan Bostick dari tahta juara, chemistry antara keduanya mengalir apa adanya dan seru untuk ditonton sampai akhir.

Persaingan ketiga birder unik ini memberi banyak pelajaran berharga, ditampilkan dengan sangat baik, didukung dengan sinematografi luar biasa ala National Geographic. Berbagai spesies burung langka, unik dan pemandangan indah Amerika yang jarang disorot ditampilkan dengan sempurna disini. Menurut saya The Big Year adalah film drama yang sudah sangat “balanced”, semua unsur hiburan dan edukasi lengkap ada di film ini.

Berawal dari ketertarikan saya karena melihat poster film ini yang mengindikasikan kalau filmnya bakal super kocak, ternyata malah menghasilkan sebuah pengalaman seru menonton film drama yang diisi oleh jajaran aktor mapan yang memang ahli di bidangnya. Well, this one is a decent, enlighten and educational drama comedy movie, enjoy the stories, the birds, the birding and the great scenery in this movie!

Rating: 3/5

NB: Bagi anda penggemar serial The Big Bang Theory, Jim “Sheldon” Parsons menjadi figuran yang lumayan kocak di film ini, sayang porsi kemunculannya di film ini sangat-sangat sedikit, he-he.

2 thoughts on “The Big Year (2011/US)

  1. Saya seneng juga sama film ini, apalagi yang kerennya itu kirain saya setiap kita melihat burung, kita harus mendokumentasikannya (berupa video dan foto) sebagai bukti kita melihat burung tersebut. Dan kerennya mereka tetap jujur memasukkan burung yang mereka lihat pada list mereka setelah mereka melihat dengan mata kepala mereka sendiri (padahal tidak ada kewajiban buat mendokumentasikannya).

    Like

    • yup, film yang ceritanya lumayan orisinil, mengangkat perlombaan yg terbilang jarang diekspos, konyol sih tapi ternyata rame jg, ya kalo bicara jujur mungkin itu bedanya orang sana ma u know lah😛

      Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s