Ghosts of Girlfriends Past (2009/US)


Why so serious folks?

Ghosts of Girlfriends Past, dari judulnya saja anda pasti sudah bisa menebak bahwa film ini adalah film komedi romantis ringan yang bisa ditonton kapanpun anda mau dan kapanpun anda butuh hiburan instan. Perlu diingat, film ini dibintangi oleh Matthew McConaughey yang hari sebelumnya saya tonton aksinya menjadi seorang pengacara slengean yang tidak takut resiko apapun. Peran Matthew McConaughey di The Lincoln Lawyer memang memukau mata, tapi bukan karena ketampanannya, tapi kebolehan aktingnya yang naik tingkat seratus level dari film tentang “hantu para pacar masa lalu” yang rilis setahun sebelumnya ini, so why so serious? Mari kita nikmati dulu karakter andalan Matthew McConaughey sebagai pria playboy di film ini.

Connor (Matthew McConaughey) adalah seorang fotografer ternama yang digilai banyak wanita, layaknya Barney Stinson, dirinya adalah seorang pria yang tidak percaya akan ikatan suci di altar pernikahan. Tapi layaknya Barney Stinson juga yang pada akhirnya bisa jatuh cinta, Connor, yang notabene playboy harus disadarkan oleh hantu pamannya, Wayne (Michael Douglas), yang mengajari dirinya hingga menjadi seorang playboy handal hingga kini. Pesan Wayne sederhana, jangan sampai Connor menjadi seorang pria yang tidak punya perasaan, maka demi menyadarkan Connor, dibawalah tiga hantu teman wanita Connor dari masa lalu, masa kini hingga masa depan tepat di malam pernikahan Adiknya sendiri, Paul (Breckin Meyer), dan Connor pun harus mengakui bahwa dia masih punya perasaan pada cinta sejatinya, Jenny (Jennifer Garner), yang hadir juga di malam pernikahan Paul, and the rest? Ah you’ll know it fast.

Film ini seringan film FTV yang biasa ada di layar televisi, apalagi temanya sangat klise, dimana seorang pria playboy harus disadarkan karena kelakuannya yang selalu tidak serius menjalin hubungan pada setiap wanita, dalam kasus ini, yaitu Connor dan Jenny. Lalu agar film ini tampak menarik dan tidak membosankan, ditambahkanlah unsur hantu konyol yang membawa Connor sadar bahwa jauh di dalam dirinya, ia adalah seseorang yang mempunyai perasaan cinta, so sweet, really? Ah fuck it, just enjoy this whole silly plot.

Film semacam ini memang “guilty pleasure” bagi saya sendiri ketika membutuhkan film komedi ringan yang tak harus memutar otak sama sekali ketika menontonnya, tapi ternyata film ini tidak begitu membosankan juga walau sangat predictable dan sangat klise sekali, saya bisa menikmati film ini. Khususnya adegan dimana Michael Douglas muncul sebagai hantu paman Wayne, benar-benar total konyol hingga sanggup membuat saya tertawa kecil. Lalu bagaimana dengan sang bintang, Matthew McConaughey? Seperti biasa, karakter yang dia perankan di film ini memang spesialisasinya, tidak ada yang terlalu istimewa, perannya bisa digantikan oleh siapapun, karena banyak aktor ganteng di Hollywood sana, sama halnya seperti Jennifer Garner, nah, not so special, but the chemistry is well worked though.

Berangkat dari arahan Mark Waters yang memang gemar membuat film drama komedi ringan yang mempunyai pesan moral klise tapi benar di setiap ending filmnya, Ghosts of Girlfriends Past tetap menyajikan film yang enak ditonton sebagai pengisi waktu luang anda. Ya, not to bad but far from great, he-he. Well, don’t worry to much, it’s just a movie, enjoy while you can.

Rating: 2.75/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s