The Descendants (2011/US)


So much win for Clooney!

Drama movie time! The Descendants adalah film pilihan saya untuk malam ini, melihat track record dari film yang disutradarai oleh Alexander Payne ini telah menggondol piala Oscar tahun ini untuk nominasi Best Adapted Screenplay, maka tidak ada salahnya saya mencoba untuk menonton drama keluarga ringan dimana George Clooney bermain, jauh dari semua intrik dunia politik yang busuk dalam film The Ides of March.

Matt (George Clooney) adalah seorang pemilik sebagian besar tanah di Hawai (baca: orang kaya) yang harus menerima kenyataan pahit, bahwa istrinya, Elizabeth (Patricia Hastie), sedang terbaring di rumah sakit dalam keadaan koma karena kecelakaan ketika sedang bermain speed boat. Matt yang selama ini tidak akur dengan keluarga mau tak mau harus tabah menghadapi kenyataan yang menimpa dirinya, belum lagi Matt harus kembali memperbaiki hubungan dengan kedua anaknya, Alexandra (Shailene Woodley) dan Scottie (Amara Miller) yang benar-benar jauh dari perhatian Matt.

Belum selesai penderitaan Matt, Alexandra memberi kabar yang jauh dari kabar baik, bahwa sebenarnya sang ibu telah selingkuh jauh sebelum kecelakaan terjadi. Mendengar kabar tersebut Matt makin galau dan makin bingung apa yang harus dilakukannya nanti, ditengah keadaan yang memburuk dan makin runyam, Matt mencoba bangkit dan memperbaiki hubungan dengan kedua anaknya sekaligus menyusun kembali rumah tangganya sebagai seorang single parent demi kehidupan yang lebih baik pasca ditinggal sang istri.

Film yang mengambil tempat syuting di Hawai ini menyuguhkan sebuah drama keluarga yang sangat hangat, jenaka tapi mengharu-biru. Ceritanya sebenarnya tidak terlalu spesial tapi penggarapannya sangat spesial sehingga membuat film yang berdurasi hampir 120 menit ini jadi enak untuk ditonton. Penampilan George Clooney sebagai seorang Matt King hampir mirip dengan penampilannya di film Up in the Air yang telah mengantarkannya memenangkan piala Oscar di kategori Best Actor.

George Clooney dengan sangat sempurna memerankan karakter seorang ayah dan suami dalam posisi yang sulit sekaligus menyedihkan, dimana istrinya selingkuh dan kedua anaknya susah diatur. Tipikal Clooney kalau boleh saya bilang, seperti yang telah dia lakukan di film-film sebelumnya, complicated character, hampir tidak ada bedanya (kecuali di Ocean’s Eleven). Jadi tidak aneh kalau George Clooney selalu menjadi aktor langganan Oscar.

Tapi jangan lupakan penampilan apik yang diperankan oleh Shailene Woodley dan Amara Miller sebagai Alexandra dan Scottie, kedua aktris belia ini berhasil menciptakan chemistry ayah-anak yang enak untuk ditonton, tidak terlalu berat bahkan bisa dikatakan chemistry ketiga karakter utama di film ini menampilkan sesuatu yang bertolak belakang dari yang namanya kesedihan yang sebenarnya menjadi tema utama film ini. Tidak lupa juga untuk berterima kasih kepada Nick Krause yang memerankan sahabat Alexandra bernama Sid, karakter yang diperankannya bagaikan pencair suasana sedih dan depresif yang sering ditampilkan Clooney. Maka tidak salah, film ini mempunyai semuanya, drama, cinta hingga sedikit humor.

Oscar worthy? Walau tidak menggondol banyak penghargaan di ajang Oscar kemarin, saya pikir The Descendants sudah menghadirkan sebuah film drama menyentuh yang setiap tahun selalu dimunculkan Hollywood untuk bersaing di ajang bergengsi sekelas Oscar, dan untungnya, filmnya pun bagus, apalagi ada Clooney didalamnya, bisa saya katakan, sekarang ini jika ada film yang dibintangi George Clooney, film tersebut sudah terjamin kualitasnya. Well, buktikan sendiri guys, enjoy the movie!

Rating: 4/5

One thought on “The Descendants (2011/US)

  1. Pingback: Nebraska (2013/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s