21 Jump Street (2012/US)


What the fuck are you talking about?

Entah sudah berapa banyak film Jonah Hill yang sukses membuat saya ketawa sampai bego. Jonah Hill merupakan salah satu komedian yang masih terbilang fresh dan menurut saya bisa menjadi pengganti era keemasan Adam Sandler, lelucon-leluconnya kadang brutal kadang tolol, tapi film apapun, bahkan film drama sekelas Oscar pun (Moneyball) Jonah Hill selalu memberikan kemampuan terbaiknya dalam menghibur penonton, termasuk film terakhirnya yang berjudul 21 Jump Street.

Film ini merupakan film adaptasi dari serial nge-trend di tahun 1987 yang berjudul sama, tapi dengan kemampuan Michael Bacall sebagai seorang scriptwriter yang pernah menangani Scott Pilgrim vs. the World hingga Project X, 21 Jump Street versi 2012 ini lebih disesuaikan dengan keadaan sekarang dan tentunya kegilaan dari Jonah Hill dan Channing Tatum. Alkisah Schmidt (Jonah Hill) dan Jenko (Channing Tatum) adalah dua orang yang bertolak belakang ketika jaman SMA, Schmidt seorang nerd dan Jenko adalah seorang yang populer, tapi beberapa tahun kemudian, mereka bertemu lagi di akademi polisi dan demi pekerjaan idaman mereka, semua perbedaan masa lalu dihilangkan dan mereka bekerja sama demi mendapatkan kasus serius di kepolisian.

Sayang sekali, karena masih amatir, Schmidt dan Jenko ditransfer ke divisi jump street yang dipimpin Kapten Dickson (Ice Cube). Mereka diberi tugas untuk menyamar menjadi anak SMA di sebuah sekolah yang diduga menjadi pusat peredaran narkoba model baru. Tapi sayang, dunia SMA di masa kini benar-benar bertolak belakang dengan apa yang terjadi ketika Schmidt dan Jenko dulu sekolah. Ya, mereka harus berbaur dengan lingkungan yang sudah berubah total, dimana SMA kini didominasi anak-anak hipster yang sok-sok peduli lingkungan dan segalanya, bukan anak-anak yang suka membuat rusuh dan gemar bertarung. Karma pun terjadi, Schmidt menjadi populer dan Jenko menjadi sebaliknya, nerd!

Cheesy as fuck, tapi jujur saja, walaupun terbilang cheesy, komedi yang dihadirkan Jonah Hill dan Channing Tatum benar-benar total, dari mulai pertama film ini dimulai sudah banyak ketololan-ketololan absurd yang membuat saya tertawa terbahak-bahak. Dan kembali lagi pada performa Jonah Hill yang mengandalkan komedi sitkom dan sok-sok innocent-nya, tanpa kejeniusan dia menjadi seorang yang dongo, saya yakin film ini akan menjadi film komedi garing yang terlalu klise.

Bahkan kehadiran Channing Tatum pun lumayan membantu performa Jonah Hill dalam melancarkan komedi-komedi kotor, kasar dan absurdnya. Tingkat bromance diantara mereka menurut saya sangat klop, beruntung Jonah Hill mendapatkan Channing Tatum yang ternyata sudah dua kali menolak untuk bermain di film ini. Dan tentunya masih ada beberapa karakter bodoh lainnya seperti adik dari James Franco, Dave Franco yang berhasil memerankan karakter siswa populer setengah hipster yang sok tahu. Lebih konyolnya lagi adalah ketika lelucon hipster jaman sekarang dikombinasikan dengan lelucon rasis orang kulit hitam yang tidak ada duanya, saya jamin anda akan mendapatkan tawa yang sesungguhnya, he-he.

Jika bisa dibilang, 21 Jump Street adalah film komedi yang lumayan sukses di mata saya, walaupun jalan ceritanya klise dan agak sedikit bodoh, tapi pembawaanya tidak membosankan, apalagi di akhir-akhir film ini anda akan dikejutkan oleh super cameo Johnny Depp dan Peter DeLuise yang merupakan pemeran asli dari serial 21 Jump Street di tahun 1987. Kehadiran mereka hanya selewat, tapi total kocak dan absurd. Sekali lagi, two thumbs up for Jonah Hill! Film ini makin mengukuhkan kalau ia adalah seorang komedian pop jaman sekarang, film yang disutradarai oleh Phil Lord dan Chris Miller ini menjadi bukti terakhirnya. Well, enough said, just watch this silly undercover cops, enjoy!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “21 Jump Street (2012/US)

  1. Pingback: Trailer terbaru 22 Jump Street | zerosumo

  2. Pingback: 22 Jump Street (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s