The Debt (2010/US)


I'll fuck you up! (literally)

Sudah lama saya ingin menonton film yang berjudul The Debt ini, akhirnya baru kesampaian tadi malam, but hey! It’s worth to wait! Tanpa diduga, The Debt berhasil menghibur saya, film tentang tiga agen Mossad ini layaknya seperti film Tinker Tailor Soldier Spy ditambah action. Apalagi didukung oleh jajaran bintang yang luar biasa mantap, dari mulai Helen Mirren, Tom Wilkinson, Jessica Chastain hingga Sam Worthington, saya rasa film ini termasuk film yang “under-rated”, padahal ceritanya bagus, believe me!

Tiga orang agen Israel bernama Rachel (Jessica Chastain), Stephan (Marton Csokas) dan David (Sam Worthington) diutus ke Jerman pada tahun 60-an untuk menciduk seorang mantan dokter gila penjahat perang dunia II yang dijuluki “surgeon of birkenau” bernama Dieter Vogel (Jesper Christensen), apakah misi mereka berhasil? Lebih dari 30 tahun, tiba-tiba kita dibawa ke tahun 1997 dimana Stephan (Tom Wilkinson) datang dan memberi tahu Rachel (Helen Mirren) bahwa David (Ciarán Hinds) bunuh diri, mendengar hal tersebut Rachel gusar dan histeris, ternyata kematian David menimbulkan pertanyaan yang jawabannya sudah terkubur selama 30 tahun lamanya semenjak misi terakhir mereka di Jerman.

Menegangkan! Film ini dimulai dengan tempo yang sangat lambat dan plotnya yang sangat bias, anda pasti akan bingung apa yang sebenarnya diceritakan di 15 menit film ini pertama dimulai, hingga akhirnya kita akan dibawa flashback kepada kejadian dimana Rachel, Stephan dan David melakukan misi terakhir mereka di Jerman. Aksi seorang agen tahun 60-an, tanpa menggunakan peralatan canggih, dibantu dengan taktik sederhana dan mematikan, well, saya tidak salah bilang kalau film ini memang seperti film Tinker Tailor Soldier Spy versi action minus plot cerita yang berat, he-he.

John Madden sebagai sutradara berhasil menyatukan “ritme” para bintang utamanya di film ini, dimana yang memerankan ketiga karakter utama di saat muda dan tua sama bagusnya dan sama berpengaruhnya kepada keseluruhan jalan cerita film ini. Apalagi Helen Mirren, yang bisa dikatakan pemeran utama film ini, aksinya tetap mematikan walau sudah dimakan umur, sementara para aktor muda seperti Sam Worthington dan Jessica Chastain berperan sama hebatnya seperti para aktor seniornya. Jangan lupakan juga sedikit drama percintaan yang menjadi pencair suasana kelam film agen rahasia ini, karena hal tersebut juga yang menjadi bagian dari awal mula permasalahan ketiga agen tersebut.

Saya tidak akan bilang film ini bagus sekali, tapi saya juga tidak akan bilang film ini jelek, toh The Debt tetap memberikan tontonan yang seru dan menghibur, apalagi dengan dipertahankannya keotentikan latar belakang cerita film ini terjadi, ketika di Jerman dan Ukraina, para karakternya berbicara sesuai bahasa asli, tidak selalu bahasa Inggris.

Rahasia serapat mungkin disimpan pasti akan terbongkar juga pada akhirnya, apalagi yang namanya hutang, sampai mati pun jika belum dibayar, hutang tetap hutang. Kematian David membuat Rachel sadar bahwa hukum karma itu tetap ada, pesan moral yang sederhana tapi susah diaplikasikan. So, tonton saja film agen rahasia Israel ini, saya jamin menghibur dan lumayan menegangkan, worth to watch, just enjoy the movie guys!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s