50/50 (2011/US)


Live long and prosper, it’s actually true!

Berangkat dari pengalaman hidup sang penulis naskah, maka lahirlah film drama komedi berjudul 50/50 yang lumayan “touching”. Alasan saya menonton film ini tentu saja karena melihat dua nama aktor yang sudah tidak asing lagi di dunia perfilman Hollywood. Mereka adalah Joseph Gordon-Levitt (JGL) dan Seth Rogen, duet mereka di film drama komedi yang mengisahkan sisi menyenangkan dari penyakit kanker ternyata lumayan ampuh juga menghibur saya kurang lebih 90 menit lamanya.

Kita akan dikenalkan dengan karakter Adam (JGL) yang tanpa diduga ia harus menghadapi kenyataan pahit, dimana dirinya terkena penyakit kanker langka di bagian punggungnya. Adam yang baru berusia 27 tahun berusaha tabah menghadapi kenyataan pahit yang didengarnya terlalu awal. Beruntung ada sahabat Adam, Kyle (Seth Rogen), yang terus mendukung Adam melewati masa-masa sulitnya, apalagi ketika itu Adam baru saja ditinggal pacarnya Rachael (Bryce Dallas Howard). Tapi tuhan maha adil, ketika Adam sedang berjuang menghadapi kankernya, Katherine (Anna Kendrick) muncul sebagai terapis kanker Adam. So, dari sini mungkin anda sudah tahu ceritanya akan dibawa kemana.

Klise memang, tapi seperti biasa, 50/50 menghadirkan cerita seorang penderita kanker yang dilihat dari sudut yang tidak terlalu depresif. Beruntung, dengan hadirnya Seth Rogen, makin menguatkan bumbu komedi yang menurut saya sangat pas porsinya, sehingga tidak merusak tatanan cerita Adam yang dirangkai dengan sangat rapih dari awal hingga akhir.

Performa JGL sudah tidak usah diragukan lagi, ia memang tidak pernah salah memilih film, baik itu film yang terlihat biasa-biasa saja sampai film spektakuler sekalipun. Semenjak penampilan apiknya di Hesher, saya makin suka dengan setiap karakter yang JGL perankan, selalu ada “nyawa” dari setiap karakter di film-filmnya. Maka, penampilannya sebagai seorang penderita-kanker-yang-mencoba-tegar-tapi-sadar-bahwa-yang-namanya-kanker-tetaplah-kanker cukup membuat film ini menjadi makin hidup.

Ditambah dengan sedikit cerita romantis hangatnya dengan Anna Kendrick, menurut saya chemistry keduanya terasa sangat pas, matching dan enak ditonton walau tidak pernah ada yang namanya ciuman (Hollywood cliché)  antara mereka sepanjang film ini berjalan, tapi saya bisa merasakan perasaan kasih sayang antara keduanya, what a perfect couple! Semenjak penampilannya yang mencuri hati para penonton di film Up in the Air, saya pikir Anna Kendrick bisa menjadi the next female big star di tanah Hollywood untuk kedepannya.

Tidak pernah disangka, film yang disutradarai Jonathan Levine ini lahir dari pengalaman hidup sang penulis naskah, Will Reiser (yang juga menjadi cameo di film ini) yang pernah berjuang menghadapi yang namanya penyakit kanker. Lebih kocaknya lagi, pada saat Will menderita kanker, Seth Rogen-lah orang yang mendukung dan membantu Will supaya bisa melalui masa-masa sulitnya. Maka tidak aneh, Seth Rogen tahu apa yang dilakukannya di film ini, menjadi seorang Kyle, yang kadang kocak, kadang annoying tapi ternyata penuh pengertian kepada sahabatnya sendiri.

Touching! Itu adalah kata yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan film ini, walaupun tidak sedikit tawa yang tercipta, tapi banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dari film drama komedi ringan ini. 50/50 bisa menjadi tontonan anda di waktu senggang, cocok bagi anda yang gemar menonton film drama komedi yang mempunyai cerita yang lumayan menarik dan tidak terlalu pasaran, apalagi cerita film ini diadaptasi dari kisah nyata sang penulis naskahnya sendiri. Saya jamin 50/50 bisa menghibur anda semua. Well, enough said, just enjoy the movie guys!

Rating: 3.5/5

3 thoughts on “50/50 (2011/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s