Men in Black III (2012/US)


You just lost seven pounds while seeing this lamp

Klasik memang, Men in Black adalah salah satu film sci-fi klasik di tahun 90-an yang pasti semua orang pernah menontonnya. Bahkan sampai ada teori konspirasi bahwa profesi Men in Black itu benar-benar ada, entah benar atau tidak, yang jelas dua agen yang mempunyai kepribadian bertolak belakang ini muncul kembali setelah hiatus selama kurang lebih satu dekade. Pasti boring bukan? Selalu dengan yang namanya sequel, seperti Hollywood sudah kehabisan ide, tapi harus diakui, seberapa repetitifnya film para agen yang menumpas alien nakal di bumi ini, Men in Black III tetap menjadi film musim panas yang menyenangkan.

Bingung? Mau cerita apalagi yang dibahas di film yang masih digarap oleh Barry Sonnenfeld ini? Maka kita akan dibawa mengarungi waktu. Ketika alien buas bernama Boris The Animal (Jemaine Clement) kabur dari penjara di bulan, ia menuntut balas pada Agen K (Tommy Lee Jones) yang telah memenjarakannya selama 40 tahun, kembali ke masa lalu menggunakan mesin waktu dan membunuh Agen K! Agen J (Will Smith) yang kaget karena partnernya tiba-tiba tidak eksis di muka bumi, mulai mengejar Boris The Animal ke tahun dimana Agen K dibunuh, tahun 1969, dan disanalah ia bertemu dengan Agen K yang masih muda (Josh Brolin). Maka, sekali lagi, demi kedamaian dunia, dua agen yang berbeda jaman tapi masih sama ini berusaha menyelamatkan dunia dari serangan alien untuk ketiga kalinya!

Klise? Sudah pasti, tapi saya jamin anda akan tetap terhibur dengan kemunculan Josh Brolin yang dengan sangat sempurna memerankan Agen K yang biasa diperankan Tommy Lee Jones. Entah mengapa seperti ada hubungan darah asli ketika melihat Josh Brolin mencitrakan mimik dan ekspresi Agen K, sangat orisinil dan sangat konyol. Sementara Will Smith yang memang sudah menjadi icon di film ini masih terlihat prima dengan lelucon-lelucon ala orang kulit hitam. Bisa dibilang Men in Black III seperti lagu lama dikemas dalam kaset baru, tidak begitu banyak perubahan (kecuali spesial efeknya yang makin mulus) dari segi cerita, masih mudah dicerna, masih agak konyol dan yang jelas masih menghibur.

Walaupun begitu, masih ada beberapa pertentangan dengan jalinan cerita yang ditulis oleh Etan Cohen dan Lowell Cunningham ini, karena jujur saja jika sudah membicarakan time travel, pasti selalu ada plot hole yang agak kurang sreg di mata penonton yang sudah terbiasa dengan teori time travel-nya Back to the Future. Tapi percayalah, keraguan itu hanya muncul ketika anda sudah selesai menonton film ini, tapi ketika film ini berjalan, saya tidak memikirkan sama sekali hal-hal tersebut, it’s just fun!

Hampir 15 tahun setelah film pertamanya dirilis, mau dibilang proyek mengeruk uang juga tidak salah, karena film ini tetap menjadi hits di beberapa negara, lagipula, di film ini juga kita bisa melihat lagi akting Will Smith yang hampir hilang dari peredaran dunia film selama kurang lebih tiga tahun lamanya. Selain itu, anda bisa melihat Nicole Scherzinger dan Lady Gaga yang hanya muncul sesaat, dan juga penampilan Emma Thompson yang tidak begitu banyak tapi lumayan memorable.

Well, mau dikata apalagi, Men in Black III memang tipikal film summer yang menyenangkan, dari segi akting hingga cerita berjalan apa adanya, bahkan menurut saya ending-nya juga lumayan menyentuh, dan yang jelas, empat jempol untuk Josh Brolin! Tanpa dia, entah apa jadinya Agen K ketika masih muda. Pure fun and silly, just enjoy this sci-fi flick!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s