We Bought a Zoo (2011/US)


Don’t worry, after you die, you’ll go to zoo heaven

Kebun binatang? Sebenarnya apa sih yang bisa diambil dari kalimat tersebut untuk menjadi sebuah ide film? We Bought a Zoo adalah jawabannya. Film terbaru Matt Damon yang disutradarai oleh Cameron Crowe yang sukses menghipnotis penonton belasan tahun yang lalu lewat film Jerry Maguire dan Vanilla Sky berhasil menyuguhkan sebuah drama keluarga sederhana yang menyentuh dan ternyata diadaptasi dari kisah keluarga nyata yang membeli sebuah kebun binatang lengkap dengan binatangnya untuk menjadi tempat tinggal baru mereka.

Benjamin Mee (Matt Damon) adalah seorang penulis sekaligus petualang yang harus menjalani enam bulan terakhirnya menjadi seorang single parent. Hal tersebut terasa berat ketika Benjamin harus mengasuh dua anaknya yaitu Dylan (Colin Ford) dan Rosie (Maggie Elizabeth Jones) tanpa kehadiran istrinya. Hingga suatu saat Benjamin memutuskan untuk me-reboot kembali kehidupannya dengan cara yang terbilang ekstrim, yaitu membeli sebuah rumah beserta kebun binatang yang ada didalamnya. Disanalah Benjamin bertemu Kelly (Scarlett Johansson) sang penjaga kebun binatang dan bukan seperti yang anda duga, Benjamin bukan saja bisa melanjutkan kehidupannya dengan damai, tapi berhasil memberikan sebuah petualangan tak terlupakan untuk kedua anaknya pasca ditinggal sang istri.

We Bought a Zoo memang film yang cocok untuk ditangani sutradara sekelas Cameron Crowe yang memang ahlinya meracik sebuah cerita keluarga yang mempunyai segudang pesan kehidupan yang kadang bisa membuat kita tertawa bahkan terharu ketika menontonnya. Padahal cerita film ini terbilang linear dan sederhana saja, tapi berkat akting Matt Damon yang prima sebagai seorang single parent dan kehadiran dua anaknya yang bertolak belakang, apalagi si aktris cilik Maggie Elizabeth Jones yang memerankan Rosie dengan sangat menggemaskan, berhasil membuat perjalanan keluarga Mee menjadi seru untuk ditonton, benar-benar sebuah petualangan yang inspiratif untuk semua orang yang datang dari sebuah keluarga sederhana.

Jangan lupakan scoring musik dari sang frontman Sigur Rós yaitu Jon Thor Birgisson yang akrab dipanggil Jónsi makin membuat alur film ini makin enak untuk ditonton dan mengaduk-ngaduk emosi penonton. Beberapa trek lagu dari album solo Jónsi bertajuk Go Do membuat saya speechless ketika Cameron Crowe berhasil menyatukan scene-scene yang dramatis dengan alunan musik asal Islandia tersebut, maka tidak aneh ketika Hoppípolla menjadi lagu pamungkas dari petualangan hidup keluarga Benjamin Mee, kesimpulannya hanya satu, beautiful!

Durasi dua jam tidak terasa sama sekali, padahal film ini adalah film drama yang sebenarnya mempunyai cerita yang tragis, dimana intinya Benjamin tidak bisa melupakan istrinya. Tapi hal tersebut digambarkan bagai sebuah motivasi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, kehadiran proyeksi sang istri di akhir film bagaikan kehadiran Mal di setiap mimpi Cobb dalam film Inception tapi mempunyai pengaruh yang berbeda, yaitu pengaruh positif! Semangat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, bisa dibilang scene terakhir dimana Benjamin membawa kedua anaknya untuk melihat dimana ia bertemu dengan mendiang istrinya untuk pertama kali sangat memorable, ditutup dengan dialog “super-positif-sekaligus-hampir-membuat-saya-menangis” dari percakapan singkat Benjamin dengan sang istri, saya langsung jatuh cinta pada film ini!

Well, apalagi yang bisa dikatakan? We Bought a Zoo adalah film drama yang sangat heart-warming tahun ini, mungkin bisa saya bilang hampir selevel dengan film The Beaver milik Mel Gibson tahun kemarin, sebuah drama keluarga yang unik dan berkualitas datang dari Hollywood, peristiwa yang sangat jarang sekali bukan? He-he. Ya, tunggu apalagi? Saya sangat merekomendasikan We Bought a Zoo, karena film ini memang benar-benar bagus, enjoy guys!

Rating: 4/5

NB: Honorable mentions untuk Thomas Haden Church dan Elle Fanning yang tidak mempunyai porsi terlalu banyak di film ini tapi berhasil menampilkan karakter yang lucu, konyol dan memorable. Yes, just let me know if you love them!

3 thoughts on “We Bought a Zoo (2011/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s