The Change-Up (2011/US)


Let’s solve all problems with violence

It’s comedy time! Dan pilihan saya jatuh kepada film yang berjudul The Change-Up, film ini ditukangi oleh David Dobkin yang pernah menyajikan film konyol Wedding Crashers dan script film ini ditulis oleh Jon Lucas yang juga pernah menulis script untuk dua film The Hangover. Melihat orang-orang tersebut dibalik layar, saya jamin anda akan menemui banyak kelucuan dan ketololan di film yang sebenarnya mempunyai konsep cerita yang terbilang sudah usang.

Ceritanya sendiri berpusat pada dua orang pria dewasa yang bersahabat. Pertama ada pengacara handal bernama Dave (Jason Bateman) yang memiliki istri cantik, Jamie (Leslie Mann) dan tiga anak serta rumah dan mobil bagus, intinya, hidup Dave adalah hidup impian bagi semua pria dewasa yang ingin mapan. Bicara soal mapan, kemudian kita akan dikenalkan kepada Mitch (Ryan Reynolds), sahabat Dave yang mempunyai kehidupan yang bertolak belakang dengan Dave, walau tidak semapan Dave, tapi hidup Mitch bahagia karena dia bisa melakukan apapun sesukanya. Hingga akhirnya karena peristiwa konyol di kolam air mancur, mereka terkena kutukan dan bertukar tubuh dan harus menjalani kehidupan sehari-hari yang bertolak belakang dengan kebiasaan mereka, dimana Dave harus belajar menjadi Mitch yang seenaknya, dan Mitch harus tahan menjadi Dave yang sangat konservatif.

Konsep yang sudah sangat usang bukan? Banyak sekali film komedi Hollywood yang memakai resep ini, dua orang yang tidak puas dengan kehidupannya masing-masing akhirnya menerima kutukan dimana mereka harus menjalani kehidupan sebagai orang yang hidupnya mereka idam-idamkan, entah itu wanita menjadi pria, pria dewasa menjadi remaja dan di film ini, sesama pria dewasa tentunya. Tapi untungnya, walau sudah sangat klise dan predictable sekali, film ini tetap menghibur saya.

Salah satu faktornya adalah lelucon-lelucon kasar yang keluar dari mulut Ryan Reynolds berhasil dibawakan ulang dengan tidak kalah konyolnya oleh Jason Bateman yang notabene aktor komedi yang berwajah baik dan polos. Sama halnya dengan Ryan Reynolds yang sebenarnya tidak peduli dirinya mau memerankan pria baik atau pria kasar, karena pada akhirnya para wanita hanya akan memperhatikan wajah tampannya sepanjang film ini berjalan, he-he.

Tapi tentu yang paling menyita perhatian dari film yang mempunyai rating unrated ini adalah penampilan menggoda dari dua wanita super cantik yaitu Leslie Mann yang sangat pas sekali memerankan ibu rumah tangga yang “hot” dan Olivia Wilde yang memerankan sekretaris bitchy! Tapi bagi anda yang sudah menyaksikan film ini, siap-siap kecewa, karena sebagian besar penampilan topless mereka hanyalah efek buatan komputer saja, begitu pula dengan penampakan payudara mulus Leslie Mann. Tapi percayalah, dua wanita ini menjadi daya tarik tersendiri yang harus dipisahkan dari unsur komedi yang ada di film ini.

Pada akhirnya, film ini mempunyai pesan moral yang walau diulang jutaan kalipun, kadang kala kita selalu lupa. Ya, manusia selalu tidak puas, tidak puas dengan apapun, apalagi yang namanya kehidupan yang mereka jalani. Maka momen dimana Dave dan Mitch mendapat masukan yang “menusuk” dari setiap orang yang berarti di hidup mereka, film ini menegaskan bahwa kehidupan yang paling enak adalah kehidupan kita sendiri, bukan orang lain, bagaimanapun enaknya hidup orang lain terlihat dari luar. Intropeksi dan perbaikan diri sendiri adalah jalan terbaik, memang terdengar seperti ceramah Mario Teguh, tapi percayalah, itu!

Well, suka atau tidak suka, usang atau tidak usang, klise atau tidak klise, The Change-Up tetap menyajikan film komedi ringan yang siap ditonton kapan saja. ceritanya yang sederhana digabung dengan perpaduan aktor dan aktris yang eye-catching bagi pria dan wanita membuat film ini menjadi film yang bisa menghibur anda walau sesaat, easy come easy go, so why not? Enjoy The Change-Up guys!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s