Underworld: Awakening (2012/US)


Hot chick in tight suit! I’m in!

Konsisten, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan film Underworld saga hingga detik ini. Sejak kemunculan pertama film Underworld tahun 2003 yang dibintangi Kate Beckinsale, Blade sang vampir daywalker mempunyai sahabat baru di dunia pemburu vampir brutal. Sama halnya seperti Blade, film Underworld menjadi sebuah franchise yang dijamin bisa memuaskan dahaga para penggemar film vampir kontra werewolf yang lebih brutal alias lycan! Setiap tiga tahun sekali, Underworld mengeluarkan sequel terbarunya, dan di tahun 2012, Selene kembali beraksi di Underworld: Awakening.

Dunia di Underworld: Awakening sudah berubah total, dimana kita akan menyaksikan prolog film ini yang menceritakan kejadian ketika keberadaan para vampir, werewolf, lycan dan makhluk-makhluk jadi-jadian lainnya sudah diketahui oleh manusia. Maka pemusnahan ras mereka mulai dilakukan, memburu semua vampir dan sebangsanya, termasuk Selene (Kate Beckinsale) dan kekasihnya yang merupakan spesies hybrid campuran vampir dan lycan.

Tidak terelakan, Selene tertangkap ketika tidak sadarkan diri. Tidak lama setelah itu Selene bangun dari tidur lamanya di sebuah laboratorium dimana dirinya disekap, ternyata Selene telah tertidur selama 12 tahun! Bangun dan kaget melihat keadaan sekelilingnya, Selene berusaha kabur dari pihak yang menyekapnya, yaitu Jacob (Stephen Rea), seorang doktor yang sedang melakukan percobaan dan anaknya Quint (Kris Holden-Ried) yang ternyata seorang lycan yang sudah meminum dopping sehingga lebih kuat dari lycan kebanyakan. Selene tidak sendiri, ia kabur bersama seorang gadis cilik bernama Eve (India Eisley) yang ternyata adalah darah dagingnya sendiri dan mempunyai kekuatan lebih besar dari kaum vampir dan lycan sekalipun.

Film ini dimulai dengan pertunjukan aksi yang brutal dan liar ala film Underworld terdahulu, dan lebih mengejutkan lagi, durasi film ini tidak lebih dari 90 menit tapi padat dengan aksi Selene menghajar para lycan yang ternyata selama 12 tahun bersembunyi untuk menghimpun kekuatan. Bersama Eve dan David (Theo James), seorang vampir muda yang membantunya, saya menikmati setiap pertempuran brutal di film ini, vampir dan lycan dan manusia. Underworld adalah obat yang tepat bagi anda yang masih merasakan sakit kepala melihat pernikahan Edward dan Bella di saga Twilight.

Kate Beckinsale dengan umur yang sudah tidak muda lagi masih tetap menyajikan aksi yang asyik, seru, brutal dan enak dilihat. Dibalik pakaian ketat serba hitam dan senjata-senjatanya yang tidak pernah kehabisan peluru (yang saya tidak terlalu peduli) film Underworld: Awakening ini menyajikan porsi action yang lebih banyak dan lebih seru (dan lebih brutal tentunya) dari ketiga film pendahulunya.

Musuh lama bersemi kembali, itulah yang sebenarnya ingin diungkapkan di film keempatnya ini. Kaum lycan tidak pernah musnah, mereka selamanya adalah musuh abadi dari kaum vampir, tapi kali ini Selene mempunyai Eve, darah dagingnya sendiri yang ternyata mempunyai kekuatan lebih mengerikan, seperti membelah dua kepala seorang lycan dengan kedua tangannya, ouch!

Performa Kate Beckinsale sebagai female vampir superhero tidak pernah ada matinya, inilah seharusnya gambaran paling tepat dari seorang vampir wanita, enerjik, lincah, brutal dan jauh dari drama cinta segitiga antara vampir dan werewolf. Untuk instalmen keempatnya, posisi Len Wiseman tetap menjadi seorang penulis naskah untuk film ini, sementara kursi sutradara jatuh kepada Måns Mårlind dan Björn Stein yang pernah menyutradarai film Shelter yang dibintangi Julianne Moore, tapi ciri khas film action ala Len Wiseman masih tetap terasa serunya.

Tidak banyak yang berubah dari film keempat Underworld ini, hanya saja lebih action-packed dan beralur lebih cepat, tidak neko-neko. Ya, menurut saya hal tersebut tidak ada salahnya, apalagi film ini juga dirilis dalam bentuk 3D, jadi bagi anda penggemar saga Underworld, film Underworld: Awakening ini tidak boleh dilewatkan sama sekali, karena saya yakin, film ini tidak akan berakhir di seri keempatnya saja, secara ending dari film ini dengan jelas mengatakan bahwa perang Selene bersama para kaum lycan baru saja dimulai! Well, enjoy the bloodfest!

Rating: 3/5

2 thoughts on “Underworld: Awakening (2012/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s