Contagion (2011/US)


So, this is the way the world ends?

Film ini adalah film yang melibatkan banyak aktor kenamaan Hollywood, disutradarai oleh Steven Soderbergh yang film terbarunya, Haywire, sudah bisa kita tonton di bioskop saat ini. So, sebelum menonton film action terbarunya di tahun ini, mari kita melihat ke tahun lalu, dimana film berjudul Contagion ini katanya sebuah film yang mengisahkan suatu epidemik global tentang virus yang menyerang umat manusia.

Film dibuka dengan adegan seorang wanita bernama Beth (Gwyneth Paltrow) yang seperti sedang menderita sakit flu, dan adegan tersebut ditandai dengan bacaan merah jelas, “Day 2”. Tak lama setelah itu, keesokan harinya, “Day 3” dan seterusnya, Beth pulang menemui suaminya, Mitch (Matt Damon), tiba-tiba saja Beth kejang dan pingsan, hingga akhirnya meninggal di rumah sakit. Peristiwa yang menimpa Beth adalah pemicu dari mewabahnya virus asing yang tiba-tiba menyerang siapapun tanpa pandang bulu, hanya beberapa orang yang kebal terhadap virus tersebut, salah satunya adalah Mitch yang merupakan suami Beth.

Setelah kejadian itu, kita akan dikenalkan dengan beberapa karakter lain, diantaranya Cheever (Laurence Fishburne), seorang dokter yang bertanggung jawab di CDC Amerika, kemudian ada Alan (Jude Law), seorang blogger Inggris yang menganggap serangan virus ini semata-mata upaya pemerintah untuk memeras rakyat agar vaksin buatan pemerintah laris. Lalu ada Leonora (Marion Cotillard), seorang dokter dari WHO yang menyelidiki keberadaan virus ini sampai ke akar-akarnya di Hongkong dan dokter Mears (Kate Winslet) yang bertugas kurang lebih sama dengan Leonora, yaitu menyelidiki asal usul virus ini lewat para pasien penderita.

Ya, film ini menceritakan berbagai usaha para karakter utamanya dalam menghadapi serangan virus yang menyebar cepat dan bisa membunuh manusia. Tidak kurang dari setahun, virus ini menyerang penduduk bumi dengan jumlah korban yang sudah mencapai jutaan, lalu berhasilkah mereka menemukan vaksin untuk melawan virus yang mengerikan ini?

Hampir semua karakter utama film ini pernah masuk nominasi Oscar untuk kategori yang beragam. Untuk sebuah drama thriller, film ini cukup menegangkan, apalagi ketika menginjak tengah-tengah film ini berjalan, tapi sayang, seperti layaknya masalah klise film lain yang menggunakan ensemble cast, pengembangan karakter yang ada di film ini tidak begitu signifikan, mungkin hanya karakter Mitch yang diperankan Matt Damon dan Jude Law saja yang lumayan mendapat sorotan. Apalagi Marion Cotillard dan Gwyneth Paltrow yang kalau dihitung mungkin tidak lebih dari lima menit total mereka muncul di film ini.

Oleh karena itu, saya pikir hanya itulah yang menjadi daya tarik dan daya jual dari film ini, bertabur aktor tenar Hollywood, padahal untuk soal cerita, tidak ada yang terlalu istimewa di mata saya, hanya saja Steven Soderbergh lumayan rapih mengemas film ini menjadi suatu drama thriller yang lumayan tidak membosankan untuk ditonton, apalagi didukung scoring musik dari Cliff Martinez yang belakangan ini memukau saya lewat scoring musiknya di film Drive, overall perpaduan mereka lumayan membuat film ini menegangkan dan masih layak ditonton.

Konklusi dari film ini pun terbilang terlalu mudah menurut saya, hanya itu saja yang harus dilakukan untuk melawan virus mengerikan yang asal usulnya tidak diketahui? Tidak aneh banyak yang bilang film ini mempunyai ending yang datar, tidak klimaks sama sekali. Well, tidak ada yang harus dibicarakan lagi dari film ini. Mungkin anda harus menontonnya langsung untuk membuktikan apakah film ini bagus, lumayan bagus, sedang-sedang saja atau bahkan buruk. Bagi saya, Contagion adalah film drama thriller yang so-so, tidak terlalu bagus dan tidak jelek juga. Lagipula, bicara soal asal usul virus yang mematikan di film ini, jangan khawatir, nanti anda bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di “Day 1”. So, enjoy the movie guys!

Rating: 3/5

2 thoughts on “Contagion (2011/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s