The Hunger Games (2012/US)


Lovebird in the wrong place

Okay, The Hunger Games menjadi film yang paling banyak mendapat kritikan positif dari review yang telah saya lihat dimana-mana, padahal saya sendiri belum tahu film The Hunger Games ini menceritakan tentang apa, yang saya tahu adalah, The Hunger Games adalah Battle Royale versi yang lebih “merakyat”. Diangkat dari novel karangan Suzanne Collins yang rencananya dibuat menjadi trilogi, The Hunger Games telah menipu saya, bukan berarti film ini jelek, tapi jauh dari bayangan saya ketika pujian deras menghampiri film yang disutradarai oleh Gary Ross ini.

The Hunger Games bersetting jauh di masa depan, ketika ada capitol (semacam ibukota) memilih para pemuda-pemudi berusia 11-18 tahun yang diambil secara acak dari 12 distrik “jajahan” mereka yang dinamakan tribute alias tumbal untuk berpartisipasi dalam permainan The Hunger Games. Permainannya sederhana, setiap distrik diwakili dua pemuda-pemudi harus bertarung sampai mati dengan kontestan dari 11 distrik lainnya, dan pemenangnya hanya ada satu.

Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) adalah gadis yang tidak beruntung karena dirinya rela menggantikan adiknya untuk menjadi seorang tribute, bersama rekan satu distriknya Peeta Mellark (Josh Hutcherson), dan arahan dari mentornya, Haymitch (Woody Harrelson), Katniss dan Peeta harus bertahan hidup di permainan maut The Hunger Games, apalagi banyak kontestan dari distrik lain yang memang mendedikasikan hidupnya untuk permainan ini, beda halnya dengan Katniss dan Peeta yang dipilih secara acak. Akankah salah satu dari mereka keluar menjadi pemenang?

Saya tidak bilang film ini jelek, tapi kenapa dari review-review singkat yang saya baca, semua memuji film ini yang katanya keren, hebat, heroik dan pujian lainnya yang intinya mengatakan film ini hampir sempurna. Tapi ketika saya menonton film yang dibintangi pemeran Mystique muda di X-Men: First Class ini, saya seperti menonton film survival ala Battle Royale yang lebih mudah dicerna oleh penonton awam yang tidak tahan melihat kebrutalan film Battle Royale yang asli. Ya, tidak ada yang begitu spesial dari film ini kecuali spesial efek dan editing serta pengambilan gambarnya yang memakai konsep shaky-cam ala film-film aksi pada umumnya.

Jalan ceritanya sendiri terbilang biasa saja, tidak terlalu greget, apalagi ada sedikit nuansa romansa muda-mudi yang dihadirkan dua pemeran utama film ini, malah makin terlihat seperti film untuk para remaja, bukan film yang serius digarap untuk penonton yang lebih dewasa. Tapi untungnya Jennifer Lawrence yang menjadi karakter utama disini menampilkan kemampuan terbaiknya untuk memerankan seorang gadis pejuang yang tidak takut untuk mati, from zero to hero? It’s too obvious right?

Selain hal teknis yang unggul dan gambar yang memanjakan mata, tidak ada lagi yang spesial dari film yang rencananya akan dibuat sequelnya jika film pertama ini sukses. Pengembangan ceritanya seperti tersendat-sendat, ditambah dengan alur yang lambat dari pertama film ini dimulai, saya jamin anda yang berekspektasi lebih akan film ini seperti saya akan bertanya-tanya sesudahnya, what’s so special about this movie guys?

Akhir kata, buktikan sendiri saja dengan menonton film ini, apakah film ini memang untuk anda atau bukan? Karena menurut saya pribadi, saya seperti menonton petualangan empat bersaudara di negeri Narnia, ceritanya ringan, seru, menegangkan tapi mudah juga dilupakan. Buktikan saja sendiri, enjoy the hunt!

Rating: 2.75/5

6 thoughts on “The Hunger Games (2012/US)

  1. Menurut saya sih dari segi cerita sudah OK, tapi film ini tidak terlalu mengeksplor ketika perang itu terjadi, tidak ada pertarungan yang benar-benar mendebarkan alias terlalu flat.

    Like

    • yep betul, sangat flat malahan, bisa dibilang gw ngantuk nonton film yg digadang gadang jadi film terbaik yg diadaptasi dari novel setelah harpot, hehe, terlalu over pujian ke film ini, bener2 kurang bisa dinikmati kalo kata gw, gak tau ya ntar sekuelnya bakal lebih baik atau lebih kacrut dari yang pertamanya, he-he…

      Like

  2. Pingback: The Hunger Games: Catching Fire (2013/US) | zerosumo

  3. Pingback: Divergent (2014/US) | zerosumo

  4. Pingback: The Maze Runner (2014/US) | zerosumo

  5. Pingback: The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

