Wrath of the Titans (2012/US)


Should be Gemma in there!

Kita tahu bahwa Clash of the Titans adalah film yang tidak “sekelas” judulnya, ceritanya sangat standar dan efek 3D “paksaan”-nya menambah kekesalan saya ketika menonton film yang seharusnya seru beberapa tahun kebelakang. Kecewa dengan “unleash the kraken and shit” ditambah uang melayang karena menonton film tersebut dalam bentuk 3D “palsu”, saya sebenarnya tidak begitu berharap banyak ketika film sequelnya, Wrath of the Titans mulai banyak dibicarakan karena telah mengalami banyak perbaikan, apakah betul? Maka saya pun mencoba menonton film sequel para dewa dewi Yunani yang disutradarai oleh Jonathan Liebesman ini.

Ceritanya sepuluh tahun setelah kejadian di Clash of the Titans, sang jagoan kita, Perseus (Sam Worthington) sudah pensiun dari perang antar dewa dan manusia dan mulai kembali menjalani takdirnya sebagai seorang nelayan sederhana bersama anaknya, buah hasil hubungannya dengan si cantik Gemma Arterton yang sayang sekali tidak muncul lagi di film ini. Tapi ditengah kedamaian tersebut, Zeus (Liam Neeson) datang kembali dan meminta tolong Perseus untuk membangun tembok Tartarus di neraka, tempat Hades (Ralph Fiennes) berada, alasannya sederhana, kalau tembok itu runtuh, maka para iblis yang ada di dalamnya termasuk ayah para dewa, Kronos, akan keluar dan menggila di muka bumi.

Sayang, Zeus untuk kesekian kalinya dijebak oleh Hades, ditangkap dan dipenjara di neraka, apalagi Hades dibantu Ares (Édgar Ramírez), sang dewa perang yang masih anak Zeus sendiri, pengkhianatan? Tidak aneh di dunia para dewa ternyata, maka Perseus, dengan bantuan Andromeda (Rosamund Pike) dan demigod lainnya, Agenor (Toby Kebbell), berusaha membebaskan Zeus sebelum Kronos keluar dari neraka dan menggila. Bukan mau merusak kenyamanan anda yang belum menonton film ini, tapi bayangkan saja Kronos itu sama dengan kraken, maka anda akan tahu endingnya seperti apa, ha-ha.

Dalam segi action dan spesial efek apalagi 3D, film ini berkembang jauh lebih bagus dari film pendahulunya. Tapi sayang dalam segi cerita, tidak ada yang berubah, masih standar dan bisa dibilang ada beberapa scene yang masih terlihat flat ketika saya menonton film ini sambil batuk-batuk karena dinginnya suhu di dalam bioskop. Formatnya masih sama, Perseus datang, mencari teman, mengumpulkan kekuatan dan menyerang lawan! Tapi pengemasannya dibuat lebih garang dan to the point, sepuluh menit pertama saja kita sudah disuguhi adegan pertarungan Perseus dengan salah satu monster dari neraka, well done for the action!

Beberapa lelucon ditambahkan sedikit agar film ini tidak terlalu datar seperti pendahulunya, seperti kehadiran Agenor dan dewa Hephaestus yang diperankan apik dan menggelitik oleh Toby Kebbell dan aktor gaek Bill Nighy, dan menurut saya kehadiran Ares yang diperankan Édgar Ramírez lumayan memberikan warna baru, sehingga film ini memiliki porsi pertarungan yang pas dan enak dilihat, karena seperti yang kita ketahui, monster-monster yang ada di film ini tidak sepenuhnya lawan yang “sebanding” dengan Perseus, maka kehadiran Ares sebagai dewa yang masih “bugar” daripada Hades ataupun Zeus lumayan memberikan scene fighting yang seru walau hanya sesaat.

Selebihnya tidak ada yang istimewa lagi dari film ini, perangnya terlalu ramai sehingga tidak fokus ingin menyuguhkan perang siapa? Andromeda dengan para monster, Perseus dengan Ares atau Zeus yang tag team dengan Hades? But hey, masih merupakan peningkatan yang “signifikan” dari film pertamanya, untuk sebuah hiburan, Wrath of the Titans cukuplah menghibur, tapi kalau dibilang film ini jauh lebih baik dari film pertamanya, saya pikir tidak seperti itu, hanya “sedikit” lebih baik saja di mata saya. Ah apapun itu, kalau anda sedang cari hiburan dan mau menonton film yang bertema dewa dewi Yunani, this one must be your choice, for a while, he-he. Enjoy it guys!

Rating: 3/5

One thought on “Wrath of the Titans (2012/US)

  1. Pingback: Hercules (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s