This Means War (2012/US)


I Killed Batman with this!

Sebenarnya film ini sudah cukup mendapat respon “biasa” saja dari para penontonnya, film yang saya maksud adalah film terakhir dari sutradara yang lumayan “menghancurkan” aura legendaris saga Terminator, yaitu McG. Saya sebenarnya tidak terlalu benci dengan McG, karena ia membuat film yang memang mengutamakan unsur fun dan hura-huranya, brainless istilah mudahnya, tapi mau tak mau, film-film McG selalu menjadi pilihan saya kalau ingin membunuh waktu tanpa harus menguras banyak tenaga untuk berpikir, salah satunya dengan menonton film This Means War ini.

Ceritanya berkutat di dua orang agen CIA yang handal, yaitu FDR (Chris Pine) dan Tuck (Tom Hardy), keduanya mempunyai skill mumpuni, tapi sayang, karena tugas terakhir mereka menangkap mafia Jerman bernama Heinrich (Til Schweiger) gagal, keduanya dibebastugaskan sementara. Memanfaatkan waktu senggang, Tuck malah mencari jodoh di internet, sampai akhirnya dia bertemu dengan wanita yang agak hyperaktif dan konyol, Lauren (Reese Witherspoon). Tapi sayangnya Lauren juga berkenalan dengan FDR yang berhasil membuat dirinya terpesona. Maka persaingan FDR dan Tuck yang semula seperti perang dingin, lambat laun menjadi perang dunia ketiga karena mereka mengerahkan segala cara termasuk skill mereka sebagai agen rahasia untuk merebut hati Lauren. Yes, that means war!

Tujuannya saya menonton film ini adalah untuk mencari film yang bisa membuat saya tertawa terpingkal-pingkal. Walau tidak sampai muntah, This Means War sukses menghibur saya, walau storyline-nya sangat mudah ditebak dan pasaran sekali, jokes yang muncul dari setiap situasi awkward antara FDR dan Tuck memang sangat priceless. Chemistry keduanya sangat “naymbung” menurut saya, dua-duanya punya tampang dan tenaga, yang membedakan hanyalah aksen saja, dimana tentu saja saya lebih suka Tuck karena Tom Hardy memang sangat british, tapi setiap mimik yang dibuat oleh Tom Hardy sangat tolol dan konyol, sehingga saya selalu tersenyum jika melihat kedua pria ini mulai bersaing memperebutkan Lauren.

Sebenarnya ini adalah film rom-com yang dibalut dengan action standar ala para agen rahasia di Amerika sana. Tapi jujur, itulah yang membuat film ini menarik di mata saya, andaikan tidak ada persaingan antara FDR dan Tuck dengan menggunakan banyak senjata rahasia dan scoring musik Sabotage-nya Beastie Boys, saya jamin film ini akan segaring ayam goreng tepung yang dijual murah di jalanan. Karena mau tidak mau, formula rom-com seperti ini sudah banyak dilahirkan oleh industri perfilman di amrik sana, maka tentu saja harus ada sedikit elemen baru yang ditambahkan agar film semodel ini bisa dinikmati lagi oleh orang-orang.

Well, suka tidak suka, McG sekali lagi berhasil menyuguhkan film yang menghibur saya, saya tidak akan bilang kalau film ini sangat bagus, tapi yang jelas This Means War adalah film rom-com ringan ala FTV yang lebih berkelas tentunya, menyenangkan dan menghibur penonton yang tidak terlalu selektif dalam menonton film. Ya, anda mau ketawa ketiwi tidak jelas? Mungkin This Means War bisa membantu anda untuk tertawa lebih lancar, enjoy this flick!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

