Submarine (2010/UK)


Lovefool

Sebelum Paddy Considine menggebrak dengan film dramanya yang menyayat hati, sudah ada Richard Ayoade yang menggebrak dengan film panjang debutannya yang berjudul Submarine. Bagi yang belum tahu, Richard Ayoade adalah seorang aktor yang sudah malang melintang di dunia perfilman negeri sang Ratu Elizabeth. Terkenal dengan film serialnya yang bisa dibilang film serial komedi terbaik yang pernah saya tonton, yaitu The IT Crowd (berperan menjadi Moss, seorang ahli IT yang mempunyai perangai sangat konyol) Richard Ayoade ternyata bisa juga menulis dan menyutradarai film drama remaja yang bernuansa “gelap” dan vintage tanpa menghilangkan unsur humor didalamnya.

Kita akan dikenalkan dengan seorang remaja 15 tahun bernama Oliver Tate (Craig Roberts) yang selalu membayangkan sesuatu terlalu ekstrim di otaknya. Oliver jatuh cinta pada teman sekolahnya sendiri yaitu Jordana (Yasmin Paige), dan seperti remaja kebanyakan, saat itu Oliver sedang dalam masa puber dan bertekad untuk melepas keperawanannya bersama Jordana. Tapi, disaat yang bersamaan, Oliver khawatir dengan kedua orang tuanya, apalagi ternyata mantan kekasih ibunya yang lumayan aneh bernama Graham (Paddy Considine) baru saja menjadi tetangga barunya. Oliver mencium bau-bau perselingkuhan, dan berusaha untuk menyelamatkan hubungan kedua orang tuanya dan hubungan dirinya sendiri bersama Jordana yang terbilang unik.

Bukan Richard Ayoade namanya kalau tidak bisa membuat film ini menjadi lebih menarik untuk ditonton. Gaya penuturan ceritanya yang menggunakan Oliver sebagai narator dan kesan vintage ala instagram di beberapa scenenya membuat film ini makin enak untuk ditonton. Apalagi dialog-dialog yang mengalir sepanjang film ini sangat cerdas dan sangat khas Richard Ayoade sekali, dimana kalimat-kalimat yang dipilih untuk mengisi percakapan yang terjadi antara Oliver dengan semua karakter di film ini benar-benar menggambarkan keadaan Oliver sebagai seorang remaja labil yang penuh imajinasi.

Belum lagi film ini dibagi menjadi beberapa chapter, dari mulai prologue, part one, part two, part three hingga epilogue, sangat Quentin Tarantino sekali bukan? Tapi tanpa menghilangkan kesan kocaknya sama sekali. Jangan lupa scoring musiknya yang didukung penuh oleh Alex Turner yang tidak lain adalah frontman dari band indie rock Inggris, Arctic Monkeys, Submarine adalah film drama remaja yang tidak bisa anda temukan di film-film drama sejenis manapun, even Hollywood made.

Craig Roberts berhasil memerankan sosok seorang Oliver Tate layaknya remaja-remaja yang baru saja mengalami masa puber, berkelakuan aneh, sulit ditebak dan mempunyai daya imajinasi yang bisa dibilang konyol. Sama halnya dengan Yasmin Paige yang bisa memberikan penampilan yang berbanding terbalik dengan karakter yang diperankan Oliver, membuat film ini makin berwarna dengan perilaku para karakter didalamnya. Jangan lupakan Paddy Considine, karena diapun ambil bagian di film debutan Richard Ayoade ini, dengan menjadi seorang “asshole” berambut mullet yang super konyol dan aneh.

So, kudos for Richard Ayoade! Dibalik penampilannya yang sudah terlalu lekat dengan imej Moss yang super konyol, saya pikir film debutannya merupakan film yang layak ditonton jika kamu penggemar film-film drama keluaran Inggris. Masih jauh memang dengan Tyrannosaur milik Paddy Considine, tapi kekuatan cerita dari Submarine dalam mengisahkan lika liku remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan benar-benar disajikan dengan cara yang berbeda dan unik oleh Richard Ayoade. Well, enjoy this quirky-teenagers drama movie from Moss guys!

Rating: 3/5

2 thoughts on “Submarine (2010/UK)

  1. Pingback: Punch (2011/South Korea) | zerosumo

  2. Pingback: Neighbors (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s