The Lincoln Lawyer (2011/US)


Sudah lama saya tidak menonton film yang bertema tentang pengacara dan dunia pengadilan, semenjak kehebatan Primal Fear dan Michael Clayton yang harus diakui sebagai film bertema pengacara yang mempunyai cerita solid dan akting hebat, saya tidak menemukan lagi film bertema serupa, khususnya film yang menceritakan pengacara “korup” sampai akhirnya saya menonton film garapan Brad Furman, berjudul The Lincoln Lawyer,  yang memasang aktor yang lebih terkenal di film-film komedi romantis ringan dan sebagainya, yaitu Matthew McConaughey.

Haller (Matthew McConaughey) adalah seorang pengacara yang cerdik dalam melakukan pekerjaannya, tidak sedikit kliennya adalah kriminal kelas menengah yang selalu berhasil ia selamatkan, karena bagi dirinya yang terpenting dalam suatu proses pengadilan adalah “bersalah” dan “tidak bersalah”. Sampai akhirnya Haller bertemu klien barunya, Roulet (Ryan Phillippe), seorang pria yang baru saja dituduh memperkosa dan menyiksa seorang PSK. Sebagai seorang pengacara yang membela kliennya, keimanan Haller harus diuji saat itu, bahwa tidak semua kriminal “layak” diselamatkan, apalagi pengakuan Roulet ternyata menyimpan banyak kebohongan dan hubungan dengan kasus masa lalu yang membuat Haller merasa berdosa karena telah membuat seorang yang tak bersalah masuk penjara.

Film ini dimulai dengan nuansa yang menyenangkan, kita sebagai penonton akan digiring untuk menyaksikan aksi Haller lewat mobil sedan lincoln dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari, seperti menyelamatkan klien-kliennya yang memang terbukti pemadat dan kriminal, dengan cara barter jasa dan sogok sana-sini, semua hal tersebut adalah kehidupan sehari-hari Haller yang biasa. Hingga akhirnya Haller harus bertindak lebih cerdik karena ternyata Roulet bukan klien yang terlihat bodoh dari luar, tapi menyimpan banyak “amunisi” untuk menyelamatkan diri di meja hijau, walau harus melakukan cara kotor sekalipun.

Saya tidak akan bercerita lebih banyak karena film seperti The Lincoln Lawyer adalah sebuah film yang harus anda tonton sendiri untuk menikmati serunya film ini, banyak spoiler yang akan merusak kenikmatan anda menonton jika saya mengupas lebih dalam tentang film ini, apalagi ada beberapa twist-nya yang bisa dibilang sekelas dengan twist yang terjadi di film Primal Fear. Filmnya sendiri tidak terlihat serius apalagi ketika awal-awal baru mulai, tapi itulah kehebatan dari film yang naskahnya ditulis oleh John Romano ini, lambat laun kita akan dibawa ke sisi gelap dari kehidupan Haller yang terlihat normal dan baik-baik saja di awal film, walau dia adalah seorang pengacara korup sekalipun.

Selain Matthew McConaughey masih ada Marisa Tomei, Ryan Phillippe, William H. Macy, Josh Lucas hingga Frances Fisher yang membuat cerita dalam film ini makin berwarna. Matthew McConaughey telah membuat imej pria tampan di setiap film yang dibintanginya naik setingkat ke level yang lebih serius setelah memerankan karakter Haller dengan sangat brillian di film ini, ia berubah menjadi seorang pengacara yang pandai bersilat lidah dan pandai dalam membalikan keadaan dengan para kliennya, he’s become a great talker in this movie, me likey!

Sangat jarang menunggu film bagus yang bertema tentang seorang pengacara, semenjak Primal Fear dan Michael Clayton, nampaknya The Lincoln Lawyer harus masuk dalam list film-film bertema pengacara terbaik versi saya. Well, buktikan sendiri, enjoy the courthouse guys!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s