Moneyball (2011/US)


Money can’t buy “Happiness”?

Olahraga adalah bisnis yang selalu menggiurkan dari waktu ke waktu. Kita tahu bahwa sepak bola bisa dibilang menjadi olahraga paling “berduit” saat ini, tapi bagi orang Amerika, baseball tetap olahraga yang paling menghasilkan dan paling banyak memberi keuntungan bagi beberapa pihak. Let’s see this movie now, setelah menonton film terbaru yang dibintangi Brad Pitt berjudul Moneyball, saya bisa simpulkan uang bukan segalanya dalam industri olahraga, tapi pada akhirnya, uang tetap segalanya.

Moneyball mengenalkan kita pada sosok Billy Beane (Brad Pitt), seorang general manager (GM) dari tim baseball Oakland A’s yang baru-baru ini ditinggal tiga pemain andalannya karena faktor uang. Ya, Billy harus menghadapi kenyataan bahwa tinggal tunggu waktu sampai semua pemain berbakat di timnya dibeli oleh tim baseball lain yang lebih kaya raya, sementara timnya sendiri tidak mempunyai budget yang cukup untuk membeli pemain pengganti yang lebih bagus dan berprestasi.

Hingga pada akhirnya Billy bertemu dengan Peter Brand (Jonah Hill), seorang player analys dari tim lain. Lewat Peter, Billy belajar bahwa bukan hanya uang yang bisa membuat satu tim menjadi tidak terkalahkan, lewat Peter, Billy tahu bahwa statistik tidak pernah bohong. Tanpa tunggu waktu, Billy mengangkat Peter menjadi asistennya dan melakukan perubahan revolusioner di tim Oakland A’s.

Susunan pemain dirombak habis-habisan, dengan mengandalkan analisis Peter yang jeli melihat pemain dari statistik permainan mereka, bukan hanya dari skill saja, Oakland A’s berubah menjadi tim yang menjadi perhatian banyak orang, termasuk pelatihnya sendiri, Art Howie (Philip Seymour Hoffman), yang menganggap tindakan Billy merupakan tindakan radikal yang tidak pernah terjadi di sejarah baseball Amerika.

Film ini masuk enam nominasi Oscar, disutadarai oleh Bennett Miller, dan skripnya ditulis salah satunya oleh orang dibalik kejeniusan The Social Network, Aaron Sorkin. Ditambah Brad Pitt dan Jonah Hill sebagai dua pemeran utamanya, well, what you expected? This movie is truly Oscar material! Tidak usah bergalau ria melihat Brad Pitt di The Tree of Life, Moneyball menyuguhkan sebuah drama olahraga khas Amerika yang bisa dibilang menyentuh dan memberi banyak pelajaran berarti.

Moneyball dengan gamblangnya menceritakan kejadian yang diangkat dari kisah nyata seorang Billy Beane yang harus mengakui bahwa kemampuan analisis statistik pertandingan baseball ternyata berpengaruh penting. Peter Brand yang mempunyai keahlian sabermetrics (orang yang menganalisis pemain dari statistik pukulan, lari dsb) muncul sebagai malaikat penyelamat Billy.

Billy harus mengambil resiko tinggi dengan mengikuti saran Peter ketimbang para player scout-nya yang sudah malang melintang di dunia baseball. Uniknya tindakan radikal yang dilakukan Billy ini seperti membayar kesalahan masa lalunya yang diceritakan dengan flashback singkat di sepanjang film ini berjalan. Billy dulu adalah pemain baseball hebat yang mempunyai talenta tinggi dan para agen percaya kepada kemampuan Billy ketika melihatnya bermain, tapi ketika Billy harus menghadapi pertandingan baseball profesional pertamanya, Billy seperti kehilangan bakat, berubah menjadi pemain medioker yang tidak seistimewa dulu.

Entah benar entah tidak, tapi yang jelas, melihat kemampuan Peter untuk menganalisis para pemain lewat komputernya, Billy mempunyai keyakinan tinggi bahwa Oakland A’s, tim yang notabene hanya berbudget pas-pasan bisa menorehkan sejarah dengan 20 kali kemenangan beruntun di dunia baseball Amerika tahun 2000-an.

Kharisma Brad Pitt sudah tidak bisa dipertanyakan lagi, aktor yang sudah bisa dibilang senior ini membuktikan dirinya dengan berperan menjadi seorang GM yang bertangan dingin. Tidak pernah basa-basi, straight to the point dan ternyata memang betul kata orang, di film manapun yang didalamnya ada Brad Pitt, ia selalu hobi di syut ketika makan atau minum, he-he.

Beruntung Brad Pitt diduetkan dengan Jonah Hill, aktor muda yang kini sedang naik daun berkat peran-perannya di film komedi, nampaknya kali ini Jonah Hill membidik pasar yang lebih serius. Terbukti perannya sebagai “nerd-analys” di Moneyball ini mengantarkan dirinya masuk jajaran nominasi aktor pendukung terbaik di ajang Oscar tahun ini. Jangan lupakan penampilan Philip Seymour Hoffman sebagai pelatih Oakland A’s yang lumayan memberikan ketegangan “psy-war” dengan karakter yang diperankan Brad Pitt, membuat film ini makin menarik untuk diikuti.

Uang memang segalanya dalam industri olahraga, tapi Billy Beane bisa mematahkan mitos tersebut dengan sedikit usaha yang terbilang nekad dan radikal. Tapi diakhir, kita sebagai penonton serasa ditampar dengan kenyataan bahwa uang pun bisa membeli pengalaman Billy Beane yang berhasil membuat Oakland A’s menjadi tim yang tak terkalahkan berkat analisis statistik yang lumayan ampuh.

Well, Moneyball cukup memberikan sebuah tontonan drama olahraga yang menarik, bukan dilihat dari sisi para atlitnya, tapi dilihat dari sisi manajemennya yang ternyata lebih banyak menyimpan intrik dalam dunia olahraga. Tidak aneh film ini masuk nominasi Best Picture Oscar, kita lihat saja nanti, apakah Brad Pitt akan membuat home run di ajang Oscar nanti? Enjoy this movie guys!

Rating: 3.5/5

3 thoughts on “Moneyball (2011/US)

  1. Hal yang paling menarik menurut saya adalah bagaimana membangun tim dengan berisikan pemain yang rata-rata tidak punya nama, seperti melihat sosok Arsene Wenger yang mampu melihat potensi seorang pemain yang tidak dikenal.

    Like

    • yap betul, tapi pada akhirnya, mereka tetap butuh setidaknya satu pemain berpengalaman, kasarnya sih, metode yang dikembangkan si bill sebanrnya bagus, cuma harus dilengkapi aja dengan metode lama, biar makin solid timnya, we can’t rely on statistics right? some experience is needed after all🙂

      thanks berat dah mampir ke blog saya😀

      Like

  2. Pingback: Foxcatcher (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s