Snow White and the Huntsman (2012/US)


Where is Weyland?!

Saya belum sempat menonton Mirror Mirror yang disutradarai Tarsem Singh dan diperankan oleh aktris senior Julia Roberts, tapi ketika saya menonton film Snow White and the Huntsman yang sama-sama film adaptasi dari dongeng anak kecil ini, saya pikir saya lebih suka versi yang satu ini, lebih banyak aksi dan lebih mengurangi kadar dongengnya, kenapa? Sederhana saja, karena saya memang suka film action. Walau tidak sepenuhnya action, tapi adaptasi versi sutradara debutan, Rupert Sanders ini lumayan asyik untuk ditonton, padahal ada Kristen Stewart didalamnya, aktris yang terkenal dengan akting super galau tiada akhirnya di saga Twilight.

Terlepas dari kontribusi Kristen Stewart di film ini, saya tetap bisa menikmati adaptasi liar dari dongeng Snow White dan tujuh kurcacinya yang lucu ini. Alkisah di jaman dulu, lahirlah seorang putri cantik bernama Snow White (Kristen Stewart) di sebuah kerajaan yang makmur dan damai sentosa. Tapi kerajaan tersebut akhirnya runtuh karena kuasa si ratu kegelapan yang bernama Ravenna (Charlize Theron), seorang ratu sekaligus penyihir yang hobi menyerap masa muda para gadis untuk membuat dirinya selalu terlihat muda. Snow White pun beranjak dewasa dan membuat Ravenna khawatir, ia pun memerintahkan saudaranya yang mempunyai model rambut konyol, Finn (Sam Spruell) untuk memburu Snow White, belum cukup adiknya, Ravenna menyuruh seorang pemburu tak bernama (Chris Hemsworth) yang nantinya menjadi kawan sekaligus cinta monyet Snow White di penghujung film (ups spoiler!).

Dari awal, film Snow White versi Rupert Sanders ini memang mempunyai tone yang kelam dan depresif, tidak terlalu fantasi seperti trailer Mirror Mirror yang saya lihat. Karakter yang muncul pun tidak main-main, Charlize Theron yang menjadi ratu paling jahat semuka bumi sekali lagi berhasil memerankan karakter antagonisnya dengan sangat sempurna. Kelalimannya berhasil membuat porsi karakter yang diperankan Kristen Stewart tidak begitu berarti, apalagi sepanjang film ini jika saya teliti, Kristen Stewart hanya berdialog super panjang ketika adegan sebelum perang, selebihnya hanyalah permainan ekspresinya yang menunjukan ketakutan, bingung, gelisah, senang, bahagia dan tidur. Ya, tidak jauh seperti yang terjadi di saga Twilight.

Tapi beruntung, hal tersebut tertutupi oleh jalinan ceritanya yang dibuat lumayan cepat setelah film sudah berjalan setengahnya, apalagi dengan kehadiran para kurcaci yang digambarkan seperti kaum dwarf di saga Lord of the Rings, brutal, liar dan mempunyai lelucon kasar. Ya, kalau bisa dibilang Snow White and the Huntsman ini memang sedikit beraura saga karya Peter Jackson tersebut, apalagi ketika setengah jalan film ini mau berakhir, tidak ada yang namanya pangeran tampan sok suci dan putri cengeng, semua digantikan dengan versi yang lebih liar tanpa menghilangkan unsur fantasinya (baca: lebih “realistis”) dan tentunya peperangan yang bisa dibilang epik untuk film sekelas hiburan keluarga ini.

Film ini mungkin tidak begitu banyak mendapat respon positif karena belakangan ini Hollywood sudah terlalu banyak membuat film agak konyol yang diadaptasi dari dongeng-dongeng masa kecil kita, bagaikan kehabisan bahan sampai dua film bertema Snow White saja harus muncul di tahun yang bersamaan. Tapi kalau untuk soal hiburan, saya merasa terhibur dengan film Snow White and the Huntsman ini, ceritanya lumayan, penampakan kurcacinya liar, dunia fantasinya masih ada, scoring musiknya bagus dan tentunya spesial efeknya berperan besar di film yang berhasil membuat orang lebih menantikan kehadiran Charlize Theron berwajah keriput daripada Kristen Stewart ini.

Ya, sebelum anda mual-mual dan berterimakasih banyak kepada sang pencipta karena Twilight saga akhirnya akan selesai juga tahun ini. Tidak ada salahnya kita menyaksikan penampilan “minor” dari Kristen Stewart yang berduet bersama Thor dalam melawan ratu kejahatan yang sudah kembali dari planet xenomorph ini. Enjoy this fantasy movie guys!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s