[REC]³ Génesis (2012/Spain)


Now we're fucked up!

Zombie time! Akhirnya film mockumentary zombie (lebih tepatnya zombie “kesurupan”) asal Spanyol kembali menghujam layar lebar Indonesia minggu ini (menghujam layar lebar Blitz Megaplex lebih tepatnya). Film tersebut berjudul [REC]³ Génesis, sequel kedua dari film mockumentary horor Spanyol yang sempat booming beberapa tahun kebelakang sampai akhirnya (seperti biasa) Hollywood membuat ulang film tersebut dengan judul Quarantine. Nah bagi yang belum familiar, di film pertamanya, kita bakal menyaksikan awal mula kemunculan virus bukan-buatan-umbrella-corp yang membuat orang saling makan di sebuah apartemen, maka dari apartemen, di film ketiga ini, kita bakal melihat virus tersebut menjalar sampai keluar daerah karantina dan menyerang para tamu yang sedang menghadiri sebuah pernikahan.

Clara (Leticia Dolera) dan Koldo (Diego Martín) adalah pasangan berbahagia di hari yang cerah tersebut, mereka menikah dengan dihadiri banyak tamu undangan, dan salah satu diantara mereka mendokumentasikan pernikahan tersebut dengan kamera handycam, jika anda sudah pernah menonton dua film terdahulunya, maka anda sudah bisa menebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Kamera handycam yang dibawa salah satu keluarga pengantin bakal merekam semua kejadian mengerikan yang terjadi hari itu, dimana ternyata ada salah satu diantara tamu mereka yang membawa virus mengerikan dari dua film terdahulu.

Sayang sekali, di film ketiga ini, yang nanti bakal menjadi awal untuk installment terakhirnya, REC Apocalypse, [REC]³ Génesis tidak menggunakan pakem film pendahulunya, tidak murni mockumentary, bahkan kalau mau dikata, film ini berevolusi menjadi film live action horor thriller mendekati franchise Resident Evil yang sebentar lagi akan rilis sequel terbarunya. Bahkan jagoan di film garapan Paco Plaza ini lebih condong ke si pengantin perempuan, Clara, yang makin mengukuhkan bahwa film ini sangat identik sekali dengan Resident Evil. Tapi bukan Spanyol namanya kalau tidak brutal dan lebih keren dari Hollywood, [REC]³ Génesis tetap menyajikan sebuah kengerian di hari pernikahan yang menjadi bencana, dan berkat film ini juga, saya makin yakin bahwa monster yang ada di film ini bukan zombie sama sekali (baca: sahabat paling dekat lucifer), karena jika anda familiar dengan serial The Walking Dead, kita tahu bahwa untuk membunuh zombie harus mengincar kepalanya, bukan punggungnya, dan zombie tidak akan kejang-kejang ketika ada seseorang membacakan ayat-ayat dari kitab suci bukan? He-he.

Walau tidak sepenuhnya mockumentary, [REC]³ Génesis tetap menyajikan film live action semi mockumentary yang thrilling dan mengasyikan, apalagi ada beberapa adegan yang sebenarnya konyol dan mengundang tawa, bahkan ada yang terlalu berlebihan menurut saya, seperti porsi drama yang disimpan di tengah-tengah situasi mengerikan, nampaknya sang sutradara hobi bercanda dan berhasil membuat penonton kesal dan berteriak “cepet lari tolol! Ngapain ciuman dulu!” dan sebagainya. Tapi diluar semua itu, well, [REC]³ Génesis menghadirkan sebuah kesegaran tersendiri bagi saya yang kangen menonton film zombie dan semacamnya di layar lebar, atmosfir menegangkannya ada, suara-suara mengejutkannya ada, dan make-up para zombienya mumpuni!

Sambil menunggu serbuan blockbuster movie yang akan dimulai bulan Mei nanti, tidak ada salahnya “menggila” dulu dengan film horor asal Spanyol yang satu ini. Asik, menggelitik dan membuat bergidik, [REC]³ Génesis patut kamu coba, enjoy the real wedding “crasher” guys!

Rating: 3/5

4 thoughts on “[REC]³ Génesis (2012/Spain)

  1. wah penasaran jadinya. Apakah ini menjadi sekuel terakhir atau akan ada lanjutannya lagi ya? Twist ending gitu.

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s