Intruders (2011/US)


Welcome back Lenin!

Kenapa saya jarang menonton film horor? Sederhana saja, saya termasuk orang yang moody kalau sudah bicara soal film horor (alias malas karena parno), tapi yang lebih mengecewakan adalah setiap saya memilih film horor yang akan ditonton, filmnya selalu gagal, seperti film berjudul Intruders yang baru saya tonton ini. Saya seperti terkena jebakan “betmen” ketika melihat ada nama Clive Owen terpampang besar di poster film ini, saya pikir film ini akan epik, tapi ternyata nihil!

Film ini mempunyai dua plot cerita, dimana plot cerita yang satu full berbahasa Spanyol, sedangkan plot yang kedua full berbahasa Inggris. Saya pikir saya salah menonton film ketika menit-menit awal film ini dimulai. Ceritanya dimulai dengan seorang bocah yang menyaksikan ibunya dianiaya oleh seorang penyusup berwujud “dementor” seperti di film Harry Potter. Maka si bocah tersebut menuliskan segala peristiwa menakutkan tersebut di catatan hariannya, plot tersebut adalah plot berbahasa Spanyol.

Maka setelah beberapa menit awal yang membuat keyakinan saya tentang “salah tonton film” makin kuat, munculah cerita selanjutnya dimana ada seorang pria bernama John (Clive Owen) yang harus melindungi putri remajanya bernama Mia (Ella Purnell) yang selalu ketakutan karena seperti ada seorang penyusup masuk ke rumah dan diam di kamarnya. Kejadian tersebut mulai terjadi setelah Mia memungut sobekan dari catatan harian si bocah Spanyol di plot pertama. Jadi intinya, teror yang terjadi di keluarga John bagaikan teror turun temurun dari keluarga Spanyol di plot yang pertama. Permasalahannya, apakah penyusup tersebut benar-benar seorang manusia, dementor atau semua hanyalah imajinasi si bocah dan Mia saja?

Sebelum anda menemukan jawabannya, pasti anda sudah mulai mengantuk menonton film ini, karena nuansa horornya dibangun terlalu lama, sehingga penonton yang gampang jantungan seperti saya bisa bersantai sambil menunggu what comes next? Nothing! Hampir separuh film ini menceritakan cerita kedua keluarga berbeda ras tersebut secara back to back, sebenarnya saya sudah menebak-nebak dari awal apakah hubungan keluarga Spanyol dan keluarga John, tapi mungkin anda bisa menebak sendiri nanti, apakah memang ada benang merah diantara keluarga ini? (yang saya yakin anda pasti akan menebaknya dengan mudah)

Selebihnya, tidak ada lagi yang menarik selain tubuh polos Carice van Houten dan kehadiran Daniel Brühl yang notabene orang Jerman ternyata fasih juga berbahasa Spanyol (serius! Saya kaget sekaligus terpana) di film berdurasi kurang lebih 90 menit ini. Teror dan horor yang ada di film ini sama sekali bukan horor ala film-film horor Asia (Amerika pun tidak mendekati), jadi anda tidak usah khawatir, bisa dibilang film ini lebih ke drama yang mengajari bagaimana caranya melawan rasa takut di otak kita sendiri.

Overall, bagi anda yang sudah mulai ragu, silakan skip saja film ini, karena anda tidak akan menyaksikan Clive Owen baku hantam dengan para penjahat. Yang jelas film garapan sutradara Spanyol, Juan Carlos Fresnadillo ini tidak begitu memukau saya (apalagi membuat saya ketakutan) karena bukankah itu tujuannya film horor, teror, thriller you name it? Datar saja seperti film-film standar lainnya, silakan tonton jika anda memang masih mau, adios!

Rating: 2.5/5

2 thoughts on “Intruders (2011/US)

  1. Ngomong-ngomong soal spanyol, filmnya keren-keren sih bang apalagi tentang horor sama psycho gitu. Coba tonton last circus

    Like

    • beberapa film spanyol emang keren, dan kalau bicara horor sih gw masih megang the orphanage, soalnya itu bukan sekedar nakut-nakutin, tapi bener-bener bagus negbangun aura horornya. tapi kalo intruders ini gatot nampaknya, hehe. tapi boleh juga tuh rekomendasinya, ntr gw cari dah last circus😀

      Like

What's your opinion?

