Wanderlust (2012/US)


The couples of rom-com scene!

Kembali lagi ke dunia ‘FTV’ Hollywood, saya memilih untuk menonton film drama komedi ringan dari salah satu bintang komedi favorit saya, Paul Rudd. Penampilan uniknya di film Our Idiot Brother makin mengukuhkan bahwa sebenarnya Paul Rudd adalah aktor yang ‘niche’ jika bermain di film-film bergenre seperti ini, sayang sekali namanya masih kalah tenar dengan bintang komedi baru lain, seperti Jonah Hill dkk. But, apapun itu, saya selalu menanti-nanti film yang dibintangi Paul Rudd, termasuk film terakhirnya ini yang berjudul Wanderlust.

Film ini adalah film kesekian kalinya yang menggambarkan betapa clueless-nya seorang Paul Rudd jika berada dalam situasi aneh tapi nyata. George (Paul Rudd) dan Linda (Jennifer Aniston) adalah pasangan hidup yang baru saja bangkrut karena krisis finansial, mereka menjual apartemen mahalnya di New York dan melancong ke rumah saudara George yang super menyebalkan. Ditengah perjalanan, George dan Linda beristirahat di sebuah penginapan yang ternyata tempat bernaungnya para kaum hippies nyentrik yang ditukangi oleh Seth (Justin Theroux), Carvin (Alan Alda), Eva (Malin Akerman) dkk. Semalam tinggal bersama kaum hippies, George dan Linda menyadari bahwa ‘hidup ini indah’ walau tidak punya uang sepeserpun. Tapi sayang, Linda masih terperangkap dalam ‘dunia’ kaum hippies, sementara George berusaha untuk move on dari krisis yang ia alami, dan kaum hippies aneh tersebut berada di tengah-tengah problematika hidup mereka.

Walau tidak begitu heboh, film ini tetap menampilkan sebuah cerita yang terbilang orisinil, jauh sekali dengan pakem FTV di Indonesia yang masih saja berkutat soal cinta monyet, segitiga dll. Bahkan tema cinta dan romantisme pun tetap ada di film yang disutradarai oleh David Wain ini, hanya saja pengemasannya tidak begitu membosankan seperti drama komedi lainnya. Dibumbui dengan humor-humor 17 tahun keatas dan improvisasi vulgar Paul Rudd yang super tolol, Wanderlust tetap menyajikan sebuah tontonan ringan yang menghibur, sayang lawan mainnya, sang ratu film-drama-komedi-romantis-yang-ironis, Jennifer Aniston, tidak memberikan penampilan yang terlalu berkesan, masih seperti film-filmnya terdahulu. Well, hanya Paul Rudd yang menyelamatkan film ini.

Beruntung ada beberapa karakter idiot lain yang menemani aksi komikal Paul Rudd, seperti seorang nudist yang diperankan dengan sangat frontal oleh Joe Lo Truglio yang sepanjang film ini telanjang bulat (menggunakan penis palsu) dan Seth, seorang hippies yang sangat “melek” teknologi, diperankan dengan apik sekaligus mengesalkan oleh Justin Theroux. Ya, kedua orang tersebut lebih mencuri perhatian daripada penampilan Jennifer Aniston yang sebenarnya kalah total jika dibandingkan dengan keanggunan Malin Akerman (karena mungkin beda umur juga kali yah).

Seklise apapun film ini berjalan, Wanderlust tetap menyajikan sebuah tontonan ringan yang menghibur, walau kalau dilihat dari segi kualitas, masih lebih bagus film Paul Rudd sebelumnya, yaitu Our Idiot Brother daripada Wanderlust ini. But hey, no problem for me, karena saya fans Paul Rudd, film ini masih okelah untuk ditonton. Tidak terlalu hektik, tapi tidak terlalu garing juga. Enjoy their wanderlust guys!

Rating: 3/5

3 thoughts on “Wanderlust (2012/US)

  1. Pingback: They Came Together (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s