Carnage (2011/France)


The problem is still there, is it?

Sampai sekarang The Ghost Writer karya Roman Polanski masih membuat saya terpukau, karena jarang sekali saya menonton sebuah film yang bertempo lambat, suram tapi tidak membosankan, sangat jarang. Kerinduan saya di tahun 2010 terbalas dengan film terbaru dari sutradara yang tidak pernah menginjakan kaki di Amerika lagi semenjak tahun 1978 yang berjudul Carnage. Film yang diadaptasi dari sandiwara panggung karya Yasmina Reza berjudul Le Dieu du carnage ini berhasil membuat saya terpaku kagum di depan layar monitor. Ya, Roman Polanski kembali menunjukan keahliannya sebagai seorang sutradara dan penulis handal, film Carnage ini adalah bukti nyatanya.

Film yang berdurasi sekitar 75 menit ini menceritakan pertemuan dua keluarga yang terdiri dari keluarga Cowans, yaitu Alan (Christoph Waltz) dan Nancy (Kate Winslet), dan keluarga Longstreets, yaitu Michael (John C. Reilly) dan Penelope (Jodie Foster). Maksud mereka bertatap muka adalah untuk merundingkan jalan keluar setelah insiden yang menimpa anak mereka. Dimana anak dari keluarga Cowans, Zachary (Elvis Polanski), memukul jatuh anak keluarga Longstreets, Ethan (Eliot Berger), hingga kedua giginya harus diganti dengan gigi palsu. Yang menarik adalah, bukan masalah kedua anak remaja ini yang disorot, tapi perundingan dua keluarga yang diawali dengan toleransi dan pengertian sampai berubah menjadi sebuah pertarungan adu mulut sengit yang seru. ya, this movie was fuckin brilliant!

Tidak ada yang bisa memukau saya dari film yang hanya menggunakan empat orang karakter di dalam satu setting tempat selama satu jam lebih kecuali kekuatan cerita dan akting para karakternya sehingga bisa menyajikan film yang seru untuk ditonton. Jika anda ingat dengan 12 Angry Men yang melegenda, maka Carnage tidak boleh anda lewatkan. Roman Polanski berhasil menterjemahkan susunan cerita yang biasanya hanya menarik untuk ditonton di atas panggung menjadi sebuah cerita modern dibalik lensa kamera tanpa spesial efek dan scoring yang berlebihan.

Diperankan empat aktor luar biasa pas, dari mulai Christoph Waltz, Jodie Foster, Kate Winslet hingga John C. Reilly, Carnage menyajikan sebuah drama satir dan sarat dengan nuansa “dark” comedy yang sebenarnya telah berhasil membuat saya tertawa gila menyaksikan adu argumen sengit yang tidak ada ujungnya antara keluarga Cowans dan Longstreets. Kepuasan saya menonton Carnage sama halnya seperti kepuasan saya ketika selesai menonton 12 Angry Men, hanya beda nuansa saja, dimana dalam 12 Angry Men, perdebatan terjadi untuk mencari solusi, tapi di Carnage, perdebatan terjadi hanya untuk membuka masalah baru, hillarious!

Well, enough said, saya rasa anda harus membuktikan sendiri dengan menonton film ini. Karena saya jamin, walau film ini hanya memperlihatkan empat orang dewasa beradu argumen di dalam satu lokasi yang itu-itu saja, film ini memberikan kepuasan maksimal kepada para penontonnya. Ceritanya solid, dialognya tertata rapih dan mudah untuk dipahami dan pengembangan karakternya yang super menakjubkan, kita tidak bisa menilai keluarga siapa yang paling buruk hanya dari penampilan mereka di 15 menit pertama film ini dimulai, anda harus menyaksikannya sendiri! FYI, sang sutradara muncul sebagai cameo di film ini, dimana? Anda harus mencari tahu sendiri tentunya, he-he. Carnage is a must-see movie!

Rating: 4/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s