Beginners (2010/US)


Should i give up dad?

Beginners, itu adalah judul film yang baru saya tonton dan baru saya sadari bahwa salah satu pemerannya mendapatkan piala Oscar baru saja kemarin. Lucunya lagi, film ini sudah lama berada di dalam harddisk saya, untungnya ada Oscar yang memenangkan Christopher Plummer sehingga saya sadar dan akhirnya menonton film drama yang katanya diangkat dari kehidupan nyata sang sutradara sekaligus penulis film ini, Mike Mills.

Film ini menceritakan seorang pria berumur 38 tahun bernama Oliver (Ewan McGregor) yang baru saja ditinggal mati oleh ayahnya Hal (Christopher Plummer) yang tidak lama sebelum ajal menjemputnya, Hal mengungkapkan pada Oliver bahwa dirinya gay. Ya, Hal yang sudah berumur 75 tahun dan baru kali ini mengungkapkan bahwa dirinya Gay secara tidak langsung mempengaruhi kehidupan Oliver jauh kedepan setelah kematian Hal, dimana Oliver bertemu dengan seorang wanita menarik bernama Anna (Mélanie Laurent) yang membuat Oliver kembali merasakan yang namanya jatuh cinta lagi sama halnya seperti Hal yang baru pertama kali merasakan yang namanya jatuh cinta pada sesama jenis.

Terdengar ekstrim tapi Beginners menyuguhkan drama yang hangat dan sarat dengan pesan moral yang secara tidak langsung tersirat di judul film ini, Beginners. Baik Hal maupun Oliver, mereka adalah seorang “pemula” yang baru merasakan jatuh cinta lagi kepada seseorang yang disayanginya, walau cerita mereka dipisahkan oleh usia dan pengalaman, tapi yang namanya cinta, dari kalangan tua hingga muda memang sulit dimengerti dan itulah indahnya misteri cinta.

Sama seperti film 50/50 yang diadaptasi dari kisah nyata penulisnya sendiri, Beginners adalah cerita yang ternyata berdasarkan kehidupan nyata Mike Mills yang menyadari bahwa ayahnya seorang gay. Oleh karena itu, film ini seperti menceritakan sebuah kejadian yang memang bisa terjadi di sekitar kita. Gay memang sesuatu yang terbilang ekstrim hingga sekarang, bahkan di negeri paman sam, walau gay sudah diakui, tapi hal tersebut selalu mendapatkan perhatian. Maka keberadaan film ini seperti ingin melerai pro dan kontra tersebut secara halus, cinta memang buta, tidak pandang bulu dan tidak pandang jenis, so just go with it, no matter what.

Tidak aneh Christopher Plummer yang sudah berusia diatas 80 diganjar piala Oscar untuk kategori pemeran pendukung pria terbaik di film Beginners. Penampilannya sebagai seorang kakek gay yang bahagia seperti baru menemukan jati diri dan cinta sejatinya memang diperankan dengan sangat meyakinkan dan menyentuh oleh Christopher Plummer. Apalagi disandingkan dengan Ewan McGregor dan aktris pemanis film drama cinta unik ini, Mélanie Laurent, Beginners menjadi sebuah tontonan drama ringan yang bisa membunuh waktu senggang anda.

Konsep film ini pun sangat sederhana, kesan “indie” dari Mike Mills benar-benar terasa di film ini. Didukung dengan penyampaian ceritanya yang terbilang unik dengan menceritakan kehidupan dari sudut pandang Oliver yang membandingkan kehidupannya sekarang dan masa lalunya didukung oleh gambar-gambar lucu buatannya dan slide show foto-foto yang menarik, Beginners membuat saya tidak ingin mengalihkan pandangan dari layar monitor.

Well, tunggu apalagi? Jika anda butuh tontonan drama ringan yang mempunyai cerita sedikit unik (apalagi diangkat dari kisah nyata) Beginners cocok untuk jadi tontonan anda berikutnya. No matter what, when love is involved, we’re all beginners. Enjoy guys!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s