Man on a Ledge (2012/US)


The jumper with hidden plan

Ketika bicara Sam Worthington, saya yakin tidak akan jauh-jauh dari film action, walau ada beberapa film drama juga yang diperankan oleh aktor berdarah Inggris ini. Tapi mau tidak mau, Sam Worthington adalah the next action star, karena sejak kemunculannya sebagai bintang utama di film epik James Cameron, Avatar, ia terus menjadi pilihan para sutradara untuk menjadi bintang utama. Tidak terkecuali di film panjang perdana milik Asger Leth berjudul Man on a Ledge ini. Sam Worthington kembali menjadi icon jagoan yang lumayan bisa membuat para penonton yang phobia ketinggian jantungan.

Seorang mantan polisi bernama Nick (Sam Worthington) entah mengapa tiba-tiba merencanakan untuk bunuh diri dari kamar hotelnya yang berada di lantai 20-an. Sebelum terjun dari hotelnya, Nick meminta seorang detektif wanita cantik bernama Lydia Mercer (Elizabeth Banks) untuk meyakinkan dirinya (alias melobi) untuk tidak terjun bebas ke tanah aspal di tengah kota. Tapi entah kenapa Nick tidak melompat, seperti sedang mengulur waktu. Maka disinilah cerita film ini dimulai, ternyata ada rencana tersembunyi dibalik niatan Nick untuk bunuh diri, dan rencananya melibatkan seorang saudagar perhiasan bernama Englander (Ed Harris), dan dua orang yang diduga polisi korup, yaitu Ackerman (Anthony Mackie) dan Marcus (Titus Welliver).

Pertama, film ini ternyata seru, dan kalau boleh saya bilang, film ini seperti film action popcorn yang tidak menguras otak untuk berpikir dan juga tidak begitu brainless. Ya, Man on a Ledge lumayan memberikan ketegangan ala film Phone Booth yang legendaris. Bedanya dibalik setting gedung tinggi dimana Nick siap terjun bebas, ada cerita perampokan ala Ocean’s Eleven yang menarik untuk disimak. Tentu saja kualitasnya jauh dari saga Danny Ocean tersebut, tapi Asger Leth berhasil mengkombinasikan ketegangan yang ada di film action dan heist secara simultan sehingga penonton seperti saya penasaran terus dengan jalan cerita film ini walau memang harus diakui bahwa endingnya agak-agak predictable, but hey! This movie’s still kicking-ass.

Terakhir, durasi film yang standar dan akting Sam Worthington yang apik seperti biasanya berhasil membuat film ini menjadi makin seru untuk ditonton, apalagi didukung oleh beberapa aktor kawakan seperti Ed Harris dan si cantik Elizabeth Banks. Bahkan penampilan Genesis Rodriguez yang seksi dan scene adu mulut dengan lawan mainnya, Jamie Bell yang lucu makin mengisyaratkan bahwa film ini adalah film action yang menegangkan tapi santai, woles, terdengar konyol memang, tapi saya suka.

Jika anda sudah pernah menonton film Keanu Reeves yang berjudul Henry’s Crime, inti ceritanya hampir serupa dengan film ini, hanya saja esensinya berbeda, dimana jika dalam Henry’s Crime, si tokoh utama merasa tidak tenang bahwa kejahatan yang tidak pernah dilakukannya tidak pernah terealisasi, tapi di film ini, Nick harus membuktikan bahwa kejahatan yang tidak pernah dilakukannya benar-benar tidak pernah dilakukan sama sekali, mulai pusing? Tonton saja langsung film ini.

Overall, untuk sebuah film action yang “renyah”, Man on a Ledge bisa menjadi pilihan anda, serunya ada, tegangnya ada, konyolnya ada (walau sedikit) dan tentu saja ceritanya yang lumayan fresh. Walau tidak maksimal, film ini tetap menghibur saya apa adanya, benar-benar hiburan sejati di waktu malam, he-he. Just enjoy this film.

Rating: 4/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s