Burke and Hare (2010/UK)


The coincidence became a fortune!

John Landis adalah nama sutradara yang telah membuat film The Blues Brothers menjadi sebuah film komedi wajib tahun 80-an. Lama tidak terdengar karena sibuk dengan proyek serial televisinya, John Landis kembali lagi dengan film terbarunya di tahun 2010 yang berjudul Burke and Hare, dimana Simon Pegg dan Andy Serkis memerankan Burke dan Hare, dua pembunuh legendaris asal Edinburgh, Skotlandia yang biasa dipanggil west port murders. Betul, film ini diangkat dari kisah nyata, hanya saja ada beberapa faktanya yang diubah sehingga membuat Burke and Hare menjadi film crime comedy ala Inggris yang sukses mengocok perut saya semalaman.

Bersetting di tahun 1828, tahun tersebut adalah jaman keemasan untuk perkembangan ilmu medis, khususnya anatomi tubuh manusia. Maka kota Edinburgh di Skotlandia adalah tempat bernaungnya dokter-dokter medis ahli bedah terbaik di dunia, beberapa diantaranya adalah Dokter Knox (Tom Wilkinson) dan Dokter Monro (Tim Curry) yang bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam memahami anatomi tubuh manusia. Sayang sekali, saat itu stok mayat segar untuk bahan penelitian Dokter Knox menipis, hingga akhirnya ia bertemu Burke (Simon Pegg) dan Hare (Andy Serkis) yang secara tak sengaja ingin membuang mayat kakek tua, yang menyewa kamar di rumah milik Hare, yang meninggal karena serangan jantung.

Karena kelangkaan mayat yang masih segar itulah, maka Burke dan Hare mempunyai ide untuk memulai bisnis mereka sendiri, yaitu pengantar mayat yang masih segar. Permasalahannya adalah, tidak semudah itu mereka menemukan orang yang baru saja meninggal, maka dengan metode yang sedikit konyol, Burke dan Hare menciptakan situasi dimana orang bisa meninggal dengan seketika, atau mudahnya, mereka adalah penemu dari konsep pembunuhan berencana. Terdengar keji memang, tapi percayalah, dengan arahan John Landis, film Burke and Hare memberikan sedikit pelajaran sejarah dengan cara yang unik dan konyol.

Film ini memang kurang terdengar gaungnya, tapi para aktor yang bermain di film ini bukanlah aktor kacangan semata, dari mulai Simon Pegg, Andy Serkis, Tom Wilkinson, Michael Smiley, Isla Fisher dan beberapa aktor kawakan Inggris lainnya turut serta bermain di film ini. Kegilaan entah ketololan Burke dan Hare hampir digambarkan dengan sempurna oleh Andy Serkis yang terbiasa bermain dibelakang layar dan Simon Pegg yang memang sudah menjadi icon baru komedian asal Inggris. Duet mereka berhasil menyuguhkan sebuah situasi konyol nan lucu yang berhasil mengocok perut saya, belum lagi beberapa aktor pendukung lainnya yang bermain dengan apik mendukung kekonyolan Burke dan Hare, seperti love interest dari Burke, Ginny yang diperankan Isla Fisher dan Captain Tam McLintoch yang diperankan dengan sangat polos dan penuh tawa oleh Ronnie Corbett.

Entah apa yang terjadi jika Colin Farrell dan Ewan McGregor menerima tawaran John Landis untuk menjadi Burke dan Hare di film ini, tapi saya yakin, pasti tidak akan selucu versi Simon Pegg dan Andy Serkis. Intinya, Burke and Hare benar-benar menyajikan sebuah film black comedy Inggris yang didukung oleh aktor-aktor berkualitas Inggris pula, apalagi saya pribadi selalu suka dengan film yang kental dengan lelucon orang British.

Well, sejarah memang tidak selalu manis, kekejaman Burke and Hare akan selalu diingat, bahkan di ending film ini, anda akan menyaksikan pemandangan di dalam museum universitas medis Edinburgh yang asli yang menyimpan kenang-kenangan dari peristiwa kelam di abad 19 silam, seperti apa kenang-kenangannya? Anda harus saksikan sendiri tentunya, he-he. Penasaran? Langsung saja tonton sejarah Burke dan Hare ala John Landis, enjoy guys!

Rating: 4/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s