Tower Heist (2011/US)


The new Danny Ocean and Rusty Ryan!

Bayangkan film Ocean’s Eleven dengan tone yang lebih ringan dan jokes ala aktor kulit hitam, anda akan mendapatkan film Tower Heist sebagai jawabannya. Ya, Tower Heist adalah film terbaru dari dua aktor komedi Hollywood yang namanya sudah tidak asing lagi, yaitu Ben Stiller dan Eddie Murphy. Memang betul adanya, film yang disutradarai oleh Brett Ratner terinspirasi dari film perampokan elegan ala Ocean’s Eleven. Lalu apakah Tower Heist sama menariknya dengan trilogy ocean’s tersebut?

Tower Heist sendiri menceritakan tentang sebuah apartemen mahal di jantung kota New York yang bernama the tower. Manajer apartemen tersebut bernama Josh (Ben Stiller) yang sangat ramah dan kenal baik dengan para penghuni the tower, termasuk Arthur Shaw (Alan Alda), penghuni the tower yang tinggal di suit penthouse. Ternyata Arthur Shaw adalah seorang investor yang bekerja di wall street, sehingga Josh dan pegawai lainnya di the tower mempercayakan uangnya untuk diinvestasikan lewat Arthur.

Malang nasib Josh dan teman-temannya, Arthur Shaw ditangkap FBI yang dipimpin oleh agen Claire (Téa Leoni) karena tuduhan penipuan. Maka uang Josh dan teman-temannya raib tanpa kejelasan. Kesal dengan keadaan tersebut, Josh bersama teman-temannya, Charlie (Casey Affleck), Fitzhugh (Matthew Broderick), Enrique (Michael Peña), Odessa (Gabourey Sidibe) dan bantuan dari seorang kriminal (amatir) asli, Slide (Eddie Murphy), mereka berencana untuk merampok Arthur Shaw, dimana Josh yakin bahwa Arthur Shaw menyimpan uangnya secara rahasia di kamar penthousenya.

Merampok sebuah suit penthouse di sebuah apartemen memang terdengar orisinil, karena biasanya perampokan umumnya terjadi di bank dan tempat-tempat lain yang berpotensi menyimpan uang dalam jumlah banyak. Maka dengan sedikit taktik dadakan yang lumayan konyol, rencana Josh yang terbilang tidak masuk akal bakal terealisasi dengan bantuan teman-temannya yang hanya bertumpu pada skill amatir dari Slide, konyol memang, tapi lumayan kocak.

Duet Ben Stiller dan Eddie Murphy memang duet yang paling ditunggu-tunggu, entah sudah berapa lama saya tidak melihat Eddie bermain di film komedi seperti ini. Maka tanpa tunggu waktu saya langsung menonton Tower Heist ini. Film ini memang dirancang menjadi film crime comedy yang ringan, sehingga tidak usah memikirkan taktik dan rencana yang anda pikir bakal serumit film perampokan lainnya, just enjoy the story and go with the flow.

Selain Eddie Murphy, masih ada Michael Peña dan Casey Affleck yang ternyata lumayan memberi sedikit nuansa tawa konyol ketika menonton film ini. Humornya tidak terlalu berlebihan, tetapi timingnya sangat pas sehingga tidak merusak tatanan cerita film ini dari awal sampai akhir. Walau perlu diakui sebenarnya film ini tidak terlalu seseru trailernya yang saya lihat beberapa bulan yang lalu. Tapi at least lumayan memberikan sedikit tawa dan ketegangan yang so-so, apalagi adegan menggelantung di ketinggian entah berapa lantai di atas apartemen seperti mengingatkan saya pada aksi Ethan Hunt yang merayap dan bergelantungan di Burj Dubai Tower.

Overall, film ini sebenarnya tidak terlalu istimewa, just another decent crime comedy movie from Ben Stiller and Eddie Murphy. Meskipun ada Casey Affleck yang notabene adalah mantan bintang dari trilogy ocean’s, tidak membuat film ini menjadi sekelas Ocean’s Eleven, tapi setidaknya plot film ini tidak terlalu kacangan seperti film-film komedi lainnya. Hingga falsafah permainan catur saja dibahas di film ini, walau saya tidak paham sama sekali dengan filosofi tersebut, tapi tetap terdengar keren bukan, apalagi jika dikaitkan dengan metode perampokan.

Ya, Tower Heist cocok sebagai film untuk menemani makan malam kamu yang dingin, lelucon didalamnya lumayan pintar dan mengocok perut saya pribadi (untung tidak sampai muntah). So, tunggu apalagi? Butuh tontonan tentang tema perampokan yang diselingi bumbu komedi ringan ala Hollywood? Tower Heist bisa jadi pilihan kamu di malam yang dingin ini, enjoy!

Rating: 3/5

6 thoughts on “Tower Heist (2011/US)

    • kalo gak salah kan emang belom dilakukan penyitaan, cuma diperingatkan aja ntar bakal disita, tapi sebelum eksekusi udah dirampok duluan, trus disembunyiin, itu sih yg gw tangkep, tp ga usah aneh, wajar kok di film2 kaya gini😛

      Like

  1. kenapa film ben stiller ringan terus ya? tp keren kok, kalau dia maen ama adam sandler bisa di bayangin gak gimana? soalnya karakternya rada2 gila adem gitu

    Like

    • Hmm mungkin sekarang udah tua kali yah, jadi ben stiller gak begitu produktif kayak dulu lagi, wajar sih, dan sekarang dia rata rata memproduseri film, udah jarang juga terlibat langsung, hehe… ya senasib ma adam sandler, gak ada lagi filmnya yang bener bener bagus, rata rata komedi komedi standar sekarang mah🙂

      Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s