The Double (2011/US)


Ain’t pretty woman that we chase here!

Agen rahasia, double agent, penjahat negara, apapun itu namanya, saya selalu suka dengan film-film yang mengisahkan intrik-intrik para agen rahasia di seluruh dunia dalam bekerja mengungkap kasus. Tapi karena selalu film Hollywood yang diekspos, tentu saja agen yang saya bicarakan disini adalah agen CIA dari negeri paman sam yang entah sudah kesekian juta kalinya difilmkan. Termasuk film terakhir Richard Gere dan Topher Grace yang berjudul The Double, kisah seorang agen CIA yang menyelidiki bahwa ada double agent di dalam badan CIA sendiri.

Paul (Richard Gere) adalah seorang agen senior CIA yang sudah pensiun, tapi ketika salah seorang senator mati dibunuh, membuat Paul tiba-tiba “back in action” kembali ketika mengetahui bahwa pembunuh senator tersebut adalah seorang pembunuh bayaran paling berbahaya di dunia yang berasal dari Rusia, yaitu Cassius yang identitasnya tidak diketahui selama lebih dari 25 tahun. Dibantu seorang agen muda FBI, Agen Geary (Topher Grace), Paul berusaha menguak siapa dalang dibalik kematian senator bermodalkan pengalamannya dan teori “teks book” ala Agen Geary. Hanya saja, ada sesuatu diantara mereka berdua yang membuat film ini mempunyai judul “The Double”.

Pertama, saya tidak begitu mengikuti film ini ketika judul dan cerita diawal film sangat tidak berhubungan, tapi lambat laun saya mulai menangkap dan mulai dikejutkan ketika film ini baru setengah jalan ditonton. Rupanya ada beberapa twist menarik yang membuat film perdana Michael Brandt ini lumayan juga untuk ditonton. Ya, ketika judul The Double membuat kita bertanya-tanya siapa sebenarnya double agent di film ini, dan ketika kita sudah bisa menebak, ternyata ada kejutan lain yang benar-benar tidak terduga, walau memang tidak terlalu vital, tapi toh judul “The Double” disini memang harus diperhatikan baik-baik jika anda berencana menonton film ini.

Dengan twist yang lumayan, sayang film ini tidak terlalu membuat saya terkesan, karena untuk sebuah film spy-thriller macam ini dibutuhkan waktu yang lebih banyak dan plot yang lebih misterius (baca: memusingkan). Durasi 90 menit film ini membuat penyelidikan yang dilakukan Paul dan Agen Geary berjalan terlalu cepat dan tidak klimaks di akhir, padahal jika dipikir-pikir film ini mempunyai potensi yang besar untuk bisa menjadi film agen rahasia yang penuh intrik. Walaupun begitu, penampilan Richard Gere yang sudah berumur patut diacungi jempol, tapi karena plotnya yang terlalu cepat itu, perkembangan karakter yang dimainkan Richard Gere dan Topher Grace jadi terkesan terlalu singkat, tidak ada kesan “persaingan” yang sengit sama sekali.

Jadi siapakah Cassius? Mungkin anda bisa menebaknya dengan mudah ketika film ini belum selesai, tapi apakah anda bisa menebak siapa double agent sebenarnya? Walau tidak terlalu berkesan, The Double lumayan menyajikan kisah action agen rahasia instan yang bisa ditonton sambil menemani makan malam anda, seperti yang saya lakukan, he-he. Well, just sit, relax and enjoy the spy-ing scheme!

Rating: 3/5

4 thoughts on “The Double (2011/US)

    • haha, gw justru ga tau yg mana stephen moyer (maklum, bukan penonton true blood :P) tapi ya mayanlah film ini walau terlalu pendek sih kalo kata gw pribadi, jadi pas klimaksnya kurang nampol, hehe, tapi worth it sih ditonton😀

      btw thanks dah mampir nih, sering2 aja ya😀

      Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s