Transit (2012/US)


Hello again Mr. Reese

Singkat, padat jelas, ketika anda butuh film yang mewakili tiga kata tersebut, saya mempunyai pilihan yang lumayan cocok untuk ditonton ketika waktu senggang. Transit adalah film yang baru saya tonton dan saya pikir film ini cukup menarik, karena sudah jarang saya menonton film thriller simple seperti ini. Transit sendiri tidak begitu booming, karena filmnya memang low-budget, hanya memasang aktor yang sedang naik daun berkat peran mematikannya di serial Person of Interest, Jim Caviezel, Transit lumayan memberikan hiburan menegangkan yang singkat, padat dan jelas.

Ceritanya sederhana, Nate (Jim Caviezel) bersama keluarganya sedang dalam road trip untuk wisata alam, Nate melakukan hal tersebut untuk menyatukan kembali keluarganya yang sudah mulai tidak akur dari mulai sang istri, Robyn (Elisabeth Röhm), dan kedua anaknya yang sudah beranjak dewasa. Lain cerita dengan Nate, di tempat lain ada empat perampok yang baru saja merampok uang sebesar empat juta dollar dan sedang menjadi incaran polisi, mereka adalah Marek (James Frain), Arielle (Diora Baird), Losada (Harold Perrineau) dan Evers (Ryan Donowho). Takut terkena razia polisi di jalan raya, mereka tanpa sengaja melihat mobil Nate yang penuh dengan barang bawaan dan mulai menyelipkan uang hasil rampokan ke mobil Nate tanpa sepengetahuan Nate dan keluarganya. Maka ketika mereka berempat lepas dari razia polisi, Nate dan keluarganya menjadi sasaran keempat perampok kejam ini.

Singkat, padat dan jelas, film ini dilandasi dengan storyline yang sederhana dan bersetting hampir 90 persen di jalanan kosong daerah pinggiran Amerika. Transit perlahan-lahan memberikan ketegangan yang terus-menerus meningkat intensitasnya dari awal hingga akhir film, tanpa banyak aktor terkenal, tapi film ini sudah lumayan menghibur saya dengan aksi kejar-kejaran di jalan raya yang sepi dan dikelilingi rawa penuh buaya. Walau harus diakui, pengembangan karakternya tidak begitu cerdas, hanya dua karakter vital saja yang mencuri perhatian, Nate sang good guy dan Marek yang menjadi penjahat yang bertampang dingin.

Antonio Negret sebagai sutradara nampaknya bermain aman dalam menggarap film yang sebenarnya punya banyak potensi untuk menjadi sebuah film thriller yang seru. Sayang karena faktor singkat, padat dan jelasnya, Transit terbilang lumayan predictable dan mulai konyol di akhir-akhir film, seperti sang istri yang tiba-tiba mahir menggunakan senjata berat dalam membantu suaminya melawan keempat perampok emosional dan beberapa hal sepele lainnya.

Tapi toh film ini tetap bisa dinikmati, aksi kejar-kejaran di jalan raya dengan mobil mustang jadulnya tergolong cukup seru dan angle-angle yang diambil Antonio Negret lumayan menggemaskan, dengan banyak memakai sudut pandang mobil dan eksploitasi suara mesin mustang tua yang bising menambah wibawa kekejaman empat perampok tersebut terangkat, he-he. Sementara di sisi lain, Jim Caviezel berperan layaknya seorang kepala rumah tangga biasa yang berusaha untuk menyelematkan keluarganya. Kalau mau saya bilang, tidak ada yang salah dengan pemilihan para aktor yang bermain di film ini, semua memainkan perannya dengan bagus, sayang plot ceritanya terlalu sederhana.

Tapi kesederhanaan juga yang membuat saya menonton film ini, at least, sebagai suatu “FTV thriller”, Transit cukup memuaskan saya di malam hari yang dingin, tidak kurang dan tidak lebih. Bagi anda yang mencari tontonan thriller ringan, Transit wajib dicoba, enjoy the car chase guys!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s