Battleship (2012/US)


Believe me, she’s the interesting part in this movie apart from alien attack

Datang dari sutradara yang membuat film Hancock, Peter Berg kembali lagi dengan film sci-fi action blockbuster terbarunya yang berjudul Battleship. Menuai kesuksesan Transformers yang merupakan “alumnus” mainan Hasbro tahun 80-an, maka Battleship menjadi proyek menyenangkan berikutnya yang diangkat ke layar lebar, bisa dikatakan, Battleship adalah another Transformers movie that set at the sea. Jadi kalau sudah bicara Transformers, jangan harap anda menemukan plot alien super rumit ala film Prometheus yang akan datang, tinggal duduk dan nikmati saja aksi dan ledakan yang dihasilkan dari peperangan antara angkatan laut Amerika versus alien berkostum H.A.L.O yang mempunyai kelemahan sama dengan kaum vampir.

Alex (Taylor Kitsch) adalah pria bengal yang tidak punya masa depan, berkat ajakan kakaknya, Alex masuk ke angkatan laut Amerika yang bermarkas di kepulauan Hawai, kebetulan sekali angkatan laut Amerika sedang mengadakan latihan perang di laut bersama angkatan laut dari banyak negara, salah satunya Jepang dengan Kapten Nagata (Tadanobu Asano) yang menjadi rival Alex di latihan tersebut. Tapi, tanpa diduga, karena kebodohan manusia yang mengirim sinyal ke luar angkasa karena penasaran dengan kehidupan alien, maka sinyal tersebut direspon oleh alien yang langsung mengirim lima pesawat luar angkasanya langsung ke tempat sinyal itu berada, di Hawai, dimana para angkatan laut sedang berlatih. Anda bisa tebak sendiri, sesuai tagline film ini, the battle of earth begins at sea, without Will Smith.

Film ini sebenarnya film untuk keluarga, film hiburan yang benar-benar membuat saya tertawa puas dan ternganga dengan kehebatan Hollywood dalam memainkan spesial efek yang super keren di film-filmnya. Bahkan ada pop star Rihanna yang ikut berperan menjadi anak buah Alex di film ini, seorang pop star yang tidak pernah kehilangan topinya walau dia sudah jatuh bangun terjun ke laut lari dari kejaran alien. Bahkan ada aktor sekaliber Liam Neeson dipasang di film blockbuster cheesy ini, dan seperti firasat saya, ia tidak berperan banyak di film yang berbudget sekitar 200 juta dollar ini, hanya menjadi seorang laksamana laut sekaligus seorang ayah galak yang menakut-nakuti Alex karena telah mendekati anaknya, Sam, yang diperankan aktris bertubuh seksi, Brooklyn Decker.

Tapi perlu diakui, kembalinya sang “John Carter” di film ini lumayan memberikan sedikit hiburan konyol. Peran Taylor Kitsch sebagai seorang pria bloon sekaligus pahlawan memang sangat pas diperankannya, ekspresi wajahnya seperti menggambarkan itu semua, bisa dikatakan ia memang aktor berwajah komikal yang cocok main film-film sci-fi. Kemudian apa lagi? Tidak ada apa-apa lagi, film ini memang pure hiburan yang menyenangkan, dimana kita bisa melihat sekumpulan pensiunan angkatan laut dengan kapal perang jadulnya bisa menghancurkan kapal induk alien dengan taktik “art of war” ala Alex yang terlalu konyol. Tapi bagusnya, di film ini ternyata Amerika “sadar diri” dengan memasang seorang kapten asal Jepang yang mempunyai taktik jitu dalam mengalahkan alien, mereka mengakui toh, orang Asia itu pemikir, sedangkan orang Amerika itu serampangan, ha-ha.

Dua jam lumayan lama untuk sebuah film yang diadaptasi dari permainan papan jadul yang diciptakan tahun 30-an (sangat jadul bukan?), tapi spesial efek dan adegan pertempuran yang hampir setengahnya tidak masuk akal lumayan menghibur total bagi saya pribadi yang memang sedang mencari film-film cheesy bertema alien sebelum kedatangan film Prometheus. Overall, for blockbuster movie, Battleship is your choice, no need to think, just sit, relax, eat your popcorn and enjoy the battle!

Rating: 3.5/5

One thought on “Battleship (2012/US)

  1. Pingback: Lone Survivor (2013/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s