Dark Shadows (2012/US)


The funky vampire is here!

Film yang berjudul Dark Shadows ini adalah film terbaru dari Johnny Depp, yang entah sudah menjadi kolaborasi keberapa ratus (lebay mode: on) dengan sang sutradara Tim Burton dan tentu saja Helena Bonham Carter. Film ini dibuka dengan ciri khas Tim Burton yang memang spesialisasinya menjadi sutradara film-film yang mempunyai tone kelam dan mengerikan, tapi siapa sangka, ternyata film ini tidak sepenuhnya kelam dan mengerikan, karena didalamnya banyak lelucon-lelucon klise yang lumayan bisa membuat saya sedikit tersenyum ketika menonton film yang mengisahkan vampir kesepian ini.

Alkisah Barnabans Collins (Johnny Depp), seorang pria terhormat, tampan dan kaya raya dari keluarga Collins di tahun 1750-an pindah ke Amerika untuk mengembangkan bisnis perikanannya dengan sang keluarga. Tapi disitu, Barnabas telah membuat mantan pacarnya, Angelique (Eva Green) patah hati ketika ia menjalin hubungan dengan wanita lain yang dicintainya, yaitu Josette (Bella Heathcote). Angelique yang ternyata penyihir, mengutuk Barnabas menjadi vampir dan mengubur hidup-hidup Barnabas selama 200 tahun lamanya.

Cerita maju ke tahun 1970-an, dimana trend hippies dan anti perang sedang eksis-eksisnya, keturunan keluarga Collins tinggal berempat, yaitu Elizabeth (Michelle Pfeiffer), Roger (Jonny Lee Miller), Carolyn (Chloë Grace Moretz) dan David (Gulliver McGrath) serta seorang dokter yang merawat David, Julia (Helena Bonham Carter) dan penunggu rumah besar milik keluarga Collins, Willie (Jackie Earle Haley). Mereka semua dikagetkan dengan kedatangan Barnabas yang terbangun kembali dari tidurnya selama 200 tahun, dan tidak tahu-menahu tentang dunia yang sudah banyak berubah semenjak dirinya dikubur. Maka dimulailah babak baru kisah keluarga Collins yang aneh nan konyol sekaligus tragis ini.

Dark Shadows mungkin tidak sekelam film-film Tim Burton terdahulu. Film ini malah menyajikan kisah vampir yang didukung dengan akting aneh nan unik Johnny Depp seperti biasa. Penuh lelucon dan humor konyol seperti yang sudah saya bicarakan, tapi yang jelas, film ini ingin menyampaikan arti penting kekayaan sebenarnya, yaitu keluarga, yang menjadi tujuan utama Barnabas ketika dirinya terbangun dari tidurnya yang panjang, yaitu untuk menyatukan kembali keluarga Collins yang hampir retak dan balas dendam kepada Angelique sang penyihir.

Kalau bisa dibilang, film ini tidak begitu spesial, bahkan menurut saya film ini seperti film-film drama romantis vampir campur komedi yang jauh lebih baik levelnya dari kisah cinta di Twilight tentunya. Beruntung film ini didukung dengan jajaran aktor dan aktris Hollywood ternama dan setting tahun 70-an yang tidak ada duanya, penuh dengan musik jadul dan penampilan Alice Cooper yang dipermak sedemikian rupa sehingga membuat dirinya terlihat lebih muda lagi. Selebihnya adalah aksi “one-man-show” dari Johnny Depp yang seperti biasa sudah dipastikan bakal menjadi karakter yang paling menarik perhatian di setiap film yang dibintanginya.

Ya, bicara drama, cinta, kutukan dan keluarga disfungsional, mungkin Dark Shadows bisa menjadi film yang tepat untuk ditonton anda, apalagi ada beberapa plot yang tidak terduga di akhir film ini, tapi melihat endingnya yang sangat standar, film ini tidak terlalu istimewa buat saya, apalagi melihat Jackie Earle Haley menjadi karakter yang paling kecil porsinya disini, merasa kurang sreg saja di mata saya, secara dirinya dulu adalah aktor utama di film superhero terbaik versi saya, Watchmen, tidak ada hubungannya memang, tapi ya sudahlah, he-he.

Bagaimanapun juga keluarga adalah harta yang paling besar yang dimiliki kita, Barnabas mengajarkan hal tersebut, sebrutal apapun caranya untuk menjaga keutuhan keluarganya di film yang merupakan adaptasi dari serial televisi berjudul sama di tahun 1966–1971 ini. Dark Shadows bagaikan film Little Miss Sunshine yang ditambahkan karakter vampir di dalamnya, not bad. Enjoy this Burton-vampir-flick guys!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s